×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Makan telur sebabkan bisul, mitos atau fakta?

View Image

0

BRILIO » Life

Makan telur sebabkan bisul, mitos atau fakta?

Belum ada penelitian yang menghubungkan bisul dengan konsumsi telur, sehingga makan telur menyebabkan bisul hanyalah mitos belaka.

23 / 05 / 2015

Brilio.net - Banyak kisah nyata di masyarakat yang terkena bisul-bisul karena sering atau terlalu banyak makan telur. Buat kamu pecinta telur, apakah pernah mengalaminya juga? Apa benar timbulnya bisul karena kamu mengonsumsi telur?

Seperti dijelaskan Journal of Agricultural and Food Chemistry dalam buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center yang dikutip brilio.net, Jumat (22/5), gejala alergi putih telur yang umum adalah sakit kepala, mual, dan ruam-ruam kemerahan di kulit, bukan bisul-bisul. Selain itu, belum ada penelitian yang menghubungkan bisul dengan konsumsi telur, sehingga makan telur menyebabkan bisul hanyalah mitos belaka.

Bisul sebenarnya merupakan penyakit yang timbul karena adanya infeksi pada kulit dengan ciri-ciri timbulnya benjolan kemerahan pada kulit dan kemudian membesar hingga mata nanah berwarna putih terlihat di tengah-tengah benjolan. Munculnya nanah ini diakibatkan karena "perlawanan" sel darah putih dengan bakteri penyebab bisul.

Penyakit bisul ini bisa terjadi karena faktor makanan ataupun minuman yang tidak bersih karena mengandung bakteri yang menyebabkan bisul. Timbulnya bisul bukan karena makan telur terlalu sering tapi penyebabnya adalah bakteri Staphylococcus aureus, bakteri yang umum ditemukan di kulit dan rongga dalam hidung. Atau bisa juga karena bakteri lain atau jamur.

Tak hanya itu, seseorang juga bisa mengalami bisul karena orang tersebut memang alergi terhadap makanan tertentu seperti telur. Dibandingkan telur, pori-pori yang tersumbat (akibat keringat yang mengering) atau masuknya benda asing ke dalam kulit lebih mungkin menyebabkan bisul.

Loading...

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    8%

  • Wow!

    8%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    8%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more