Brilio.net - Kembalinya Lee Byung-hun dalam drama Korea menjadi momen penting baginya. Setelah hiatus sejak 2018, ia terakhir kali tampil dalam Mr. Sunshine (2018) dan menjadi cameo dalam Squid Game (2021). Hampir empat tahun berlalu, Lee Byung-hun hadir kembali lewat drama terbarunya.

Selain jadi ajang comeback-nya usai lama hiatus, drama baru ini jadi momen reuni bagi Lee Byung-hun dan Shin Min-a setelah 20 tahun lalu bermain dalam satu proyek drama Korea. Kali ini, mereka sama-sama menjadi pemeran utama dan hadir dengan peran yang sangat jauh berbeda.

Lee Byung-hun merupakan aktor Korea Selatan papan atas dan sudah cukup senior. Sudah puluhan drama dan film Korea yang sudah diperankannya. Suami Lee Min-jung ini bahkan sudah melebarkan sayapnya hingga Hollywood. Berikut ini merupakan drama-drama yang pernah diperankannya dan sukses di pasaran.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (28/2), berikut 10 drama Korea terbaik Lee Byung-hun, terbaru bareng Shin Min-a.

1. Our Blues (2022).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: asianwiki.com

Our Blues merupakan drama Korea terbaru Lee Byung-hun yang diperankan kembali bersama Shin Min-a. Drama ini mengisahkan tentang kehidupan manis dan pahit orang-orang yang berdiri di akhir, klimaks, atau awal kehidupan, dan menggambarkan kisah mereka dalam format omnibus dengan latar belakang Pulau Jeju.

Dalam drama ini, Lee Byung-hun berperan sebagai Lee Dong-seok, seorang pembuat truk yang lahir di Jeju. Sementara Shin Min-a berperan sebagai Min Seon-ah, seorang wanita ceria yang datang ke Jeju, dan bekerja dengan Lee Dong-seok.

2. Squid Game (2021).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak tayang pertama kali pada 17 September 2021, Squid Game berhasil menarik animo penonton di seluruh dunia. Tidak hanya itu, serial drama survival ini berhasil menjadi fenomena dunia. Beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil.

Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara. Squid Game merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang tampil sebagai Front Man/Hwang In-ho dan menjadi host dalam permainan survival tersebut.

3. Mr. Sunshine (2018).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang berkisah saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871. Lee Byung-hun berperan sebagai Eugene Choi, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon.

Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine. Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan.

4. Iris (2009).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: imdb.com

Iris merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang berkisah tentang Kim Hyun-jun (Lee Byung-hun), seorang prajurit pasukan khusus Korea Selatan yang telah menjalani hidup dengan sedikit perhatian. Ia memiliki ingatan fotografi, kemampuan atletik terbaik, dan kemahiran menggunakan sebagian besar senjata api.

Namun, ia memiliki sedikit kesulitan untuk membedakan dirinya sebagai anggota NSS. Dengan asumsi nama kode "TK1" selama operasi, ia sering dipasangkan dengan saudara dan rekannya Jin Sa-woo. IRIS menampilkan pemisahan pemain antara karakter keturunan Korea Utara dan Korea Selatan. Serial ini mengeksplorasi ketegangan dan mentalitas di balik dua sisi konflik, baik perspektif Utara dan Selatan ditampilkan secara panjang lebar.

Plot berfokus pada pemain mengatasi manipulasi yang mereka hadapi di tingkat internasional, dan kadang-kadang mencoba untuk mendamaikan perbedaan mereka untuk melawan kejahatan yang lebih besar dari yang pernah diakui kedua belah pihak, membuat jalan bagi skenario di mana kesetiaan mereka ditekankan dan diuji.

5. All In (2003).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: imdb.com

All In merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang terinspirasi oleh kehidupan pemain poker profesional Jimmy Cha. Drama ini mengisahkan Kim In-ha (Lee Byung-hun) dan Su-yeon (Song Hye-kyo) yang jatuh cinta setelah tujuh tahun berlalu. Namun, mereka kemudian dipisahkan ketika In-ha dipaksa untuk berimigrasi secara ilegal ke AS.

Mereka kembali bertemu Su-yeon, dan keduanya berencana untuk menikah. Namun, pada hari pernikahan mereka, In-ha menderita luka tembak yang hampir fatal dan membuatnya koma selama 8 bulan. Tidak menyadari bahwa In-ha masih hidup, Su-yeon yang berduka kembali ke Korea.

In-ha akhirnya pulih, tetapi Jung-won (Ji Sung) campur tangan dengan mengatakan bahwa dia tidak layak untuk mencintai Su-yeon. In-ha memutuskan untuk mengubah hidupnya yang penuh kesengsaraan dan menjadi penjudi profesional. Dia bertemu mitra bisnis dan, mempertaruhkan semua yang dia miliki, kembali ke Korea untuk memenangkan kembali cinta Su-yeon.

6. Beautiful Days (2001).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: imdb.com

Beautiful Days merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang menjadi entri pertama dalam Trilogi Surga sutradara Lee Jang-soo, yang mencakup Stairways to Heaven (2003) dan Tree of Heaven (2006). Drama ini mengisahkan Lee Min-chul (Lee Byung-hun) yang baru saja kembali dari belajar di Amerika Serikat untuk mengambil peran aktif dalam bisnis musik ayahnya yang makmur, Victory Records.

Ternyata ayahnya (Lee Jung-gil) terlibat dalam praktik tidak etis di masa lalu, serta pembunuhan ayah dari saudara tiri Min-chul, Sun-jae (Ryu Si-won). Kemudian datang dua gadis dari panti asuhan, Yeon-soo (Choi Ji-woo) dan Se-na (Lee Jung-hyun), yang berbagi ikatan persaudaraan. Se-na mendapat inspirasi untuk menjadi bintang pop setelah kunjungan bos Victory Records di acara amal.

Tahun-tahun berlalu, dan kedua gadis itu tiba di Seoul untuk memulai kehidupan dewasa mereka. Namun, mereka terpisah. Yeon-soo menemukan pekerjaan bekerja di Victory Records dengan harapan suatu hari bertemu Se-na lagi dan terlibat dalam kehidupan saudara tiri, Min-chul dan Sun-jae.

Yeon-soo dan Min-chul membuat kesepakatan bahwa mereka akan saling membantu saudara kandung. Yeon-soo pindah ke rumah keluarga Min-chul sebagai tutor untuk adiknya Min-ji (Shin Min-a), dan Min-chul akan membantu Se-na mencapai mimpinya menjadi seorang penyanyi. Sebuah drama kompleks terungkap, Min-chul dan Sun-jae sama-sama jatuh cinta pada Yeon-soo. Yeon-soo memilih Min-chul, tetapi cinta mereka terancam oleh penyakit mematikan.

7. Happy Together (1999).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: imdb.com

Happy Together merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang berkisah tentang lima anak yang dipisahkan saat kematian orang tua mereka. Cinta, konflik, dan rekonsiliasi berhasil dilakukan saudara-saudara ini ketika mereka bertemu lagi sebagai orang dewasa. Seo Tae-poong (Lee Byung-hun), seorang pemain bisbol profesional yang rindu untuk membawa keluarganya kembali bersama.

Tae-poong yang baik hati telah mencari saudara laki-laki dan tiga saudara perempuannya untuk bertemu kembali. Kakak perempuan Tae-poong, Seo Chan-joo (Jo Min-su) telah mendukung adik-adiknya Moon-joo (Kang Sung-yeon), dan Ji-suk (Song Seung-heon), yang baru bertunangan dengan pacarnya Jin Soo-ha (Kim Ha-neul).

Ketika Tae-poong menemukan Chan-joo, Ji-suk dan Moon-joo, saudara-saudaranya yang terasing tidak mau berurusan dengannya. Terguncang karena kedinginan mereka, Tae-poong juga harus berurusan dengan seorang bocah lelaki berusia delapan tahun yang mengaku sebagai putranya.

Tidak tahu harus berbuat apa, Tae-poong meminta bantuan Chan-joo. Sementara itu, adik bungsu dari keluarga Seo Yoon-joo (Jun Ji-hyun) telah menemukan kakak laki-lakinya Tae-poong setelah detasemen 10 tahun tetapi kakaknya tidak dapat mengenalinya. Tae-poong tidak bisa mengungkapkan identitas aslinya yang patah hati.

8. White Nights 3.98 (1998).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: mydramalist.com

White Nights 3.98 merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang diadaptasi berdasarkan novel dengan judul sama karya Han Tae-hoon. Dalam drama ini, Lee Byung-hun tampil sebagai Min Gyeong-bin, agen Intelijen Pusat Korea dan mantan letnan satu Angkatan Udara. Selain itu, Choi Min-soo sebagai Kwon Taek-hyeong, mayor di Tentara Rakyat Korea, pasukan militer Korea Utara.

9. Asphalt Man (1995).

Drama Korea terbaik Lee Byung-hun berbagai sumber

foto: themoviedb.org

Asphalt Man merupakan drama Korea terbaik Lee Byung-hun yang mengisahkan Kang Dong-joon (Lee Byung-hun), seorang desainer mobil muda yang bermimpi untuk memulai perusahaan mobilnya sendiri di Korea. Dia mencoba untuk mendapatkan bantuan dari ayahnya (Park In-hwan), tetapi keluarganya dalam kesulitan keuangan.

Sementara itu, adik laki-lakinya Dong-seok (Jung Woo-sung) membenci ayah mereka, dan meninggalkan Korea untuk menjadi pembalap mobil di Amerika Serikat. Selain itu, saudara perempuannya Dong-hee (Lee Young-ae) juga melarikan diri ke AS setelah mengandung seorang anak yang dihasilkan dari hubungan dengan seorang tentara AS.