Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi kalau buah alpukat memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Kamu pun mungkin sudah tak asing lagi dengan citra buah yang disebut-sebut sebagai makanan untuk jantung dalam beberapa tahun terakhir ini. Dan itu memang benar.

Nah, berikut adalah empat alasan yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengonsumsi alpukat setiap hari walau cuma sedikit, dikutip brilio.net dari Awesometips, Minggu (8/11):

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh tertinggi di dunia. Ratusan juta orang meninggal karena penyakit ini, sehingga kamu perlu melindungi diri dengan menjadi lebih sadar akan kesehatan dalam memilih makanan. Alpukat telah terbukti menguntungkan secara positif sistem kardiovaskular tubuh manusia dalam beberapa cara karena rendah lemak jenuh tetapi tinggi lemak tak jenuhnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Mengonsumsi berlebih lemak tak jenuh antara lain dapat membantu menurunkan LDL-kolesterol atau kolesterol jahat, menjaga kolesterol HDL atau kolesterol baik dan berpotensi meningkatkan sensitivitas insulin tubuh. Sedangkan sebaliknya, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh akan meningkatkan kolesterol jahat dan merusak kolesterol baik.

Selain kandungan lemak bergizinya, alpukat juga mengandung nutrisi seperti, kalium dan lutein, termasuk kaya antioksidan seperti karotenoid dan fenol. Senyawa ini dapat membantu mencegah peradangan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah.

2. Mempertahankan berat badan

Siapa sangka kalau untuk menghilangkan lemak adalah dengan memakan lemak? Ya itu dia, memakan buah alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tinggi dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan indek berat badan.

Nah, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa alpukat termasuk dalam makanan yang memperpanjang rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan makan atau minum berlebih. Kandungan serat yang tinggi, rata-rata sekitar 14 gram per buah, mampu menimbulkan efek tersebut bagi tubuh kamu.

Selain itu, dalam sebuah studi observasional lainnya, mengonsumsi alpukat tinggi berbanding lurus dengan mengecilnya lingkar pinggang tubuh kamu dan menurunnya indeks berat badan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa penurunan berat badan dengan mengonsumsi lemak tak jenuh yang tinggi, seperti dengan buah alpukat ini, terbukti lebih sehat bagi jantung kita daripada diet penurunan berat badan dengan makanan rendah lemak.

3. Mengurangi risiko kanker

Alpukat menyokong suplai nutrisi bermacam phytochemical bagi kamu yang ingin sedini mungkin mencegah kanker, termasuk antioksidan. Yaitu senyawa protein yang dikenal mampu menurunkan risiko kanker mulut. Hasil yang menjanjikan juga didapat dari buah alpukat, yang berpotensi dalam mengurangi risiko kanker payudara dan prostat.

Selain itu, jenis tertentu phytochemical yang berasal dari buah alpukat mampu memberi efek kebal kanker pada sel-sel leukemia myeloid. Namun semua studi ini belum mencakup keseluruhan efek dari buah alpukat. Menarik untuk kamu tunggu, bagaimana hasil studi lebih lanjut yang lebih menyeluruh.

4. Melindungi kesehatan kulit dan mata

Ternyata, kandungan karotenoid dari alpukat cukup banyak berguna untuk tubuh kita. Lutein dan senyawa lain yang ditemukan dalam alpukat dapat memperlambat penurunan kemampuan mata atau disfungsi visi yang disebabkan usia. Selain itu, nutrisi ini juga bertindak sebagai penyangga terhadap kerusakan yang disebabkan sinar UV, sehingga menjaga kulit kamu tetap halus dan sehat. Karotenoid dari alpukat lebih mudah diserap oleh tubuhmu dibandingkan dengan yang dihasilkan buah-buahan dan sayur-sayuran lainnya.

So, tunggu kenapa kamu kita tidak mengonsumsi buah alpukat setiap hari aja?

(brl/gib)