Brilio.net - Bagi wanita yang sedang menjalani program diet, cokelat menjadi salah makanan yang diharamkan karena memiliki kadar kalori yang cukup tinggi. Namun rupanya, cokelat itu memiliki banyak manfaat loh untuk kesehatan, mulai dari mencegah penyakit jantung hingga menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Bahkan, belum lama ini ada penelitian yang dilakukan oleh Direktur Pusat Penelitian Otak, Kinerja dan Gizi Pusat di Northumbria University, Profesor David Kennedy mengatakan bahwa cokelat mampu meningkatkan kemampuan berhitung dan bisa bermanfaat untuk mengerjakan tugas-tugas yang menguras mental.

Dilansir brilio.net dari The Telegraph, Jumat (17/2) tidak hanya itu, senyawa flavanoid yang terkandung dalam cokelat itu mampu meningkatkan kemampuan aritmatika.

Temuannya menunjukkan, mahasiswa yang mengonsumsi cokelat mendapatkan hasil ujian yang lebih baik. Hal ini karena flavanoid, bagian dari kelompok bahan kimia yang disebut polifenol, bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Dalam studi ini, 30 relawan diminta untuk menghitung mundur dalam tiga kelompok untuk nomor acak antara 800 dan 999 yang dihasilkan oleh komputer. Temuan menunjukkan bahwa mereka bisa melakukan perhitungan lebih cepat dan lebih akurat setelah mereka telah diberikan minuman yang mengandung cokelat

Salah satu tim peneliti Emma Wightman, mengatakan orang harus memastikan bahwa mereka mengonsumsi banyak flavanoid secara teratur. Flavanoid juga ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran.

"Kamu bisa mengonsumsi sebatang coklat yang mengandung 100 miligram flavanoid. Kami juga akan melihat efek yang sama pada dosis flavanoid yang lebih rendah di otak," katanya

Sementara itu Kennedy menambahkan, semakin banyak mengonsumsi buah dan sayuran, serta makanan lain yang tinggi akan polifenol akan memberikan manfaat memperbaiki kualitas otak dalam jangka panjang yang lebih baik.