Brilio.net - Setiap kali bertemu orang baru, kamu akan otomatis akan menilai seperti apa karakternya. Ada pendiam, ada yang langsung ceriwis minta ampun. Lebih jauh lagi, kamu akan paham akan baik buruknya kepribadian kenalanmu itu.

Nah, ternyata memang ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan penilaian awal kamu terhadap karakter seseorang lho. Begitu pula sebaliknya kamu dinilai orang lain untuk kali pertama.

Dilansir brilio.net dari Lifehack, Rabu (30/9), berikut tujuh hal yang bisa kamu jadikan dasar penilaian awal dalam menilai seseorang. Selamat mempelajari!

1. Tulisan tangan

7 Hal ini bisa kamu jadikan acuan menebak kepribadian unik seseorang

Loading...

Menurut sebuah studi, cara seseorang menulis dan ukuran tulisan tangan mereka dapat membantu kamu menilai hal-hal tertentu tentang orang bersangkutan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Pen Company, orang dengan tulisan tangan kecil cenderung pemalu, teliti, dan rajin. Sementara orang yang suka bergaul dan cenderung agak mencari perhatian, tulisannya biasanya besar-besar. Orang yang serius, biasanya lebih banyak tekanan pada pena saat menulis.

2. Warna favorit

7 Hal ini bisa kamu jadikan acuan menebak kepribadian unik seseorang

Menurut sebuah artikel di Psychology Today, warna yang sering kamu pakai, bisa mengatakan siapa dirimu. Orang yang sering menggunakan warna hitam, dinilai sensitif, artistik, dan jeli terhadap detail. Sedangkan orang yang mencintai kehidupan, biasanya menyukai warna merah. Mereka juga lebih proaktif dalam segala situasi.

Orang-orang yang mencintai warna hijau merupakan orang yang setia dan penuh kasih sayang, sementara orang suka warna putih merupakan orang yang teratur dan logis. Kalau kamu suka warna biru, kamu orang yang stabil, sensitif, dan penuh perhatian kepada orang lain.

3. Menggigit kuku

7 Hal ini bisa kamu jadikan acuan menebak kepribadian unik seseorang

Perilaku repetitif atau pengulangan yang fokus pada bagian tubuh tertentu, bisa jadi menunjukkan kepribadian seseorang. Bagaimana tubuh kamu bereaksi terhadap situasi, apakah dengan menarik rambut kamu, menggigit kuku atau memilin kulit, bisa jadi kamu orang yang tak sabaran, frustrasi, bosan, dan tidak puas.

Menggigit kuku dalam penelitian menunjukkan bahwa kamu cenderung perfeksionis, tapi juga di sisi lain merasa tegang dan sering gugup.

4. Sepatu

7 Hal ini bisa kamu jadikan acuan menebak kepribadian unik seseorang

Menurut pendapat psikolog, kamu bisa menilai seseorang hanya dengan melihat sepatu mereka. Peneliti Omri Gillath dari University of Kansas menyatakan bahwa hanya dengan memeriksa biaya, gaya, warna, dan kondisi sepatu, kamu bisa menebak sekitar 90% dari karakteristik pribadi pemiliknya. Seperti pendapatannya, politik afiliasi, jenis kelamin, dan bahkan usia.

5. Mata

7 Hal ini bisa kamu jadikan acuan menebak kepribadian unik seseorang

Mata disebut-sebut adalah cermin jiwa. Dari mata, kamu bisa melihat pikiran dan perasaan orang itu, ajaib memang. Menurut penelitian, orang dengan mata biru kurang menyenangkan dan lebih cenderung menjadi pecandu alkohol dibandingkan orang dengan mata gelap.

Atau bisa saja dengan kamu bertatapan dengan orang lain kala bicara. Orang yang menghindari kontak mata kala mengobrol, bisa jadi orang itu kurang kontrol diri atau memiliki kemauan yang lemah.

6. Ketepatan waktu

7 Hal ini bisa kamu jadikan acuan menebak kepribadian unik seseorang

Ketepatan waktu kamu saat membuat janji atau hadir di kantor atau sebuah acara, dapat membentuk kesan baik negatif atau positif tentang kepribadian kamu. Terlambat datang bisa membentuk citra negatif dirimu, sementara datang lebih awal sebaliknya. Dan semua ini ditentukan oleh keteraturan mental dan motivasi diri yang ada di dalam dirimu sendiri.

7. Jabatan tangan

7 Hal ini bisa kamu jadikan acuan menebak kepribadian unik seseorang

Orang-orang dengan jabatan tangan kuat menunjukkan kepercayaan diri yang bagus. Bisa dibilang orang semacam ini juga ekstrovert, ekspresif, dan cenderung tidak bisa diam.

Sementara itu, orang dengan jabatan tangan lemah, bisa dinilai kurang percaya diri dan selalu ingin menempuh jalan mudah saat menghadapi sesuatu. Menawarkan diri berjabatan tangan lebih dahulu jelas jauh dari kesan angkuh.

Hmmm, mulai sekarang lebih perhatikan hal-hal 'sepele' itu ya, guys! Penilaian awal bisa saja menentukan masa depan kamu. Selamat menjadi orang baik!