Brilio.net - Media sosial menjadi salah satu saluran terbesar yang digunakan banyak orang di berbagai belahan dunia. Melalui media sosial, semua orang bisa tahu informasi apa pun yang diinginkannya. Mulai dari informasi yang remeh temeh seperti cara membuat telur hingga persoalan besar seperti perang Ukraina dan Rusia akhir-akhir ini.

Walaupun begitu, media sosial juga bisa menjadi corong negatif menyebarnya berbagai berita hoax hingga perundungan yang tak kenal ampun. Seorang public figure bisa saja mengalami cancel culture setelah aibnya diketahui publik dan viral melalui media sosial. Karena itu, banyak sekali anjuran untuk menggunakan media sosial secara bijak dan dengan literasi digital yang memadai.

Drama Korea yang mengisahkan media sosial berikut ini merupakan gambaran bagaimana saluran tersebut digunakan, baik secara bijak maupun yang tidak. Drama ini menampilkan bagaimana pengguna media sosial bermain dengan bijak dan tidak saling merugikan. Hal ini mesti dilakukan agar informasi yang seharusnya tersebar dan diketahui publik luas tidak bias atau menjadi hal berbahaya bagi orang lain.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (27/2), berikut 9 rekomendasi drama Korea cerita media sosial, ajak jadi pengguna bijak.

1. The Moment the Heart Shines (2021).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: mydramalist.com

The Moment the Heart Shines merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang mengisahkan romansa para remaja melalui dunia digital. Dalam drama ini, menggambarkan kisah remaja di era digital dengan menggunakan media sosial populer untuk mengekspresikan dirinya. Mulai dari persoalan sehari-hari hingga persoalan tentang jatuh cinta di kalangan remaja SMA.

2. Bite Sisters (2021).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Bite Sisters merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang mengisahkan Han Yi-na, seorang vampire yang telah hidup selama 821 tahun lamanya. Ia merupakan vampire cantik yang populer dan memiliki banyak pengikut di sosial medianya.

Selain itu, ia juga berprofesi sebagai influencer yang memiliki usaha butik dan berpenampilan modis. Ia menggunakan media sosial untuk mengasah kreativitasnya dan mengambil pengaruh. Walaupun sudah lama hidup sebagai vampire, ia kerap merasakan ketidakadilan karena diperlakukan berbeda oleh para manusia di dunia nyata.

3. Shadow Beauty (2021).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Shadow Beauty merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang mengisahkan tokoh utama bernama Koo Ae-jin (Shim Dal-gi) yang tidak pernah dianggap cantik oleh standar kecantikan masyarakat. Ia pun menjalani kehidupan yang sangat menyedihkan. Sebagai siswa SMA, Ae-jin terus-menerus disiksa oleh teman-temannya. Bahkan orang asing di jalan seringkali menghina penampilannya.

Meskipun diintimidasi oleh hampir semua orang di sekitarnya, Ae-jin telah menemukan cara untuk mengatasinya. Memanfaatkan keahliannya berdandan dan mengedit foto, Ae-jin menjalani kehidupan rahasia sebagai Genie, seorang influencer media sosial yang sangat populer dengan lebih dari 770.000 pengikut. Namun suatu ketika, ia menerima pesan teks yang mengubah segalanya. Seseorang mengirim foto dirinya yang tidak tersentuh oleh riasan. Ae-jin menyadari seseorang mengetahui rahasia terdalamnya.

4. Love #Hashtag (2021).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Love #Hashtag merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang menceritakan kisah cinta antara pria dan wanita berusia 20-an hingga 30-an dengan berbagai fungsi SNS (media Sosial) seperti DM, Story, like, Comment, dan Hashtag. Kang Ji-hoon (Oh Chang-seok) adalah seorang pemilik kafe yang berusia 30-an dan masih tampan.

Sementara itu, Yoon So-ra (Shin Hye-jung), seorang wanita karier yang berprofesi sebagai asisten selebriti. Di sisi lain ada Lee Shi-woo (Han Seung-woo), cowok yang berusia 20-an dan terlibat dengan protagonis wanita berumur dua puluhan tahun, Kim Chae-ah (Chae Soo-ah).

5. The One and Only (2021).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Only and One Person merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang menceritakan tiga perempuan yang punya masalah dengan kesehatan mental mereka. Mereka dipertemukan di sebuah rumah sakit dan bersepakat untuk membunuh satu orang jahat sebelum mereka mati.

Seong Mi-do (Park Soo-young), seorang influencer media sosial yang telah didiagnosis dengan penyakit terminal dan dihadapkan dengan akhir dari kehidupan glamornya. Di balik penampilan luarnya yang cerah, dia menyembunyikan kesepian mendalam. Sementara Pyo In-sook seorang wanita karier dan Kang Se-yeon sebagai ibu rumah tangga biasa.

Mereka kemudian bertemu dengan seseorang yang terlibat dalam sebuah pembunuhan. Namun, alih-alih ingin membunuh orang yang dianggap jahat tersebut, mereka kemudian sadar bahwa laki-laki tersebut memberikan mereka kenyamanan. Bagi mereka, laki-laki tersebut telah membuat hidup mereka berharga.

6. Live On (2020).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Live On merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang mengisahkan Baek Ho-rang (Jung Da-bin), seorang siswa sekolah menengah, sedang populer di media sosial karena cantik dan berkelas. Namun, di sisi lain, sikap angkuh dan dingin secara pribadi membuatnya mendapatkan banyak pembenci. Suatu hari, dia mendengar pesan aneh dari pengirim anonim yang sedang dibacakan di radio sekolah. Pesan itu mengingatkannya pada episode traumatis pada masa lalunya yang dia rahasiakan dari semua orang.

Pesan dari akun anonim tersebut juga mengancam akan memerasnya dan mengungkapkan rahasia masa lalunya kepada publik. Karena itu, Ho-rang memutuskan pada menit terakhir untuk bergabung dengan klub penyiaran, yang dipimpin oleh Go Eun-taek (Hwang Min-hyun) yang perfeksionis dan disiplin waktu untuk melacak orang yang mencoba memfitnah dan mencemarkan nama baiknya.

7. Search: WWW (2019).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Search: WWW merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang berkisah tentang tiga wanita berusia akhir tiga puluhan, Bae Ta-mi, Cha Hyeon, dan Song Ga-kyeong yang bekerja di dua perusahaan portal web kompetitif teratas: Unicon dan Barro. Mereka bertiga dikenal sebagai pekerja yang cemerlang di masing-masing perusahaan.

Namun, kecemerlangan karier tersebut melahirkan beragam intrik dan mulai mengganggu kehidupan pribadinya. Selain itu, kehidupan romantis yang bertemu satu sama lain membuat kehidupan mereka saling terhubung walaupun bekerja di dua perusahaan yang saling bersaing.

Selain mengisahkan tentang persaingan dunia bisnis, drama ini juga bagaimana seseorang menggunakan media sosial sebagai hal dibutuhkan. Drama ini menggambarkan bagaimana media sosial bisa berguna untuk banyak hal dan digunakan secara bijak oleh penggunanya.

8. 29gram (2017).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

29gram merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang berkisah tentang kehidupan dan cinta dari empat orang paling berpengaruh di sebuah media sosial salah satunya adalah seorang bernama Choi Soujung (Gu Jae-yi). Dia merupakan ratu SNS/selebriti dunia maya. Namun, karakter utama dalam serial ini adalah Yoojin diperankan oleh Song Ji-hyo yang merupakan sahabat Soujung.

9. 20th Century Boy and Girl (2017).

drama Korea media sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

20th Century Boy and Girl merupakan rekomendasi drama Korea cerita media sosial yang mengisahkan tentang empat orang sahabat yang dipertemukan sejak sekolah menengah. Gong Ji-won, Sa Jin-jin, Han A-reum dan Jang Young-sim. Sa Jin Jin adalah seorang artis Korea papan atas dengan wajah cantik dan tubuh yang seksi. Ia dikenal oleh banyak orang melalui media sosial yang dimilikinya. Walaupun komentar negatif sering ditemui di setiap postingannya, ia tak ambil pusing dengan hal itu. Ia fokus bekerja dan tentang cinta remaja yang tak bisa dilupakannya.

Sementara Gong Ji-won adalah seorang pengusaha sukses rendah hati. Keduanya pun sempat menjalani cinta monyet pada masa remaja dan putus karena Gong Ji-won pindah ke luar negeri. Waktu terus berjalan, Gong Ji-won dan Sa Jin-jin kembali bertemu, kisah cinta mereka pun kembali dimulai.

(brl/tin)