Brilio.net - Kamu tidak bisa meminta kepada Tuhan kapan akan dilahirkan ke dunia. Bahkan, kamu juga tidak bisa memilih untuk menjadi anak keberapa. Banyak yang bilang menjadi anak terakhir alias anak bungsu sangat menyenangkan. Tetapi, ada yang ingin menjadi anak pertama karena mempunyai kekuasaan yang lebih. Bagaimana dengan anak yang terlahir di antara si sulung dan si bungsu?

Beruntunglah bagi kamu yang terlahir dengan posisi urutan seperti itu. Berikut adalah enam keistimewaan menjadi anak tengah, sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Elite Daily, Kamis (27/8).

1. Harus berjuang untuk mendapatkan apa yang diinginkan
Orangtua sering memperhatikan anak bungsu karena usianya yang paling muda. Sementara, anak paling tua mendapatkan tugas atau tanggung jawab yang besar. Sementara anak tengah sering "tidak terlihat". Bahkan, perhatian dari orangtua untuk anak tengah tidak sebanyak anak pertama atau terakhir. Alhasil, kamu harus berjuang untuk mewujudkan keinginanmu.

2. Raja dalam berbagi barang dan apapun
Anak tengah jarang memiliki banyak mainan. Semua mainan baru dialihkan ke anak yang paling tua. Setelah itu, bekasnya diberikan kepada si bungsu. Alhasil kamu tidak berdaya untuk mendapatkan mainan tersebut. Dari pengalaman tersebut, kamu tahu rasanya berbagai itu seperti apa, terutama bagi mereka yang kurang beruntung.

3. Tidak terlalu terlibat banyak drama
Berisiknya keluarga biasanya karena ulang si sulung atau si bungsu. Biasanya orangtua memarahi anak tertua karena perlakuan yang sembrono. Selain itu, seorang ibu juga lebih fokus untuk menenangkan si bungsu yang sedang menangis. Dari sisi ini, kamu hanyalah sebagai pengamat dan bisa lepas dari drama keluarga.

4. Memunyai kepribadian yang unggul
Sosok pengamat dalam keluarga, membuat anak tengah memunyai kepribadian yang unik. Anak tengah tahu rasanya menjadi seorang senior ataupun junior dalam silsilah keluarga. Dari situ lah, anak tengah belajar untuk menjadi lebih bijaksana. Selain itu, anak tengah juga lebih mandiri dan juga netral dalam berpendapat.

5. Mudah adaptasi dalam segala hal
Anak tengah memang selalu menjadi anak yang kurang terlihat. Bahkan tetangga atau saudara lain hanya menanyakan si bungsu atau si sulung. Dengan keadaan seperti itu, kamu menjadi mudah adaptasi dalam segala lingkungan karena kamu tidak selalu diamati oleh orang lain.

6. Pribadi yang tidak hanya sekedar tangguh
Meskipun jarang terlihat di mata orangtua, anak tengah biasanya dibanding-bandingkan dengan si bungsu dan si sulung. Bersiap-siaplah dengan kenyataan seperti ini. Meskipun begitu, anak tengah anak menjadi kuat dengan pengalaman seperti itu karena banyak prestasimu yang tidak bisa terlihat di mata orang tua.