Brilio.net - Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Buah yang berwarna kuning itu memiliki manfaat kesehatan yang besar, seperti menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

Oleh sebab itu buah berbentuk melengkung ini menjadi primadona bagi banyak kalangan. Tak hanya dengan dimakan langsung, berbagai olahan makanan juga banyak yang menggunakan pisang sebagai bahannya, entah sebagai bahan utama atau pun sebagai bahan pendamping.

Nah, di antara banyaknya makanan yang berbahan pisang, ada juga makanan khas indonesia yang berbahan pisang. Semuanya pun dijamin lezat tak terkira.

Ingin tahu apa saja? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (21/9), beberapa jajanan khas Indonesia yang menggunakan buah pisang sebagai bahannya.


1. Pisang epe.

jajanan pisang © 2016 brilio.net

foto: instagram/@tesyasblog

Pisang epe, adalah sebuah jajanan unik yang banyak ditemui ketika berkunjung ke kota Makassar. Pisang epe yang menjadi jajanan favorit ini berbahan dasar pisang raja yang belum terlalu masak dan tidak lembek. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang di atas bara api, setelah sebelumnya dipress hingga menjadi gepeng.

Setelah masak, kemudian disajikan dengan gula merah cair. Namun seiring dengan perkembangan dunia kuliner, topping yang disajikan di atas pisang epe sekarang pun bervariasi, ada yang rasa cokelat, durian juga keju.


2. Pisang rai khas Bali.

jajanan pisang © 2016 brilio.net

foto: instagram/@isnasutanto

Pisang rai adalah salah satu jajanan pasar khas asal Bali. Pisang rai ini adalah pisang yang dilumuri dengan adonan tepung kemudian direbus hingga mendidih, lalu digulingkan pada kelapa parut. Makanan bertekstur lembut ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih.


3. Pisang molen.

jajanan pisang © 2016 brilio.net

foto: instagram/@lavinia_sis

Molen, jajanan yang diolah dengan cara digoreng ini disebut-sebut merupakan salah satu makanan khas dari Bandung. Meski begitu, makanan bercita rasa manis ini sekarang mudah dijumpai dimana saja.


4. Nagasari.

jajanan pisang © 2016 brilio.net

foto: instagram/@sukmawati_rs

Nagasari adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus.

Selain bahan yang tersebut di atas, nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas. Di Makassar, kue ini di sebut roko roko unti.


5. Es pisang ijo.

jajanan pisang © 2016 brilio.net

foto: instagram/@genikayu

Pisang ijo atau es pisang ijo, adalah makanan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini bahan utamanya berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan dikukus.

Jajanan ini disajikan dengan kuah kental berwarna putih, mirip dengan jenang sumsum namun lebih lembek, dilengkapi dengan es dan sirup yang berwarna merah.

Hmmm, seger banget kalau kamu nikmatin pas siang hari!


6. Carang gesing khas Jawa Tengah.

jajanan pisang © 2016 brilio.net

foto: instagram/@anitajoyo

Carang gesing adalah jajanan tradisional yang bercita rasa manis dari daerah Jawa tengah. Bahan pembuatan kue ini juga tergolong sangat mudah, yaitu dari pisang raja, telur ayam, dan santan kelapa, yang kemudian diolah dengan cara dikukus.

Kue ini hampir sama dengan Nagasari, namun memiliki tekstur yang lebih lembek.


7. Barongko pisang khas Bugis.

jajanan pisang © 2016 brilio.net

foto: instagram/@hanhanny

Kue barongko pisang ini merupakan makanan yang berbahan dasar pisang dengan tambahan bahan lainnya yang mudah ditemui, seperti telur, santan dan gula pasir. Makanan ini merupakan kue khas dari Bugis.

Sekilas jajanan ini memang mirip dengan carang gesing dengan bahan-bahannya yang sama. Namun bedanya, jika carang gesing pisangnya diiris kecil-kecil, kue barongko pisangnya dilumatkan hingga halus.