Brilio.net - Kantuk memang jadi salah satu penyakit yang sering mendera para pekerja kantoran. Duduk berdiam dalam durasi waktu yang cukup lama membuat mereka kemudian terserang kantuk.

Wah nggak baik dong kalau di tengah jam kerja kamu tiba-tiba ngantuk. Bagaimana jika pimpinanmu melihatnya? Kalau kamu hanya ngantuk sekali sih nggak masalah, tapi kalau kamu sering ngantuk hingga dicap tukang ngantukan gimana?

Nah, berikut brilio.net kasih 9 cara sederhana yang bisa efektif usir rasa kantukmu di kantor:

 

1. Minum kopi

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: 7-themes.com

Seperti yang banyak diketahui, salah satu penahan kantuk adalah kopi. Kandungan kafein yang ada pada kopi dapat memicu hilangnya rasa kantuk. Tapi hati-hati bagi penderita insomnia, meminum terlalu banyak kopi juga dapat menjadi semakin mengganggu.

 

2. Ajaklah mengobrol atau bercanda teman di sebelahmu

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: kumpulan-terbaru.com

Manfaatkan teman di dekatmu untuk mengusir kantukmu. Ajaklah mereka mengobrol atau bercanda. "Ngobrol dengan teman sangat efektif, bercanda saja biar tidak terlalu serius," kata Ernawati (24), karyawan call center salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

 

3. Cobalah beranjak dari meja kerjamu sebentar

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: duniafitnes.com

Cara sederhana lain untuk mengatasi kantuk adalah dengan beranjak dari meja kerja. Salah satu yang menyebabkan kantuk adalah aktivitas stagnan yang cukup lama. hal ini telah dibuktikan oleh Nailis Saadah (24) yang bekerja di Pertamina Fondation Jakarta. "Ya coba bergerak saja, bisa meja teman atau keluar ruangan," terang Nailis kepada brilio Jumat (20/11).

 

4. Cuci muka

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: merdeka.com

Menurut Eko Budiono (25), Marketing Online di Yogyakarta, salah satu cara efektif mengusir kantuk adalah dengan cuci muka. Beranjaklah dari meja kerja sebentar untuk mencuci muka. "Syukur-syukur sekalian wudhu dan sholat. Karena seringnya kantuk pas siang hari," kata Eko.

 

5. Putar musik

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor Foto: foto: ciricara.com

Memutar musik juga bisa menjadi salah satu cara sederhana agar kondisi mata kembali prima. Tapi jangan dengarkan musik yang mellow. "Dengerin musik yang upbeat dan bersemangat biar mata nggak ngantuk lagi," kata Nailis.

 

6. Buka video lucu juga boleh lho

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: Youtube.com

Manfaatkan akses internet pada komputermu untuk menghilangkan kantukmu. Salah satunya dengan menonton video-video yang ada di YouTube. "Tonton saja video di Youtube, cari video lucu seperti Stand Up Comedy saja," cerita Desi Sri Rahayu (24), Social Media Specialist di Kotak Media Yogyakarta ini.

 

7. Sesekali buka medsos juga boleh, lho!

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: MT Ardynata

Berbagai media sosial yang kamu punya juga bisa kamu jadikan pengusir kantuk. Entah itu kamu buka lewat smartphone ataupun lewat PC-mu, sah-sah saja. "Buka medsos juga bisa. Tapi jangan keseringan, nanti waktu kerjanya malah habis untuk medsosan," kata Desi Sri Rahayu.

 

8. Bawa camilan juga bisa selagi dibolehkan kantor

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: Boldsky.com

Menurut Eko Budiono, memakan camilan juga bisa menghilangkan kantuk. Jika kamu memang sering ngantuk, cobalah bawa makanan ringan sebagai pengusir kantuk. Tapi itu dengan catatan kantor tempatmu bekerja membolehkannya, lho!

 

9. Kalau sudah ngantuk akut, tidurlah sejenak

9 Tips ini bisa kamu lakukan buat usir kantuk ketika lagi di kantor foto: parenting.co.id

Saat sudah mengantuk tak bisa ditahan, Ernawati memanfaatkan jam istirahatnya untuk tidur sejenak. Meskipun hanya tidur di antara pukul 12.00-13.00, tapi hal itu sangat efektif sekali untuk mengusir kantuk yang sudah sangat. Eh, tapi kalau kamu tipikal orang yang sulit dibangunkan, jangan lakukan hal ini!

Nah, itulah 9 cara sederhana untuk usir kantuk di kantor. Kamu punya cara lain?