Brilio.net - Telur sangat berkhasiat untuk kesehatan dan ketika kamu memulai hari dengan mengonsumsi telur utuh bisa membantu mengatur gula darah kamu. Tapi masih ada orang-orang yang hanya menikmati putih telur saja, padahal banyak kandungan lain yang dimiliki kuning telur tapi nggak ditemukan pada putih telur.

Ya, meskipun kuning telur mengandung banyak kalori dibandingkan dengan putih telur dan dituding mengandung kolesterol yang tak baik bagi tubuh, manfaat kuning telur sebenarnya cukup penting bagi tubuh, lho.

Kuning telur banyak mengandung mineral, vitamin, zat besi, dan kandungan gizi yang cukup tinggi. Kandungan gizi kuning telur inilah yang menjadikan manfaat kuning telur bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa alasan sehat untuk makan bakal embrio yang akan menjadi anak ayam nanti, dilansir brilio.net rangkum dari Boldsky, Senin (29/6).

1. Kaya akan nutrien

Loading...

Tahu nggak kalau ternyata kuning telur mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan putih telur. Memang bagian putih telur juga mengandung mineral, namun kandungan mineral di kuning telur lebih besar ketimbang yang ada pada putih telur.

2. Mencegah osteoporosis

Kuning telur sehat untuk dikonsumsi karena merupakan sumber vitamin K yang baik untuk tulang dan juga membantu dalam mencegah osteoporosis.

3. Kandungan kolin

Kuning telur mengandung kolin, yaitu mineral yang baik untuk perkembangan otak. Kolin telah terbukti sangat penting untuk membantu mencegah depresi dan Alzheimer. Kandungan kolin pada kuning telur meregulasi fungsi kardiovaskuler yang dapat menekan risiko gejala penyakit jantung. Kandungan kolin juga merupakan zat anti inflamasi, yang akan mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis.

4. Sumber energi yang sangat besar

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan energi yang sangat ampuh. Kandungan lemak yang cukup tinggi membuat energi kamu akan langsung meningkat. Kalau kamu kekurangan energi atau merasa lemas, ada baiknya mengonsumsi telur dibandingkan konsumsi minuman berenergi yang berbahaya.

5. Mencegah kanker

Kuning telur merupakan sumber vitamin D dan selenium yang keduanya dapat membantu mencegah kanker payudara dan kanker usus besar.

6. Kandungan kolesterol?

Hati menghasilkan sejumlah besar kolesterol setiap hari. Ketika kamu makan lebih banyak kuning telur, hati akan memproduksi lebih sedikit kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa satu butir telur mengandung 180-190 miligram kolesterol. Tubuh manusia membutuhkan maksimal 300 miligram kolesterol per hari. Jadi jangan menghindari makan kuning telur karena takut dengan kadar kolesterolnya.

7. Mencegah stroke

Kuning telur memiliki kandungan AA dan DHA yang sangat cocok untuk meningkatkan fungsi otak manusia. Selain itu, kuning telur meningkatkan sel darah merah dan kadar oksigen dalam tubuh sehingga bisa mencegah stroke.

8. Baik untuk kesehatan mata

Tahu nggak kalau kuning telur baik untuk kesehatan mata kamu? Bahkan, konsumsi kuning telur bisa untuk melindungi orang tua yang memiliki komplikasi katarak. Kuning telur juga mengandung vitamin bernama kartenoid yang membantu melindungi tubuh dari degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan.

PERLU JUGA KAMU BACA:

Makan telur sebabkan bisul, mitos atau fakta?

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?