Brilio.net - Siapa yang tak tahu nanas? Buah kuning benderang ini kayak akan air sehingga bisa menghilangkan dahaga kamu saat gerah. Kalau di Indonesia, nanas banyak dipakai untuk bahan makan rujak, es campur, sampai sambal.

Nah, tapi tahukan kamu sebenarnya manfaat apa yang akan kamu dapat kalau rajin makan nanas? Karena selain segar, nanas juga menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Dilansir brilio.net dari BlackDoctor, Jumat (25/9), mari kita bedah apa saja 'kesaktian' nanas ini. Cekidot!

1. Memerangi peradangan
Nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat anti-inflamasi. Bromelain ini membantu tubuh menyingkirkan racun dengan melawan peradangan yang memengaruhi semua jaringan dan organ di dalam tubuh. Mengonsumsi nanas bisa membantu mengobati gejala ringan arthritis dan meringankan cedera olahraga, yang keduanya ini terkait pengurangan peradangan dan rasa nyeri.

2. Membantu menurunkan berat badan
Serat yang terkandung di dalam nanas menjadikannya membutuhkan waktu untuk dicerna. Artinya, waktumu kenyang bisa lebih panjang. Dengan begitu tak gampang makan lagi dan lagi.

Minum air nanas setiap pagi hari bisa mencegah gula dan lemak. Thiamine (vitamin B1) di dalam nanas bisa meningkatkan metabolisme tubuhmu dengan mengubah karbohidrat menjadi energi.

3. Mengenyahkan parasit dari hati dan usus
Bromelain dalam nanas juga bersifat anti-parisitic. Beberapa ahli menyatakan bahwa dengan mengonsumsi nanas sebanyak tiga hari bisa membunuh cacing pita lho.

4. Mengatur tiroid
Buah dengan daun berduri ini mengandung yodium dan bromelain yang efektif mengatasi berbagai gangguan autoimun. Dengan demikian, nanas efektif dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan tiroiditis.

5. Menyeimbangkan elektrolit
Buah yang seolah memiliki mata pada seluruh permukaan dagingnya ini, mengandung potasium yang bertugas membuat tubuhmu lebih kuat dan mampu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

6. Menguatkan gusi, membantu memutihkan, dan menjaga kesehatan gigi
Penelitian menemukan bahwa enzim bromelain dalam nanas dapat menjadi penghilang noda alami. Bromelain sendiri bisa memecah plak secara efektif.

7. Meningkatkan penglihatan
Nanas mengandung beta-karoten dan vitamin A yang baik untuk penglihatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa makan tiga porsi atau lebih nanas per hari dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia, yang menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua.

8. Membantu sistem pencernaan
Lagi-lagi, bromelain membantu tubuh mencerna protein lebih efisien.

9. Melawan kanker
Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Planta Medica menemukan bahwa bromelain lebih unggul menjadi obat kemoterapi5-fluorauracil dalam mengobati kanker pada studi hewan.