Brilio.net - Kalau bicara soal makanan, Taiwan sejak lama dikenal sebagai negara yang menyajikan makanan ekstrem. Salah satunya, kuliner yang melegenda. Namanya yin yang fish. Hidangan itu terbuat dari ikan yang dimasak setengah matang.

Jangan salah kira ya, setengah matang itu tidak merujuk pada tingkat kematangan sesungguhnya, melainkan hanya setengah bagian yang matang. Sementara bagian kepalanya tersaji mentah. Tak jarang ikan tersebut justru masih hidup.

Malah cara memasaknya juga ekstrem. Ikan dimasukkan ke wajan dalam keadaan hidup. Hiii…ngeri banget kan? Tentu saja cara ini pasti nggak disukai mereka para penyayang binatang.

Seperti dilansir brilio.net dari China Post, Rabu (27/4), saat pengolahan, kepala ikan dibungkus dengan kain basah untuk tetap bernapas. Sementara bagian tubuh lainnya digoreng hingga matang dan diberi campuran bumbu favorit. Alasannya, cara tersebut untuk menunjukkan bahwa ikannya masih segar. Anehnya hidangan ini cukup populer di China daratan.

Wajar saja jika makanan ini mendapat banyak kritik dari netizen lantaran terlihat kejam dan menyiksa binatang. Malah pada 2009 video sajian kuliner mengerikan ini sempat meluas dengan kondisi kepala ikan masih bergerak, sedangkan bagian tubuhnya disantap konsumen.
 
Video itupun langsung jadi sorotan, bahkan organisasi pendukung hak-hak binatang, PETA melabelkan yin yang fish sebagai panganan menjijikkan dan tidak layak. Bagaimana, apa kamu berani coba?