Brilio.net - Industri K-Pop merupakan industri hiburan terbesar di Korea Selatan dan bahkan menjalar ke berbagai belahan dunia. Kisah-kisah tentang industri tersebut tak lepas menjadi inspirasi bagi drama Korea.

Ada beberapa drama Korea yang menceritakan berbagai unsur dari industri K-Pop. Mulai dari kisah awal mula para artis K-Pop, pergulatan mereka di dunia panggung, hingga perjuangan para agensi artis yang tak bisa dikatakan mudah. Persaingan artis dan bagaimana semua orang yang bergelut di industri tersebut bisa bertahan.

Selain itu, drama Korea terbaik tentang industri K-Pop ini menghadirkan berbagai hal yang manusiawi dari penampilan para idol dan orang yang berhasil menciptakan para idol tersebut.

Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (19/3), berikut 11 drama Korea terbaik industri K-Pop, perjuangan kehidupan panggung.

1. Idol: The Coup (2021).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Idol: The Coup merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan bagaimana industri K-Pop bekerja. Dalam drama ini, dikisahkan girl band Cotton Candy yang terdiri dari Jenna, Hyun-ji, Stella, El dan Chae-ah sedang menghadapi prospek pembubaran yang tak terhindarkan dari perusahaan induk mereka Starpeace Entertainment. Perusahaan telah menganaktirikan posisi mereka dan lebih mementingkan boy band Mars yang juga menjadi asuhan mereka dan kini menjadi idola top.

Akhirnya, Cotton Candy memutuskan untuk melawan orang-orang dan kekuatan yang mencoba menyeret mereka ke bawah, berjuang dengan sekuat tenaga bahkan hanya untuk satu kesempatan sukses: mereka bertujuan untuk memenangkan tempat No. 1 di acara musik, sebelum mereka benar-benar bubar untuk selamanya. Idol: The Coup berhasil meraih skor 8,1 di Mydramalist.

2. So I Married an Anti-fan (2021).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

So I Married an Anti-fan merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop berkaitan dengan penggemarnya. Drama ini menjadi salah satu drama yang mengisahkan pengalaman banyak orang, dari seorang hater hingga menjadi lover idol K-Pop.

Drama Korea ini mengisahkan hubungan tak harmonis seorang reporter hiburan dan idol K-Pop ternama. Mereka saling membenci, tetapi akhirnya dipertemukan dalam sebuah program yang membuat keduanya jatuh cinta.

Dalam drama ini, Choi Tae-joon berperan sebagai Hoo Joon, seorang superstar terkenal di dunia. Tidak seperti sikapnya yang berhati dingin, dia adalah seorang tulus yang membawa rasa sakit dari cinta pertamanya.

Selain itu, Choi Soo-young berperan sebagai Lee Geun-young, seorang reporter majalah yang menjadi "Anti-penggemar No.1" di Korea. Lee Geun-young lah yang akhirnya nanti menjalin asmara dengan Hoo Joon. So I Married an Anti-fan berhasil meraih skor 8 di Mydramalist.

3. Imitation (2021).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Imitation merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama karya Park Kyung-ran. Drama ini mengisahkan kehidupan para idola, mulai dari kehidupan keseharian hingga romansa rahasia antara anggota girl grup rookie dan anggota boy band grup papan atas di industri hiburan Korea. Drama ini dibintangi Jung Ji-begitu, Lee Jun-young, Jeong Yun-ho, dan Park Ji-yeon. Imitation berhasil meraih skor 8,1 di Mydramalist.

4. Touch Your Heart (2019).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Touch Your Heart merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop tentang Oh Yoon-seo yang terjebak hubungan skandal yang membuat kariernya sebagai bintang top Korea turun seketika.

Ia pun mencari cara untuk bisa kembali mendapatkan kepercayaan untuk bisa berakting kembali dalam dunia hiburan walaupun dikenal dengan kemampuan akting yang buruk. Sampai kemudian ia mendalami karakter yang akan diperankannya dengan menyamar dan bekerja sebagai sekretaris pengacara di sebuah firma hukum bersama Kwon Jung-rok.

Pekerjaan tersebut membuat Yoon-seo harus bekerja ekstra dengan Jung-rok yang dikenal sebagai pengacara yang perfeksionis. Hubungan yang awalnya berlangsung canggung tersebut perlahan mencair dan membuat hubungan mereka semakin dekat. Touch Your Heart berhasil meraih skor 8,3 di Mydramalist.

5. The Liar & His Lover (2017).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

The Liar & His Lover merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop dan diadaptasi dari manga Jepang populer Kanojo wa Uso o Aishisugiteru karya Kotomi Aoki. Drama ini mengisahkan kisah cinta Kang Han-gyul (Lee Hyun-woo), seorang komposer musik jenius yang cukup terkenal mantan bassis dan produser musik dalam industri K-Pop.

Saat itu, ia sedang patah hati lalu bertemu dengan Yoon So-rim (Joy). Han-gyul selalu menyembunyikan identitas diri yang sebenarnya dari So-rim sebagai orang kaya. Namun, saat So-rim memulai kariernya di dunia musik, perlahan kebohongan Han-gyul mulai terungkap.

Drama ini mengisahkan kisah pelik di balik wajah seorang pembohong di hadapan kekasihnya sendiri. Dalam drama ini, Song Kang berperan sebagai Baek Jin-woo, teman masa kecil So-rim dan gitaris band Mush & Co. Selain itu, ia juga diceritakan sudah lama naksir So-rim. The Liar & His Lover berhasil meraih skor 7,5 di Mydramalist.

6. Part-Time Idol (2017).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Part-Time Idol merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop dari sudut pandang para agensi artis. Drama ini mengisahkan saat setelah menciptakan sekelompok idola terkenal, seorang produser mulai mempertanyakan seluruh proses pembuatan bintang yang sudah dilakukannya. Produser tersebut berhenti sejenak selama beberapa tahun.

Begitu dia kembali ke perusahaan yang agensi, dia mengumpulkan beberapa peserta pelatihan yang tertinggal dan mencoba meluncurkan grup idola bersama. Para trainee menjalani beberapa pelatihan khusus untuk debut di grup ini. Part-Time Idol berhasil meraih skor 7,4 di Mydramalist.

7. Hit the Top (2017).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Hit the Top merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop dengan balutan perjalanan waktu ke masa depan. Drama ini mengisahkan Yoo Hyun-jae, seorang idola K-Pop melakukan perjalanan waktu ke masa depan, dari tahun 1993 ke 2017. Setahun kemudian pada 1994, ia dinyatakan hilang secara misterius dan bahkan dianggap mati.

Hyun-jae mulai menyelidiki alasan kepergiannya sambil mencoba menyesuaikan diri dengan kehidupan masa depan. Sementara itu, Lee Ji-hoon, calon musisi yang diam-diam terdaftar sebagai trainee idol di Star Punch Entertainment.

Ji-hoon berjuang untuk menyembunyikan ini dari orang tuanya, yang percaya bahwa dia telah belajar untuk ujian pegawai negeri. Drama ini mengisahkan orang-orang yang berjuang dengan sekuat tenaga untuk bertahan di industri K-Pop yang mereka cintai. Hit the Top berhasil meraih skor 8,1 di Mydramalist.

8. Top Management (2018).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Top Management merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop yang didasarkan dari novel internet. Drama ini bercerita tentang seorang manajer baru di sebuah agen hiburan yang menggunakan kemampuannya melihat masa depan untuk berhasil di industri.

Dialah Yoo Eun-sung, seorang mantan trainee girl idol yang mempunyai kekuatan untuk meramalkan masa depan. Ia menjadi manajer dari grup boy band "SOUL" yang bercita-cita tinggi dengan penuh perjuangan. Top Management berhasil meraih skor 7,7 di Mydramalist.

9. Flower Band (2012).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Shut Up Flower Boy Band merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop tentang Kwon Ji-hyuk (Sung Joon), seorang vokalis sekaligus pimpinan band Eye Candy. Dia jatuh cinta dengan Im Soo-ah (Jo Bo-ah), tapi menyembunyikan hubungan mereka dari teman satu bandnya karena dia merasa mengkhianati Byung-hee yang tak lain adalah kawan dan pimpinan band tersebut.

Soo-ah merupakan putri dari seorang pengusaha bangkrut sehingga membuatnya pindah ke lingkungan yang lebih miskin. Ia dekat dengan Ji-hyuk karena tinggal di tempat yang tak jauh dari rumahnya. Selain itu, pada saat awal pindah, Ji-hyuk sering membantunya. Flower Band berhasil meraih skor 8,1 di Mydramalist.

10. Dream High (2011).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

Dream High merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan industri K-Pop tentang enam orang anak SMA Kirin yang memiliki minat tinggi pada musik dan masing-masing ingin menjadi penyanyi sukses. Tujuan mereka memang sama, namun jalan mereka untuk bisa mencapai impian sangatlah berbeda.

Go Hye-mi (Bae Suzy) adalah gadis sempurna, sementara Song Sam-dong (Kim Soo-hyun) adalah pria urakan. Selain itu, ada Jin Guk (Taecyeon 2PM) merupakan teman masa kecil Hye-mi dan Kim Pil-suk (IU) yang punya bakat luar biasa dalam menyanyi. Mereka semua berjuang sekuat tenaga dan saling mendukung satu sama lain untuk menjadi penyanyi terbaik. Dream High berhasil meraih skor 8 di Mydramalist.

11. You're Beautiful (2009).

drama Korea terbaik K-Pop berbagai sumber

foto: imdb.com

You're Beautiful merupakan drama Korea terbaik yang mengisahkan sepasang saudara Ko Mi-nam (Park Shin-hye) yang ingin menjadi seorang idola K-Pop. Sementara saudara kembarnya Ko Mi-nyeo ingin menjadi seorang biarawati. Suatu waktu, Mi-nam berhasil mengikuti audisi dan memenangkan audisi vokal "AN Entertainment" untuk bergabung dengan band musik ANJell.

Namun, Mi-nam harus berangkat ke Amerika Serikat untuk memperbaiki operasi plastiknya yang gagal. Manajer Mi-nam, Ma Hoon-yi (Kim In-kwon) mendekati Mi-nyeo dan memintanya untuk menyamar sebagai Mi-nam selama sebulan sampai saudara kembanya sembuh sembuh.

Mi-nyeo menyamar sebagai saudara laki-lakinya dan bergabung dengan band ANJell, di mana dia bertemu dengan anggotanya: Hwang Tae-kyung (Jang Keun-suk) yang arogan, Kang Shin-woo (Jung Yong-hwa) yang lembut dan Jeremy yang ceria. (Lee Hong Gi). You're Beautiful berhasil meraih skor 8 di Mydramalist.

(brl/lea)