Brilio.net - Saat mendengar kata kuliner Malang, pasti yang ada di pikiranmu langsung tertuju pada bakso atau keripik buah. Hmmm, kalau kamu menjawab itu, duh ketinggalan zaman deh kamu.

Tahu nggak sih, di Malang sekarang ada jajanan yang lagi hits banget bahkan popularitasnya ngalahin tahu bulat deh. Namanya sempol, ada yang tahu nggak?

Sempol adalah sejenis cilok yang ditusuk pada sebuah lidi lalu dilumuri telur terus digoreng deh. Rasanya kenyal-kenyal gurih, enak banget deh! Sempol ini bisa kamu temukan di Alun-alun Malang atau depan sekolah-sekolah yang berada di Malang. Apalagi kalau pas puasa gini, wah diburu banyak orang deh buat takjil.

Nah, daripada kamu pusing-pusing nyari bapak penjual sempol atau takut kehabisan, kenapa nggak bikin sendiri aja? Gampang dan murah meriah kok!

Simak resepnya di bawah ini seperti yang brilio.net lansir dari nengbiker, Rabu (15/6):

Bahan:

1/4 kilogram daging ayam, blender sampai halus.

100 gram tepung sagu.

100 gram wortel yang diparut (optional).

100 gram brokoli potong kecil-kecil (sayuran bisa diganti sesuai selera).

5 siung bawang putih yang diblender bersama daging ayam.

Garam, gula dan margarin secukupnya.

1 butir telur.

Cara pembuatan:

Rebus air dalam panci hingga mendidih.

Campur semua bahan sempol jadi satu dalam sebuah wadah hingga teraduk rata.

Setelah itu bentuk pipih memanjang seperti sosis dan masukkan dalam air yang sudah mendidih.

Masak hingga terapung dalam air dan tunggu selama 20 menit.

Setelah itu tiriskan.

Setelah dingin tusukkan sempol ke lidi.

Celupkan dalam kocokan telur lalu goreng hingga berwarna keemasan.

Sajikan dengan saus sambal. Hmmmm, lezat!

Selamat mencoba!

(brl/gib)

(brl/gib)