Brilio.net - Drama Korea detektif selalu menampilkan penyelidikan mengagumkan saat mengungkap kasus-kasus besar. Dari sekian banyak drama Korea tentang detektif, ada beberapa di antaranya yang mengisahkan para detektif yang mempunyai kemampuan supranatural.

Kemampuan supranatural tersebut merupakan kemampuan yang amat berbeda dari orang biasa atau bahkan dengan orang yang sama-sama detektif umumnya. Kemampuan tersebut didapatkan melalui peristiwa-peristiwa ganjil yang dialami oleh detektif tersebut.

Tidak hanya itu, seperti halnya drama Korea detektif lainnya, drama-drama ini juga menampilkan hal-hal menegangkan berbau action-thriller, dan bahkan komedi.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (28/2), berikut 9 drama Korea detektif supranatural, operasi ajaib di Showtime Begins!.

1. Showtime Begins!

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Showtime Begins! merupakan drama Korea detektif supranatural yang mengisahkan Cha Cha-woong (Park Hae-jin), seorang pesulap sekaligus memiliki majikan hantu. Suatu hari, Cha-woong bertemu dengan Go Seul-hae (Jin Ki-joo), seorang polisi yang dikenal sebagai pekerja keras dan punya kekuatan gaib.

Mereka kemudian bekerja sama untuk mengungkapkan berbagai kasus kriminal dengan operasi ajaib yang menggunakan kekuatan mereka masing-masing. Kerja sama tersebut membuat mereka seperti pasangan yang cocok dan menampilkan berbagai adegan kocak. Showtime Begins! direncanakan akan tayang pada 4 Maret 2022 di MBC dan VIU.

2. Voice (2021).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

Voices merupakan drama Korea detektif supranatural yang mengisahkan aktivitas call center 112 pusat panggilan darurat dan anggota tim pengiriman saat mereka melawan kejahatan menggunakan suara yang mereka dengar. Drama ini penuh teka-teki yang membuat para penontonnya berpikir lebih keras dan sama-sama mengidentifikasi siapa pelaku kejahatan sebenarnya.

Melalui dua pekerja call center, detektif dan para polisi mulai melacak kasus pembunuhan yang informasinya mereka dapatkan dari call center. Kang Kwon-joo (Lee Ha-na), seorang polisi wanita tangguh berbakat dengan keterampilan psiko-akustik sempurna dan memilih profil suara. Kemampuan tersebut membuatnya seperti punya kekuatan supranatural. Drama ini menampilkan adegan menegangkan dan penuh misteri. Selain itu, drama yang sudah berlangsung selama empat sisi ini menjadi salah satu drama Korea action yang paling menarik.

3. Tell Me What You Saw (2020).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

Tell Me What You Saw merupakan drama Korea detektif supranatural yang mengisahkan Oh Hyun-jae (Jang Hyuk), seorang polisi bagian kriminal yang harus kehilangan tunangannya dalam sebuah ledakan bom yang dibuat oleh seorang pembunuh berantai. Ketika seorang detektif dan timnya mulai menyelidiki, mereka bertemu dengan seorang petugas polisi dari negara tersebut.

Cha Soo-young (Choi Soo-young) memiliki memori fotogenik yang terbukti berguna untuk melacak para pelaku pembunuhan layaknya sebuah kekuatan supranatural. Dia diperkenalkan ke Hyun-jae untuk membantunya bekerja secara rahasia untuk mengungkap misteri di balik orang yang membunuh tunangannya.

4. Memorist (2020).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

Memorist merupakan drama Korea detektif supranatural yang diadaptasi dari Webtoon karya Jae Hoo dengan judul yang sama. Dalam drama ini, Dong Baek (Yoo Seung-ho) dikisahkan memiliki kemampuan untuk membaca ingatan orang dengan sentuhan. Selain kekuatan supranatural itu, ia juga menjadi seorang detektif yang berdedikasi.

Sebagai seorang anak muda, Dong Baek kehilangan setiap bagian dari ingatannya kecuali pembunuhan ibunya. Pada hari tersebut, serangkaian pembunuhan brutal membawanya untuk bekerja sama dengan unit kriminal di kepolisian. Saat Dong Baek bersama tim menemukan pelakunya, masa lalu para pembunuh tersebut terungkap.

5. Rugal (2020).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

Rugal merupakan drama Korea detektif supranatural yang menceritakan kisah Kang Gi-beom (Choi Jin-hyuk), seorang perwira polisi elit yang berusaha menjatuhkan salah satu organisasi kriminal terbesar Korea Selatan, Argos. Sebagai pembalasan atas usaha tersebut, istri Gi-beom dibunuh oleh pembunuh bayaran yang dikirim oleh Argos. Gi-beom kemudian dibutakan dan dijebak atas pembunuhan tersebut.

Kang Gi-beom kemudian direkrut oleh NIS untuk bergabung dengan satuan tugas khusus yang dikenal sebagai "Rugal", yang anggotanya dilengkapi dengan bioteknologi yang memberi mereka kemampuan supranatural. Setelah menerima dua bola mata buatan untuk mendapatkan kembali penglihatannya, Kang Gi-beom berangkat untuk membersihkan namanya dan membawa mereka yang bertanggung jawab atas kematian istrinya ke pengadilan.

6. The Zombie Detective (2020).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

The Zombie Detective merupakan drama Korea detektif supranatural yang mengisahkan Kim Moo-young (Choi Jin-hyuk), zombi yang bangkit dan menjadi seorang detektif untuk masa lalunya sendiri. Ia berusaha sekuat tenaga menjadi seperti manusia umumnya yang hidup berdampingan.

Selain itu, ia juga berusaha mencari kehidupan masa lalunya setelah 2 tahun menjadi zombi. Dengan gaya yang khas, ia pun tampak layaknya seorang detektif yang punya kekuatan supranatural.

7. Children of Lesser God (2018).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

Children of Lesser God merupakan drama Korea detektif supranatural yang mengisahkan dua detektif yang bekerja sama untuk mengungkap korupsi di balik tragedi yang terjadi dalam sebuah organisasi yang kuat. Kang Ji-hwan sebagai Cheon Jae-in, seorang detektif elit dan jenius yang hanya dipandu oleh fakta, logika, dan angka. Ia akan bekerja sama dengan Kim Ok-vin sebagai Kim Dan, seorang detektif pemula yang berhati hangat yang memiliki kemampuan supernatural untuk melihat kematian. Duet penyelidikan tersebut menjadi sebuah operasi menegangkan dan drama ini action yang meyakinkan.

8. The Vampire Detective (2016).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

The Vampire Detective merupakan drama Korea detektif supranatural yang mengisahkan Yoon San (Lee Joon) yang bekerja sebagai detektif swasta dengan temannya untuk memecahkan sebuah kasus. Suatu hari, Yoon San berubah menjadi vampir dan dia tidak tahu mengapa. Saat menjadi vampir, Yoon Joon menggunakan kemampuannya untuk memecahkan lebih banyak kasus.

Alur cerita berkisar pada saat Yoon Joon menggunakan kemampuannya untuk mencoba dan mengungkap masa lalunya dan mengapa dia berubah. Drama Korea The Vampire Detective ini hanya memiliki 12 episode dan berhasil menghadirkan cerita yang mendebarkan.

9. Cheo-yong (2014-2015).

Drama Korea detektif supranatural berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheo-yong merupakan drama Korea detektif supranatural yang mengisahkan Oh Ji-ho sebagai Yoon Cheo-yong, seorang detektif yang kehilangan keluarga dan pasangannya dalam sebuah insiden tragis. Dia beralih dari detektif elite di unit kejahatan kekerasan menjadi polisi distrik rendahan dan benar-benar terlepas dari kehidupannya selama tujuh tahun.

Ia kemudian terlahir dengan kemampuan supranatural yang mampu melihat, mendengar, dan menyentuh hantu. Suatu hari, Cheo-yong mulai berbicara kembali dengan hantu siswi yang terus menghantuinya dan anehnya, ia berkomunikasi dengan mayat hidup. Momen itulah yang membawanya kembali ke tanah kehidupannya sehari-hari. Dia mulai menangani kasus-kasus misterius dengan rekannya Ha Sun-woo, dengan bantuan tambahan dari "tanda-tanda kematian" yang ditinggalkan oleh jiwa para korban.

(brl/guf)