Brilio.net - Kehidupan mahasiswa merupakan masa yang menjadi fase seseorang untuk masuk pendidikan tinggi. Selain berkutat dengan berbagai persoalan mengenai kampus, kehidupan mahasiswa juga berkaitan erat dengan fase hidupnya.

Selain harus menyelesaikan berbagai tugas akademik, mereka juga perlu siap menghadapi berbagai persoalan. Mulai dari persoalan pribadi hingga hal-hal yang ada di luar kendalinya.

Drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa ini sungguh memberikan gambaran yang hampir nyata tentang kehidupan mahasiswa. Pergulatan demi pergulatan mereka jalani hingga akhirnya menemukan hal-hal yang harus mereka selesaikan di fase menjadi mahasiswa.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (17/3), berikut 13 drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa, terbaru Again My Life.

1. Again My Life (2022).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Again My Life merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang diangkat dari serial webtoon dan novel web populer Kakaopage dengan genre kriminal-fantasi. Drama ini berkisah tentang Kim Hee-woo (Lee Joon-gi), yang hidup kembali usai dibunuh karena menangani kasus korupsi.

Namun, Hee-woo justru hidup di masa lalu dengan pikiran di masa depan. Saat berada di masa lalu tersebut, Hee-woo tampil sebagai seorang mahasiswa hukum di kampus tempatnya dulu mendapatkan gelar sarjana hukum.

2. Law School (2021).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu berasal dari latar belakang keluarga miskin dan satunya lagi menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa sang profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya.

3. Twenty Twenty (2020).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Twenty Twenty merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang menceritakan remaja berusia 20 tahun yang bekerja untuk menemukan impian saat mereka mengalami kebebasan dan tanggung jawab untuk pertama kalinya. Selain itu, mereka juga bermimpi berbagai hal yang bisa dicapai dan menjalani cinta dengan berbagai persoalan yang realistis di hadapannya.

Drama ini menceritakan mimpi dan cinta dua puluh tahun yang dijalani oleh Lee Hyun-jin dan Chae Da-hee. Mereka bertemu dan mulai menjadi dewasa bersama dengan menciptakan batasannya sendiri. Di tengah kesibukan sebagai mahasiswa dan sekaligus pekerja, mereka saling berbagi cinta yang sehat dan memungkinkan untuk menciptakan relasi yang setara.

4. Run On (2020).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Run On merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang berkisah tentang Ki Seon-gyeom, seorang atlet lari cepat nasional yang selalu menang di urutan kedua dan menjadi kebanggaan kampus tempatnya menjadi mahasiswa. Ia tumbuh di sebuah keluarga yang sangat sibuk sehingga membuat hidupnya dilewati tanpa interaksi sosial. Ia kemudian bertemu dengan Oh Mi-joo, orang pertama yang dianggapnya sebagai teman sejati.

Sementara itu, Mi-joo adalah seorang yatim piatu yang bekerja sebagai penerjemah film dan berpikir bahwa dunia sangat keras. Mereka kemudian menjalani hari-hari bersama dan saling jatuh cinta. Walaupun begitu, hidup nyatanya lebih keras dari apa yang mereka bayangkan. Mereka berdua harus mengatur pekerjaan mereka, apalagi Mi-joo yang menjadi penerjemah film harus pintar mengatur bisnisnya tersebut.

5. My ID is Gangnam Beauty (2018).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

My ID is Gangnam Beauty merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang berkisah kehidupan Kang Mi-rae yang memutuskan operasi plastik setelah bertahun-tahun diganggu karena penampilan yang tidak sesuai lingkungan sekitarnya.

Awalnya, usaha tersebut tampak berhasil dan membuatnya punya kesempatan yang lebih terbuka. Namun, tekanan untuk menjadi lebih cantik datang dan membuatnya selalu mendapatkan ejekan monster operasi plastik. Ia kemudian mulai memulihkan dirinya dan tidak mau menghiraukan penilaian orang lain lagi. Drama ini dipenuhi dengan dialog-dialog kocak dan cukup berkesan untuk mulai mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

6. Go Back Couple (2017).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Confession Couple atau Go Back Couple merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang berkisah tentang Choi Ban-do (Son Ho-jun) dan Ma Jin-joo (Jang Na-ra) yang sudah berusia 38 tahun dan menikah serta dikaruniai seorang putra kecil. Keduanya berjuang melalui kehidupan sehari-hari yang membuat mereka lelah dan tidak bahagia. Ban-do adalah seorang salesman farmasi yang menghabiskan hari-harinya memohon orang untuk membeli obat-obatan dan malamnya minum dengan calon klien atau membantu direktur rumah sakit yang arogan dan kejam, Park Hyun-suk (Im Ji-kyu).

Sementara itu, Jin-joo adalah seorang ibu rumah tangga yang membesarkan putra mereka sambil berjuang untuk menemukan makna dalam hidupnya dan merasa kesepian dan ditinggalkan oleh Ban-do. Setelah sempat berselingkuh dengan pasangan gelap masing-masing, mereka kemudian bangun tidur dan mendapati dirinya sendiri saat masih berusia 20-an tahun. Keduanya kemudian membuat keputusan yang sama sekali berbeda dan membuat mereka ingin terus-menerus ada pada fase tersebut, saling mencintai tanpa pertengkaran.

7. Love Playlist (2017).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Playlist merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang berkisah di sekitar sekelompok mahasiswa saat mereka belajar tentang suka dan duka dari hubungan dan perpisahan. Drama ini mengusung konsep cerita cinta dan persahabatan dengan latar tempat sekolah yang tentunya dekat dengan cerita kehidupan sehari-sehari. Mereka adalah Lee Hyun-seung, Han Jae-in, Kwak Jun-mo, Jung Ji-won, dan Kim Min-wo yang berasal dari latar belakang berbeda-beda.

Lima orang mahasiswa tersebut bertemu di kampus yang sama dan mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan kampusnya. Drama ini hanya berlangsung singkat dan memberi gambaran bagaimana kehidupan dunia kampus.

8. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang bergelut dengan dunia olahraga. Drama ini mengisahkan Kim Bok-joo, seorang wanita muda yang mengejar mimpinya sebagai atlet angkat besi di kampus perguruan tinggi atlet. Di kampus tersebut, ia naksir Jung Jae-yi yang sering menggoda dan juga membantunya.

Jung Jae-yi adalah kakak sepupu dari Joon-hyung yang tak lain adalah teman Bok-joo. Drama ini menampilkan kisah cinta segitiga sekaligus perjuangan para calon atlet saat mereka berada di sebuah perguruan tinggi yang dihuni para calon atlet.

9. Cheese in the Trap (2016).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheese In The Trap merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang memiliki banyak elemen alur cerita dan membuat drama Korea ini berkesan. Mulai dari "sindrom second-lead" hingga kisah cinta para pria yang membosankan.

Namun, ketika sampai pada cerita Hong Seol (Kim Go-eun) mengetahui bahwa Yoo Jung (Park Hae-jin) adalah penguntitnya, Hong Seol merasa dikhianati dan memutuskan ingin berpisah dengan Yoo Jung karena dinilai punya kepribadian ganda atau bermuka dua. Walaupun keputusan tersebut tidak diterima oleh Yoo Jung, tapi ia tak bisa berbuat apa-apa selain rela melepaskan Hong Seol yang sangat dicintainya.

10. Hello, My Twenties! (2016).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello, My Twenties atau Age of Youth merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang menyoroti cerita lima orang mahasiswa yang tinggal di kontrakan bernama Belle Epoque. Mereka memiliki kepribadian, selera, dan tujuan hidup yang berbeda serta harus berhadapan dengan peliknya kehidupan.

Drama ini merupakan drama anak kos yang saling mendukung satu sama lain, bahkan saat salah satu di antara mereka punya trauma masa lalu. Berkat lingkungan yang mendukung satu sama lain, perbedaan mereka bukan menjadi sebuah masalah. Dibalut dengan genre komedi-romantis, drama ini dapat membantu seseorang agar bisa menemukan support system yang baik.

11. Second 20s (2015).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Second 20s atau Twenty Again merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang mengisahkan Ha No-ra yang pernah bermimpi menjadi seorang penari. Namun, ia terpaksa berhenti sekolah karena hamil pada usia 19 tahun. Ia kemudian menjalani hidup sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengurus sekolah anaknya selama dua dekade.

Bosan melakukan rutinitas yang itu-itu saja dan didiagnosis menderita kanker pankreas terminal dan diberi prognosis enam bulan, ia pun memutuskan untuk kembali sekolah dan menjadi mahasiswa untuk pertama kalinya. Ia kuliah di kampus yang sama dengan putranya yang baru saja berusia 20 tahun.

Tak ada yang tahu berapa usia No-ra sebenarnya selain putranya sendiri. Hal ini membuatnya bisa bergaul dengan mahasiswa lain yang usianya terpaut dua dekade dengannya. Selain itu, tanpa sepengetahuan No-ra, suaminya diterima menjadi pengajar psikologi di kampus yang sama.

12. Reply 1994 (2013).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1994 merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang mengisahkan enam mahasiswa dari berbagai provinsi di Korea Selatan. Mereka tinggal bersama di sebuah rumah kos di Sinchon, Seoul. Rumah kos tersebut dikelola oleh pasangan dengan seorang putri bernama Sung Na-jung. Seperti pendahulunya, Reply 1997, serial ini mengikuti cerita nonlinier yang bergeser antara masa lalu pada tahun 1994 dan masa kini pada tahun 2013, membuat pemirsa menebak siapa yang akan menjadi suami Na-jung di antara karakter laki-laki di dalam drama.

Serial ini mengikuti peristiwa penting secara sejarah dan budaya yang terjadi di negara tersebut pada tahun 1994 dan tahun-tahun berikutnya, termasuk munculnya grup K-pop Seo Taiji and Boys, runtuhnya Sampoong Department Store, dan lahirnya Liga Bola Basket Korea.

13. Heartstrings (2011).

drama Korea perjuangan mahasiswa berbagai sumber

foto: imdb.com

Heartstrings merupakan drama Korea kisah perjuangan jadi mahasiswa yang mengisahkan cerita percintaan Kyu-Won (Park Shin-hye) dengan Shin (Jung Yong-Hwa). Pasangan ini memiliki minat yang sama dalam dunia musik. Jka Kyu-Won mahir di musik gayageum (musik tradisional Korea), sementara Shin mahir sebagai seorang gitaris di musik terapan.

Walaupun begitu, hubungan mereka tidak bisa dibilang lancar. Mulai dari pilihan musik yang berbeda, hingga latar belakang keluarga yang tak sama sangat memengaruhi perjalanan kisah cinta keduanya. Drama Heartstrings berhasil meraih penghargaan pada 2012-2013 untuk tiga kategori yang dinominasikan, seperti Aktris Terpopuler (TV) yang diraih Park Shin-hye.

(brl/red)

(brl/red)