Brilio.net - Nasi memang sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Sangat susah memang bagi kita untuk lepas dari bahan yang satu ini. Padahal pemerintah sudah menganjurkan untuk mengkonsumsi bahan pokok lainnya agar kita tidak bergantung dengan beras. Apalagi saat kebutuhan impor naik disusul dengan harga yang semakin melambung. Bisa gawat ini. Sebagai alternatifnya, kamu bisa kok konsumsi ubi jalar, itu loh yang warnanya ungu. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, kenyang nggak sih? Bisa kok.

Biar perutmu tetap damai cobalah kreasikan ubi untuk menjadi makanan berikut ini. Apa saja? Yuk intip satu per satu sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (7/6).

1. Pastel tutup ubi

olahan umbi  © 2016 brilio.net



Bagi yang doyan sayuran,menu ini wajib dicoba.Untuk membuatnya kamu harus menyiapkan ubi ungu, daging/ikan, bayam, wortel atau sayuran lainnya. Cara membuatnya adalah kukus ubi kemudian dihaluskan lalu kamu sisihkan. Tumislah sayuran beserta daging terus dimasukkan di loyang atau mangkuk tahan panas. Lalu ditumpuk dengan ubi yang sudah dihaluskan. Jangan lupa taburkan keju di atasnya ya. Kemudian masukkan oven.

2. Brownies ubi ungu

olahan umbi  © 2016 brilio.net



Selain bikin kenyang, menu ini nggak pakai gula loh. Makin sehat kan? Terus tidak perlu dipanggang juga. Lalu? Cukup kamu dinginkan saja. Cara bikinnya, pertama kamu harus kukus ubi kemudian dihaluskan serta dicampur dengan cokelat, kismis, kacang mete, dan almond. Taruhlah adonan tersebut ke dalam loyang. Kemudian dipadatkan. Terus taruh di kulkas sekitar dua jam. Jadi deh!

3. Getuk ubi

olahan umbi  © 2016 brilio.net





Nah siapa nih yang doyan banget makan getuk? Tidak cuma singkong lho, ubi juga bisa dibikin getuk. Bahkan caranya juga simpel banget. Tinggal kukus kemudian dihaluskan. Kalau kamu suka, ditambah gula atau garam. Terus dicetak dengan bentuk lucu-lucu. Simpel kan?

4. Pempek ubi

olahan umbi  © 2016 brilio.net



Wah keren juga ya bahan ini bisa diolah menjadi pempek. Nggak perlu beli lagi kan? Langkah pertama adalah potong ubi seperti korek api. Terus campurkan dengan tepung terigu, lalu digoreng. Untuk bumbunnya kamu bisa gunakan cabe rawit, ebi, gula merah, bawang putih, dan cuka. Tinggal rebus semua bumbu terus dicampur dengan pempeknya. Lezaat.

5. Cake puding

olahan umbi  © 2016 brilio.net



Anak kos bisa lho bikin puding jenis ini. Caranya seperti bikin agar-agar biasa. Cuma, saat merebus bubuk agar-agar kamu tambahkan ubi kukus yang sudah dihaluskan. Jangan lupa ya, ubi harus benar-benar lembut agar legit saat sudah jadi puding. Tambahkan gula sesuai selera dan dinginkan. Simpel kan?