1. Move to Heaven (2021).

drama Korea kisah difabel berbagai sumber



foto: imdb.com

Move to Heaven merupakan rekomendasi drama Korea tentang kisah difabel Han Geu-ru (Tang Joon-sang) seorang penyandang disabilitas sindrom Asperger. Sindrom ini merupakan salah satu gejala autisme yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan berkomunikasi dengan lingkungannya. Ia bersama ayahnya, Han Jeong-u bekerja sebagai pembersih TKP orang-orang yang telah meninggal. Mereka berdua membersihkan barang-barang peninggalan mendiang di rumah atau ruangannya. Tidak disangka, pada episode pertama ayah Geu-ru meninggal karena sakit yang dideritanya dan mengharuskan ia tinggal bersama pamannya.

Bersama dengan pamannya dan Yoon Na-mu (Hong Seung-hee), Geu-ru melanjutkan tugas untuk membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal dan menyampaikan pesan mereka kepada orang serta kerabat yang ditinggalkan. Drama ini mengisahkan ucapan terakhir orang-orang yang meninggal dunia sebagai bentuk perpisahan kepada para kerabat dan orang yang dicintainya.

2. It’s Okay to Not be Okay (2020).

drama Korea kisah difabel berbagai sumber



foto: imdb.com

It's Okay To Not Be Okay merupakan rekomendasi drama Korea tentang kisah difabel menceritakan Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun) yang tinggal bersama kakak laki-lakinya, Moon Sang-tae (Oh Jung-se) yang memiliki disabilitas mental autisme. Keduanya sering berpindah dari kota ke kota sejak Sang-tae menyaksikan pembunuhan ibu mereka.

Gang-tae bekerja sebagai penjaga di bangsal psikiatri di setiap tempat mereka menetap. Saat bekerja di rumah sakit, ia bertemu dengan seorang penulis buku anak-anak terkenal, Ko Moon-young (Seo Ye-ji), yang dikabarkan memiliki gangguan antisosial. Mereka kemudian saling bersahabat dan saling bercerita satu sama lain.

3. Vagabond (2019).

drama Korea kisah difabel berbagai sumber



foto: imdb.com

Vagabond merupakan rekomendasi drama Korea tentang kisah difabel dengan balutan cerita agen rahasia. Drama ini berkisah tentang pengalaman Cha Dal-gun saat mengalami kecelakaan pesawat dan Cha Hoon, keponakannya yang hilang dalam kecelakaan tersebut. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Go Hae-ri, seorang agen NIS yang pernah membantu proses evakuasi kecelakaan pesawat tersebut.

Hae-ri menyatakan, kecelakaan pesawat itu dilakukan sengaja dan melibatkan jaringan teroris internasional. Bersama kubu intelijen, mereka meminta bantuan kepada seorang penjual ayam yang mengidap savant syndrome, sebuah spektrum autisme yang membuat orang tersebut tampil dengan keterbatasan, tapi dengan kecerdasan yang luar biasa.

Dal-gun dan Hae-ri pun melakukan penyelidikan dan memeriksa semua informasi yang menjurus pada kecelakaan tersebut. Berlatar di tiga negara: Korea Selatan, Maroko, dan Portugal, drama ini berhasil menampilkan aksi memukau untuk mengungkapkan kecelakaan yang didesain sedemikian rupa.

4. Where Stars Land (2018).

drama Korea kisah difabel berbagai sumber



foto: imdb.com

Where Stars Land merupakan rekomendasi drama Korea tentang kisah difabel Lee Soo-yeon, seorang lulusan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) yang dikenal sebagai sekolah bergengsi. Soo-yeon mulai bekerja di Bandara Internasional Incheon dan harus terbiasa bekerja di tempat tersebut dalam enam bulan kedepan. Namun, ia dikenal sebagai seorang pria misterius yang cukup menjaga jarak karena tangannya harus diamputasi karena sebuah kecelakaan.

Di tempat tersebut, ia bertemu dengan Han Yeo-reum yang baru saja masuk sebagai tim layanan penumpang. Ia punya kepribadian yang sangat perfeksionis, tetapi selalu menyelesaikan pekerjaannya dengan berantakan. Bekerja di tempat yang sama membuat mereka sering bertemu dan melakukan hal-hal konyol hingga saling menyimpan perasaan satu sama lain.