Brilio.net -  

Dalam drama Korea detektif, ada kemampuan khusus yang sering ditampilkan, salah satunya adalah kemampuan menjadi criminal profiler. Kemampuan tersebut biasanya hanya dimiliki oleh seseorang dan satu-satunya dalam satu tim.

Criminal profiler merupakan kemampuan strategi investigasi yang digunakan oleh lembaga penegak hukum untuk mengidentifikasi kemungkinan tersangka. Kemampuan tersebut digunakan oleh penyidik untuk menghubungkan kasus-kasus yang mungkin dilakukan oleh pelaku yang sama.

Drama Korea detektif yang mengisahkan criminal profiler penuh dengan berbagai teka-teki misterius dan adegan menegangkan. Karena itu, drama Korea ini mengajak para penontonnya untuk ikut larut dalam berbagai aksi petualangan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/3), berikut 10 drama Korea detektif kisahkan criminal profiler, penuh prediksi jitu.

1. Through The Darkness (2022).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Through The Darkness merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler yang diadaptasi dari buku dengan judul sama karya Kwon Il Yong dan Go Na Moo. Through The Darkness mengangkat kisah profiler kriminal pertama di Korea Selatan. Drama Korea yang juga berjudul Those Who Read Hearts of Evil ini mengisahkan tentang profiler kriminal yang bisa membaca pikiran para pembunuh berantai.

2. Voice (2017-2021).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Voice merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler Kang Kwon-joo (Lee Ha-na) yang akan mengungkapkan misteri aktivitas call center 112 pusat panggilan darurat misterius. Kwon-joo dan timnya akan menggunakan suara yang mereka dengar untuk melacak siapa pelaku pembunuhan berantai. Drama ini penuh teka-teki yang membuat para penontonnya berpikir lebih keras dan sama-sama mengidentifikasi siapa pelaku kejahatan sebenarnya.

Melalui dua pekerja call center, detektif dan para polisi mulai melacak kasus pembunuhan yang informasinya mereka dapatkan dari call center. Drama ini menampilkan adegan menegangkan dan penuh misteri.

3. Chimera (2021).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Chimera merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler tentang Jae Hwan (Park Hae-soo), seorang detektif yang peka dengan berbagai barang bukti. Ia bersama seorang profiler kriminal bernama Eugene Hathaway (Claudia Kim), dan seorang ahli bedah bernama Jung Yeob (Lee Hee-joon) yang datang bersama untuk alasan mereka sendiri untuk mengungkap kebenaran di balik “Chimera” kasus pembunuhan berantai yang baru-baru ini dimulai kembali setelah 35 tahun.

Kasus pembunuhan yang sudah berlangsung lama sekali, ada banyak bukti yang mulai hilang dan bahkan sulit ditemukan. Namun, berkat kemampuan Eugene Hathaway sebagai criminal profiler, ia kemudian menyusun berbagai rencana untuk menemukan siapa pelaku pembunuhan sebenarnya.

4. Crime Puzzle (2021).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Crime Puzzle merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler Yoo Hee (Ko Ah-sung) yang tidak pernah bahwa pacarnya Han Seung-min (Yoon Kye-sang) telah melakukan pembunuhan terhadap ayah Yoo Hee dan beberapa orang. Seung-min selama ini dikenal sebagai seorang profesor populer di Universitas Polisi. Selain itu, ia juga dikenal sebagai psikolog forensik.

Atas pengakuan tersebut, Seung-min akhirnya menerima hukuman penjara seumur hidup atas kejahatannya. Yoo Hee tidak percaya dengan pengakuannya. Dia melihat ke dalam kasusnya untuk mendapatkan jawaban. Hal ini membuat Yoo Hee mengunjungi Han Seung-Min di penjara dan melakukan 10 kali wawancara dengannya.

5. Tell Me What You Saw (2020).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Tell Me What You Saw merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler yang menceritakan Oh Hyun-jae (Jang Hyuk), seorang polisi bagian kriminal yang harus kehilangan tunangannya dalam sebuah ledakan bom yang dibuat oleh seorang pembunuh berantai.

Ketika seorang detektif dan timnya mulai menyelidiki, mereka bertemu dengan seorang petugas polisi dari negara tersebut. Cha Soo-young (Choi Soo-young) memiliki memori fotogenik yang terbukti berguna dan membuatnya dikenal sebagai criminal profiler. Dia diperkenalkan ke Hyun-jae untuk membantunya bekerja secara rahasia untuk mengungkap misteri di balik orang yang membunuh tunangannya.

6. Memorist (2020).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Memorist merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler yang diadaptasi dari Webtoon karya Jae Hoo dengan judul yang sama. Dalam drama ini, Dong Baek (Yoo Seung-ho) dikisahkan memiliki kemampuan untuk membaca ingatan orang dengan sentuhan. Selain itu, ia juga menjadi seorang detektif berdedikasi dan membuatnya sebagai criminal profiler.

Sebagai seorang anak muda, Dong Baek kehilangan setiap bagian dari ingatannya kecuali pembunuhan ibunya. Pada hari tersebut, serangkaian pembunuhan brutal membawanya untuk bekerja sama dengan unit kriminal di kepolisian. Saat Dong Baek bersama tim menemukan pelakunya, masa lalu para pembunuh tersebut terungkap.

7. Awaken (2020).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Awaken merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler yang berkisah tentang Do Jung-woo, pemimpin satuan tugas khusus di Badan Kepolisian Metropolitan Seoul. Do Jung-woo dikenal sebagai criminal profiler andal dan akhirnya bisa menyelidiki serangkaian pembunuhan misterius.

Bersama dengan timnya, yang meliputi Petugas Gong Hye-won dan Jamie, seorang detektif pinjaman dari FBI, mereka mengungkap petunjuk bahwa kejahatan ini entah bagaimana terkait dengan peristiwa tragis yang terjadi 28 tahun yang lalu di sebuah desa bernama "White Night".

8. Criminal Minds (2017).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Criminal Minds merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler yang di-remake dari serial Amerika dengan judul yang sama dan tayang pada 26 Juli 2017. Drama ini mengisahkan sekelompok profiler yang sangat terlatih dalam tim Investigasi Kriminal Nasional (NCI) fiksi yang melacak penjahat untuk menyelesaikan kasus.

Cerita dimulai saat setahun setelah kesalahan penting yang menghasilkan bom, meledak di sebuah rumah sakit. Kejadian tersebut menewaskan beberapa petugas SWAT dan membuat kepercayaan pemimpin tim NCI Kang Ki-hyung terguncang. Ia kembali bekerja setelah istirahat panjang dan langsung terseret ke dalam kasus pembunuhan berantai yang mengharuskan tim NCI untuk bekerja sama dengan Unit Kejahatan Kekerasan dari kepolisian setempat. Mereka bertemu petugas polisi temperamental Kim Hyun-joon, yang tampaknya memiliki dendam pahit terhadap Ki-hyung.

9. Stranger (2017).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Stranger merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler yang menceritakan Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo), seorang jaksa yang tidak memiliki empati setelah menjalani operasi otak saat kecil. Dia kemudian bekerja sama dengan seorang letnan polisi berhati lembut Han Yeo-jin (Bae Doo-na) untuk memecahkan pembunuhan.

Yeo-jin dikenal memiliki kemampuan sebagai criminal profiler yang penuh prediksi jitu. Saat mereka menyelidiki untuk menemukan pelakunya, mereka menemukan korupsi yang terjadi di dalam sistem peradilan yang mereka percayai. Drama ini menampilkan beragam teka-teki detektif yang coba diungkap oleh dua karakter utama.

10. Signal (2016).

drama Korea detektif criminal profiler berbagai sumber

foto: imdb.com

Signal merupakan drama Korea detektif kisahkan criminal profiler yang menceritakan Park Hae-young (Lee Je-hoon), profiler kriminal yang menemukan walkie-talkie secara kebetulan, dan menggunakannya untuk menyelesaikan kasus-kasus dingin. Hae-young bekerja bersama Cha Soo-hyun (Kim Hye-soo), petugas polisi wanita pertama di Satuan Tugas Khusus dan menjadi pemimpin regu kasus dingin Seoul.

Signal merupakan drama Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai insiden kriminal kehidupan di Korea, termasuk pembunuhan berantai Hwaseong. Signal mengisahkan kelompok detektif pada 1986 harus mengejar penjahat yang diburunya dan masuk ke dimensi masa depan pada 2015. Melalui sebuah walkie talkie memungkinkan seorang detektif pada tahun 1989 untuk berkomunikasi dengan seseorang yang dingin dari tahun 2015.