Brilio.net - Drama Korea medis banyak mengisahkan kehidupan seluruh pekerja di rumah sakit. Salah satu pekerja yang disorot adalah para dokter di rumah sakit atau mereka yang membuka klinik sendiri.

Dari drama-drama tersebut, ada beberapa drama Korea yang mengisahkan perjuangan sosok dokter perempuan. Para dokter perempuan tersebut bekerja di tengah kultur masyarakat dan lingkungan kerja yang sering tidak menguntungkan. Beberapa di antaranya harus berjuang sekuat tenaga untuk menjadi seorang dokter.

Selain menampilkan berbagai perjuangan tersebut, drama-drama ini juga hadir dengan berbagai kisah romantis yang pasti bikin seru.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/3), berikut 11 drama Korea medis kisahkan perjuangan dokter perempuan, penuh empati.

1. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha-Cha-Cha merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan. Drama ini mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam.

Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara. Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

2. Hospital Playlist (2020-2021).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea yang mengisahkan sekelompok dokter berumur 40-an tahun di sebuah rumah sakit di Korea Selatan. Para dokter tersebut punya keahlian atau spesialisasi yang beragam. Walaupun begitu, para dokter tersebut kompak dan selalu bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan.

Dari sekumpulan dokter dalam Hospital Playlist, hanya Chae Song-hwa (Jeon Mi-do) satu-satunya dokter perempuan. Ia merupakan seorang profesor rekanan bedah saraf dan bergaul dengan dokter laki-laki lainnya sebagai kolega di rumah sakit. Drama mengisahkan berbagai persoalan hidup, mulai terkait pekerjaan profesional di rumah sakit sebagai maupun persoalan pribadi yang menyangkut perasaan mereka masing-masing.

3. The World of the Married (2020).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

The World of the Married merupakan yang mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter kedokteran keluarga yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan. Ia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya.

Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee). Walaupun menghadapi kenyataan bahwa suami berselingkuh dengan orang lain, rumah sakit tetap menjadi prioritasnya bekerja sebagai tenaga medis.

4. Hospital Ship (2017).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Ship merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan di sebuah kapal rumah sakit untuk membantu para penduduk di pulau terpencil. Song Eun-jae (Ha Ji-won) adalah dokter perempuan bedah dari rumah sakit besar di Seoul. Ia mempunyai kemampuan luar biasa dan dinobatkan sebagai dokter bedah termuda. Setelah ibunya meninggal dunia, Eun-jae memutuskan untuk ikut kapal tersebut untuk menjadi tenaga medis.

Eun-jae dibantu oleh Kwak Hyun (Kang Min-hyuk), anak dari seorang ahli bedah terkenal dan menjadi dokter karena ayahnya. Ia kemudian menjadi sukarelawan dan bergabung dengan kapal rumah sakit sebagai bagian dari dinas militernya. Selain itu, ada pula Kim Jae-geol (Lee Seo-won), seorang dokter oriental chaebol dan ayahnya adalah direktur rumah sakit umum. Dia ditempatkan di kapal rumah sakit dan berteman baik dengan Joon-young, seorang dokter gigi di kapal yang sama.

5. Descendants of the Sun (2016).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun merupakan drama Korea medis sekaligus militer yang mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris.

6. The Doctors (2016).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Doctors merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan tentang fase kehidupan Yoo Hye-jung. Awalnya, ia dikenal sebagai seorang pengganggu di sekolah dan punya kepribadian yang suka mengganggu orang lain. Selain itu, Hye-jung memiliki bekas luka dari masa kecilnya seperti bekas pukulan dan siksaan. Hal ini membuatnya menjadi pribadi yang tertutup dari orang lain dan bahkan antisosial.

Namun, kehidupan Hye-jung kemudian berubah saat ia bertemu dengan mentor Hong Ji-hong. Ji-hong berhasil menemani Hye-jung untuk mengubah dirinya menjadi diri yang lebih baik di sekolah. Bahkan, saat selesai sekolah, perlakuan tersebut membuat Hye-jung yang awalnya dikenal sebagai gangster sekolah menjadi seorang dokter yang penuh kasih sayang kepada orang lain.

7. Dr. Romantic (2016).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Dr. Romantic merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan seperti Yoon Seo-jung (Seo Hyun-jin) yang menjadi dokter di Rumah Sakit Doldam. Selain itu, ada pula Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung) yang menjadi asisten dokter bedah kardiotoraks. Drama ini menjadi salah satu drama Korea kedokteran yang disukai banyak penontonnya.

Drama yang dirilis pada 2006 ini menerima ulasan positif dari para pemirsanya dan membuat drama ini dilanjutkan ke musim kedua. Boo Yong-Joo (Han Suk-Kyu) adalah salah satu ahli bedah terkenal Korea dengan sertifikasi triple-board. Setelah kematian juniornya, Young-Joo menyendiri. Young-Joo kemudian mengambil identitas baru sebagai Kim Sa-Bu dan kembali ke kedokteran di sebuah rumah sakit kecil dan menjadi Kepala Ahli Bedah. Young-Joo mengajarkan penghuninya untuk melawan kekuasaan dan kekayaan yang korup serta melakukan apa yang benar untuk pasien.

8. Blood (2015).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Blood merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan tentang Yoo Ri-ta (Ku Hye-Sun). Ia merupakan ahli bedah Rumah Sakit Taemin yang dikenal arogan, angkuh, dan sombong lantaran menjadi keponakan dari ketua yayasan rumah sakit.

Walaupun begitu, Park Ji-sang (Ahn Jae-Hyun), seorang dokter terkenal di bidangnya sebagai ahli bedah hepato-pankreato-bilier tertarik kepada Ri-ta dan ingin sekali mengenalnya lebih jauh. Namun, ada rahasia besar yang disimpan oleh Ji-sang bahwa dirinya adalah seorang vampir yang menekan nafsu darahnya untuk menyelamatkan nyawa pasien yang sedang sakit parah.

9. D-Day (2015).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

D-Day merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan tentang Jung Ddol-Mi (Jung So-Min), seorang residen ortopedi dan ahli bedah Lee Hae-Sung (Kim Young-Kwang). Kedua dokter itu terjebak di Seoul setelah sebuah lubang runtuhan muncul di kota itu setelah gempa bumi.

Lubang pembuangan menyebabkan kota diblokir karena tidak ada listrik, air, atau kemampuan untuk meminta bantuan. Sebagai dokter, Hae-Sung dan Ddol-Mi bekerja sama untuk merawat pasien dan mereka yang terluka. Waktu terus berjalan saat persediaan medis dan obat-obatan mulai habis.

10. Kill Me, Heal Me (2015).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Kill Me, Heal Me merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan tentang Oh Ri-jin, seorang residen psikiatri tahun pertama yang cantik. Ia bersedia membantu menjadi psikiater untuk Cha Do-hyun, pewaris bisnis generasi ketiga sebuah keluarga kaya, mengalami gangguan identitas disosiatif (sebelumnya dikenal sebagai gangguan kepribadian ganda) setelah beberapa peristiwa traumatis yang mengancam jiwa.

Namun, Ri-jin ternyata punya saudara kembar yang bernama Oh Ri-on, seorang penulis yang bertekad mengungkapkan kehidupan orang kaya yang tidak bermoral dan sering mengikuti Do-hyun ke mana pun. Sejak saat itu, Do-hyun menjadi perhatian utama saudara kembar yang punya misi berbeda ini.

11. Golden Time (2012).

drama Korea dokter perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Golden Time merupakan drama Korea medis yang mengisahkan perjuangan dokter perempuan. Drama ini mengisahkan Kang Jae-in (Hwang Jung-eum), dokter perempuan yang berasal dari keluarga kaya yang punya rumah sakit. Ia hanya ingin menjadi dokter yang dapat menghidupi dirinya sendiri sekaligus membantu orang lain.

Di rumah sakit yang sama, Jae-in bertemu dengan Lee Min-woo (Lee Sun-kyun) yang kembali ke rumah sakit kota untuk menyelesaikan residensinya. Ia menghadapi ketidakpastian diri apakah benar ingin menjadi seorang dokter. Ia dikenal berjiwa bebas dan konyol serta selalu ingin bekerja instan. Min-woo dan Jae-in bekerja di UGD di bawah bimbingan Choi In-hyuk (Lee Sung-min), seorang ahli bedah yang gila kerja dan terkenal cerdik yang menempatkan pasiennya di atas dirinya sendiri.