Brilio.net - Salah satu keunikan cerita drama Korea adalah mencoba mengangkat persoalan yang sering terjadi dalam masyarakat Korea. Cerita penyakit mental merupakan salah satu tema yang diangkat menjadi sebuah cerita. Dari sekian banyak penyakit mental, alzheimer merupakan yang cukup sering diangkat dalam drama Korea.

Alzheimer merupakan penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Hal ini kemudian membuat koneksi sel otak dan sel-sel sendiri merosot dan mati hingga akhirnya menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya.

Alzheimer sering kali terjadi pada orang-orang tua yang sudah lanjut usia dan punya ingatan yang cukup pendek. Namun, dalam drama Korea, anak muda pun berpotensi mengidap penyakit tersebut.

Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber Rabu (23/3), berikut 7 drama Korea kisahkan penderita penyakit alzheimer, penuh rasa haru.

1. Navillera (2021).

drama Korea penderita alzheimer berbagai sumber

foto: imdb.com

Navillera merupakan drama Korea yang mengisahkan Deok Chul, seorang penderita alzheimer yang sudah pensiun dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Dia kemudian menyadari bahwa teman-temannya mulai meninggalkannya karena kematian dan ia menyesal karena tidak mewujudkan impian mereka. Deok Chul sendiri menjalani seluruh hidupnya dengan bekerja dan menafkahi keluarganya.

Deok Chul kemudian membuat keputusan untuk mengejar impiannya menjadi penari balet. Di akademi tari, Deok Chul bertemu dengan Chae Rok, 23 tahun, yang sedang mengalami masalah finansial setelah kehilangan ibu dan ayahnya di penjara. Chae Rok kemudian menjadi guru Daek Chul. Bersama-sama mereka mewujudkan impian mereka menjadi balet.

2. The Wind Blows (2019).

drama Korea penderita alzheimer berbagai sumber

foto: imdb.com

The Wind Blows merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan Lee Soo-jin (Kim Ha-neul) yang sudah menikah dengan Kwon Do-hoon (Kam Woo-sung). Namun, pernikahan tersebut kemudian terpaksa disudahi karena Do-hoon menderita penyakit Alzheimer. Tanpa alasan jelas, mereka pun akhirnya berpisah.

Enam tahun kemudian, Soo-jin dan Do-hoon bertemu kembali. Soo-jin mengetahui alasan yang menyebabkan perceraian saat itu. Dia menderita untuk mengatasi rasa sakit dan memutuskan untuk berada di sisi Do-hoon sekali lagi.

3. My Fair Lady (2016).

drama Korea penderita alzheimer berbagai sumber

foto: imdb.com

My Fair Lady atau yang dikenal juga dengan judul Oh My Geum-bi merupakan drama yang mengisahkan Mo Hwi-hul yang dikenal sebagai seorang penipu ulung sekaligus sebagai penderita alzheimer. Ia hidup bersama Yoo Geum-bi, putri kesayangannya.

Hwi-hul harus mencari uang lebih banyak karena untuk biaya pengobatan Geum-bi. Geum divonis menderita penyakit Niemann–Pick disease, sebuah penyakit gangguan metabolisme bawaan yang parah. Hubungan ayah-anak tersebut berlangsung penuh haru dan membuat siapa pun yang menontonnya ikut larut dalam kesedihan.

4. Memory (2016).

drama Korea penderita alzheimer berbagai sumber

foto: imdb.com

Memory berkisah tentang kehidupan Park Tae-suk, seorang pengacara yang dikenal dengan berbagai kasus yang ditanganinya. Namun suatu hari, ia divonis mengalami Alzheimer yang membuatnya mengalami penurunan daya ingat.

Saat ingatan semakin memudar, Tae-suk berusaha untuk melindungi nilai berharga dari kehidupan dan keluarga tercintanya. Ia berusaha sekeras mungkin agar hal berharga tersebut mampu diingatnya.

5. Remember: War of The Sun (2015).

drama Korea penderita alzheimer berbagai sumber

foto: imdb.com

Remember: War of the Son merupakan drama Korea yang mengisahkan Seo Jin-woo dengan kondisi khusus yang disebut hyperthymesia. Penyakit tersebut membuat dirinya untuk mengingat hampir semua detail ingatan dengan sempurna setiap harinya. Ayahnya Seo Jae-hyuk, di sisi lain, menderita penyakit Alzheimer sehingga membuatnya kehilangan ingatan. Ketika Seo Jae-hyuk secara salah dihukum karena pembunuhan, Jin-woo bersumpah untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.

Empat tahun kemudian, Jin-woo menjadi pengacara untuk menempatkan penjahat aslinya di balik jeruji besi, tetapi penyuapan, korupsi, dan pengkhianatan tidak akan memberinya jalan yang mudah menuju keadilan. Bersama Nam Gyu-man, seorang antagonis yang menjadi lawan Jin-woo saat melangsungkan sidang.

6. A Thousand Days’ Promise (2011).

drama Korea penderita alzheimer berbagai sumber

foto: imdb.com

A Thousand Days’ Promise merupakan drama Korea yang mengisahkan Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang divonis menderita alzheimer pada usia 30 tahun. Hal itu diketahui Seo-yeon beberapa hari menjelang Park Ji-hyung, kekasih gelapnya bertunangan dengan orang lain. Mengetahui hal tersebut, Ji-hyung memutuskan untuk membatalkan acara tunangannya dan memilih Seo-yeon sebagai istri yang benar-benar dipilihnya.

Terlepas dari kondisinya yang menyedihkan, pasangan itu mencoba bertahan untuk mencintai dan merangkai kehidupan rumah tangganya sampai akhir. Hingga akhirnya mereka memiliki bayi perempuan dan menemukan kebahagiaan dalam kehidupan pernikahan dari waktu ke waktu, meskipun keduanya sangat menyadari bahwa akhir yang tragis menanti.

7. A Moment to Remember (2004).

drama Korea penderita alzheimer berbagai sumber

foto: imdb.com

Moment to Remember berkisah tentang Kim Su-jin, seorang perancang busana yang membeli sebuah minuman, tetapi meninggalkannya di sebuah konter. Namun, saat kembali, seorang pria berjalan keluar dari konter tersebut dengan membawa sekaleng minuman yang dipastikan adalah milik Su-jin. Tanpa basa-basi, Su-jin langsung mengambil minuman tersebut dan langsung menenggaknya.

Suatu hari, di sebuah lokasi konstruksi, Su-jin secara kebetulan melihat pria yang sama melakukan hal yang sama. Pria itu adalah Choi Chul-soo, mandor proyek konstruksi yang sedang di survei oleh Su-jin. Mereka kemudian berkenalan dan Su-jin punya perasaan dan mencoba merayu Chul-soo. Lantas mereka menikah dan pasangan ini menyadari bahwa Su-jin mengidap alzheimer langka yang kerap membuatnya sering lupa.