Brilio.net - Netflix akan menjadi salah satu platform penyedia layanan streaming terbesar dan tersedia di banyak negara. Hal ini membuat Netflix membuat dan bekerja sama menayangkan drama orisinal di masing-masing negara.

Berbagai genre dihadirkan, di antaranya adalah drama Korea thriller. Genre thriller menjadi salah satu yang cukup populer setelah genre romantis dan komedi. Baik yang diproduksi Netflix sendiri maupun yang Netflix dapatkan hak siar internasionalnya, drama Korea menjadi tontonan menarik sekaligus seru.

Drama-drama tersebut akan membawa pada petualangan yang membuat para penonton ingin menonton drama tersebut berulang kali. Hal ini dibuktikan dengan masih nangkringnya beberapa drama Korea lama yang masih bertahan sebagai drama Korea thriller populer di Netflix.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (15/3), berikut 11 drama Korea thriller populer di Netflix, Juvenile Justice teratas.

2 dari 12 halaman

1. Juvenile Justice (2022).

foto: imdb.com

Juvenile Justice merupakan drama Korea thriller populer di Netflix yang menempati urutan teratas. Drama ini mengisahkan tentang kenakalan remaja yang sangat parah hingga dibawa ke jalur hukum. Pemeran utamanya adalah seorang hakim, yang akan diperankan oleh Kim Hye-soo. Dia memiliki trauma akibat kenakalan remaja sebayanya sebelum memutuskan untuk menjadi hakim. Dia diangkat menjadi hakim yang menangani pengadilan anak-anak di Distrik Yeonhwa. Drama ini tayang akhir bulan Januari lalu di Netflix.

Drama Korea tentang hukum ini dibintangi oleh Kim Hye-soo, Kim Mu-yeol, Lee Sung-min, Lee Jung-eun, dan Park Jong-hwan. Selain itu, drama Korea Juvenile Justice ini memiliki genre crime, drama, dan hukum.

3 dari 12 halaman

2. All of Us Are Dead (2022).

foto: imdb.com

Di urutan selanjutnya, All of Us Are Dead berada di posisi kedua sebagai drama Korea thriller populer di Netflix. Drama ini mengisahkan sekelompok siswa terjebak di sekolah mereka selama kiamat zombi. Mereka terus berjuang untuk bisa keluar dari sekolah dan terhindar dari orang-orang yang sudah terinfeksi wabah zombi tersebut. Semua orang yang ada di dalam sekolah itu berlarian dan berusaha sekuat mungkin untuk terhindar dari para zombi.

Drama yang diadaptasi dari webtoon Naver Now at Our School karya Joo Dong-geun ini dibintangi oleh Yoon Chan-young, Park Ji-hoo, Cho Yi-hyun, Park Solomon dan Yoo In-soo. All of Us Are Dead berhasil menarik atensi banyak penonton yang menampilkan cerita zombi yang berbeda.

4 dari 12 halaman

3. Taxi Driver (2021).

foto: imdb.com

Taxi Driver menempati urutan ketiga sebagai drama Korea thriller populer di Netflix. Drama ini diangkat dari serial webtoon The Deluxe Taxi karya Carlos dan Lee Jae-jin. Drama Korea ini mengisahkan Kim Do-gi (Lee Je-hoon), seorang lulusan akademi militer Korea yang bekerja di sebuah layanan taksi yang menawarkan jasa balas dendam untuk para kliennya.

Perusahaan tersebut melayani orang-orang yang buntu dengan sistem peradilan yang tidak adil, bahkan mengecewakan. Selain berbau thriller, drama Korea ini kerap menampilkan adegan action baku hantam para karakternya saat memburu orang yang menjadi sasaran.

5 dari 12 halaman

4. My Name (2021).

foto: imdb.com

My Name menjadi drama debut Han So-hee tampil dalam genre thriller-action. My Name mengisahkan upaya balas dendam Yoon Ji-woo yang diperankan Han So-hee saat ayahnya ditembak oleh orang tak dikenal saat ulang tahun ke-17. Ji-woo kemudian menjadi anak buah Choi Mu-jin yang juga pernah menjadi bos mafia ayahnya.

Di tempat tersebut, Ji-woo kemudian berlatih selama bertahun-tahun dan ia menjadi salah satu anggota perempuan terkuat di kelompok tersebut. Setelah itu, Ji-woo kemudian menyusup ke unik narkotika di lembaga kepolisian menjadi seorang detektif. Dari posisi tersebut, ia kemudian mencari siapa penembak ayahnya. So-hee tampil dengan sangat berbeda sama sekali dalam drama ini. Drama yang penuh dengan adegan baku hantam ini menjadi salah satu capaian tersendiri bagi So-hee.

6 dari 12 halaman

5. Black (2017).

foto: imdb.com

Walaupun sudah lima tahun lalu sejak pertama kali dirilis, Black masih menjadi bagian dari drama Korea thriller populer di Netflix. Black mengisahkan seorang malaikat pencabut nyawa yang terpaksa harus melakukan investigasi seorang buronan. Dalam perjalanannya mencari buronan ini, secara tidak sengaja ia menemukan kasus pembunuhan tersadis 20 tahun lalu.

Tugas Black sebagai seorang grim reaper menjadi terganggu lantaran ia harus mengurusi kasus buronan. Akibatnya, tugasnya sebagai malaikat yang memandu arwah ke kehidupan setelah mati berantakan. Apalagi setelah ia jatuh cinta dengan seorang manusia. Akibatnya, ia harus mempertaruhkan kemampuan supranaturalnya demi seorang wanita.

7 dari 12 halaman

6. Law School (2021).

foto: imdb.com

Di urutan keenam, posisi tersebut ditempati oleh drama Korea Law School. Law School mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama Korea ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya.

Drama Korea Law School mengajarkan tentang realitas di sebuah kampus yang juga sama persis dengan kehidupan lainnya. Ada banyak macam pergolakan hidup dan berbagai hal yang membuat kita semua bikin mengelus dada. Namun, di balik itu semua, karakter utama drama Korea ini terus berusaha berperilaku jujur dan mengambil hukum legal sebagai jalan untuk menemukan keadilan.

8 dari 12 halaman

7. Signal (2016).

foto: imdb.com

Di urutan ketujuh, Signal menjadi salah satu drama Korea thriller populer di Netflix. Signal merupakan drama Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai insiden kriminal kehidupan di Korea, termasuk pembunuhan berantai Hwaseong.

Signal mengisahkan kelompok detektif pada 1986 harus mengejar penjahat yang diburunya dan masuk ke dimensi masa depan pada 2015. Melalui sebuah walkie talkie memungkinkan seorang detektif pada tahun 1989 untuk berkomunikasi dengan seseorang yang dingin dari tahun 2015.

9 dari 12 halaman

8. Vagabond (2019).

foto: imdb.com

Di urutan selanjutnya, di urutan delapan, Vagabond menjadi drama Korea thriller populer di Netflix. Vagabond mengisahkan pengalaman Cha Dal-gun saat mengalami kecelakaan pesawat dan Cha Hoon, keponakannya hilang dalam kecelakaan tersebut. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Go Hae-ri, seorang agen NIS yang pernah membantu proses evakuasi kecelakaan pesawat tersebut.

Hae-ri menyatakan bahwa kecelakaan pesawat tersebut dilakukan sengaja dan melibatkan jaringan teroris internasional. Dal-gun dan Hae-ri pun melakukan penyelidikan dan memeriksa semua informasi yang menjurus pada kecelakaan tersebut. Berlatar di tiga negara: Korea Selatan, Maroko, dan Portugal, drama Korea Vagabond berhasil menampilkan aksi memukau untuk mengungkapkan kecelakaan yang didesain sedemikian rupa.

10 dari 12 halaman

9. Hotel del Luna (2019).

foto: imdb.com

Di urutan kesembilan, Hotel del Luna menjadi drama Korea thriller populer di Netflix. Hotel Del Luna berkisah tentang sebuah hotel yang melayani orang mati. Jang Man-Wol (IU) adalah CEO-nya yang telah ditakdirkan untuk menjalankan pendirian karena dosa yang dilakukannya. Meskipun dia tidak lagi ingat mengapa dirinya dihukum, satu-satunya cara untuk keluar dari situasi ini adalah menemukan seseorang yang telah melakukan kesalahan yang lebih besar daripada kesalahannya.

Selain itu, Goo Chan-sung (Yeo Jin-goo) juga ditakdirkan untuk bekerja di tempat aneh ini setelah Man-Wol berurusan dengan ayahnya. Drama Korea ini penuh dengan elemen mistik dan alur cerita yang menarik.

11 dari 12 halaman

10. Kingdom (2019-2021).

foto: imdb.com

Di urutan kesepuluh, Kingdom menjadi drama Korea thriller populer di Netflix. Kingdom merupakan drama Korea yang tayang pertama kali pada Januari 2019. Serial lengkap Kingdom terdiri dari Kingdom (2019), Kingdom Season 2 (2020), dan Kingdom: Ashin of the North (2021).

Drama Korea ini dimulai dari periode Joseon abad pertengahan Korea. Dikisahkan seorang Putra Mahkota Lee Chang (Joo Ji Hoon) yang mencoba menyelidiki wabah misterius yang menyebar di seluruh negaranya. Drama ini berhasil meraih beberapa penghargaan di 2nd Asia Contents Awards 2020 untuk kategori Best Actor, Best Writer, dan Technical Award.

12 dari 12 halaman

11. The Devil Judge (2021).

foto: imdb.com

Sementara di urutan terakhir, The Devil Judge menjadi drama Korea thriller populer di Netflix. The Devil Judge berlatar belakang semesta alternatif. Drama Korea The Devil Judge yang ditulis oleh Moon Yoo-seok, seorang mantan hakim ini, dibuka dengan acara peresmian Kang Yo-han sebagai hakim. Dalam acara ini, Heo Joong-se (Baek Hyun-jin), presiden terpilih lewat pemilu menerangkan bahwa Korea sedang berada dalam situasi krisis ekonomi dan politik akibat wabah.

Akibatnya, banyak perusahaan berjatuhan dan gelandangan di mana-mana. Hal ini melahirkan kekacauan di beberapa tempat. Ketimpangan sosial semakin lebar dan membuat orang tidak beruntung secara sosial bertindak nekat kepada mereka yang lebih beruntung secara sosial.