Brilio.net - Film Korea detektif selalu berhasil memacu adrenalin dengan berbagai adegan penuh dramatis. Selain itu, film-film tersebut hadir dengan berbagai adegan aksi, seperti kejar-kejaran, saling baku hantam, hingga proses penyamaran yang sulit sekali diketahui.

Selain itu, film Korea detektif selalu menampilkan berbagai teka-teki yang menjadi premis awal dari setiap cerita. Teka-teki tersebut kemudian menggerakan para karakter utama untuk memecahkan kasus hingga proses penyelesaian.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (4/2), berikut 13 film Korea detektif menegangkan, Mission: Possible dramatis banget.

1. Mission: Possible (2021).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Mission: Possible merupakan film aksi komedi yang mengisahkan agen rahasia MSS Cina pemula Yoo Da-hee (Lee Sun-bin ) saat ia melakukan misi pertamanya: mengumpulkan intelijen yang bisa melakukan penyelundupan senjata api ilegal ke Korea. Detektif swasta dan mantan agen rahasia Woo Soo-han (Kim Young-kwang) terlibat dalam kasus ini.

Namun, karena kurang pengalaman dan kecanggungannya, dia bertengkar karena masalah kecil dengan Da-hee. Hal-hal yang sudah mereka lakukan menjadi rumit ketika saksi mereka dibunuh dan mereka berdua menjadi tersangka utama. Film ini menjadi salah satu film ke-11 yang terlaris di Korea Selatan.

2. Salvation (2021).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Salvation berkisah tentang Choi Seok-jae, seorang detektif yang tidak yakin dengan kasus bunuh diri seorang wanita bernama Jin-Sook. Mayat tersebut ditemukan di sebuah danau dan polisi menganggapnya sebagai kasus bunuh diri. Seok-jae tak percaya dengan kesimpulan polisi dan membuatnya untuk memutuskan menyelidiki kasus itu sendiri.

Suatu malam, dia mengalami kecelakaan mobil dan tidak sadarkan diri. Ketika terbangun, dan menemukan dirinya di aula doa yang aneh. Ia melihat orang-orang berdoa dengan sungguh-sungguh untuk keselamatan dan menemukan bahwa seorang pria bernama Ban Hyo-Jung memimpin mereka. Kebenaran mengejutkan tentang kematian Jin-sook terungkap saat Choi Seok-jae menggali lebih dalam dan mengetahui lebih banyak tentang tempat dia berada, serta ritual aneh yang diadakan oleh orang-orang yang mengunjungi aula.

3. Extreme Job (2019).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Extreme Job berkisah tentang sekelompok detektif mencoba menangkap sekelompok penjahat yang terorganisir dengan baik. Karena itu, para detektif tersebut kemudian menyamar menjadi seorang pengusaha kedai restoran ayam.

Namun, hal yang tak pernah duga adalah kedai ayam tersebut malah laris manis dan upaya menangkap penjahat menjadi tidak fokus lagi. Dipenuhi dengan dialog-dialog kocak, film ini berhasil menampilkan kekonyolan para karakternya.

4. Dark Figure of Crime (2018).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Dark Figure of Crime merupakan film yang terinspirasi oleh episode ke-869 dari Unanswered, sebuah program televisi investigasi Korea Selatan, yang menceritakan kisah nyata yang terjadi di Busan. Dalam program tersebut diceritakan bahwa pembunuhan tidak pernah dilaporkan, mayat tidak pernah ditemukan, dan investigasi tidak pernah terjadi.

Film ini mengisahkan Kim Hyung-min, seorang detektif Busan yang tidak peduli dengan promosi jabatan di kepolisian, tetapi punya dedikasi tinggi untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya. Suatu waktu, ia bertemu Kang Tae-oh, seorang informan yang ternyata membawa Hyung-min pada sebuah kasus pembunuhan korban tanpa identitas.

5. Forgotten (2017).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Forgotten mengambil cerita tentang ketidakmampuan seseorang untuk menentukan kenyataan yang dialaminya dari kebohongan baru yang sudah dilakukan. Seorang pemuda pindah ke rumah baru bersama orang tua dan kakak laki-lakinya pada 1997. Suatu malam, ia menyaksikan saudaranya diculik dan hilang selama 19 hari.

Saudaranya tersebut kemudian secara tiba-tiba muncul kembali, tetapi sebagai orang yang berbeda. Namun, saat ia menyadari bahwa dirinya dalam keadaan bahaya, ia kemudian sadar bahwa ia bukan lagi ada di tahun 1997, melainkan berada di masa depan pada 2017. Setelah mengalami berbagai kebingungan, ia segera mencari tahu apa yang sedang menimpanya.

6. The Outlaws (2017).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Outlaws merupakan sekuel pertama dari film The Roundup yang akan tayang pada 2022 ini. Film yang dibintangi Ma Dong-seok atau Don Lee berkisah tentang sebuah peristiwa nyata yang terjadi pada 2004 dan 2007 hingga kemudian dikenal dengan Insiden Heuksapa.

Film ini mengisahkan pertarungan antara geng lokal dan seorang detektif yang sudah lama mengincar gangster tersebut. Film ini direncanakan akan segera rilis pada paruh kedua 2022 ini.

7. Phantom Detective (2016).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Phantom Detective berkisah tentang Hong Gil-Dong, seorang agen detektif ilegal yang bekerja sama dengan Presiden Hwang. Mereka berdua bekerja sama untuk menjatuhkan orang jahat yang pernah dikendalikan oleh mendiang ayah Presiden Hwang. Gil-Dong mampu melacak hampir semua orang, kecuali Kim Byeong-duk yang bisa menghindarinya selama 20 tahun.

Byeong-duk merupakan orang yang membunuh ibu Gil-Dong saat Gil-Dong sendiri masih berumur 8 tahun. Sejak saat itu, ia terus memburu Byeong-duk sampai kapan pun di tengah kesibukannya untuk melakukan misi yang diperintahkan oleh Presiden Hwang.

8. The Accidental Detective (2015).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Accidental Detective berkisah tentang Dae-man (Kwon Sang-Woo) dan Detektif Senior Noh (Sung Dong-Il) yang dituduh telah bersekongkol dengan pembunuh teman mereka sendiri. Hal ini kemudian membuat kedua orang ini jengkel dan melakukan investigasi sendiri.

Saat mereka menyelidiki kasus tersebut, tiba-tiba kasus pembunuhan kedua terjadi lagi. Dae-Man dan Senior Noh berusaha mengungkapkan siapa pelaku sebenarnya.

9. Man On High Heels (2014).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Man On High Heels berkisah tentang Yoon Ji-wook, seorang detektif yang mampu mengungkapkan banyak kasus pembunuhan dan dikenal sebagai orang yang tanpa tedeng aling-aling dengan para penjahat. Namun, di balik penampilannya yang keren dan macho terdapat rahasia yang harus disembunyikan dari dunia tempat dia tinggal. Ji-wook terlahir sebagai laki-laki, dan dia ingin menjalani hidupnya sebagai seorang wanita sejak masa remajanya.

Ji-wook mencoba untuk menekan keinginan batin ini, tetapi sia-sia. Ji-wook akhirnya mencapai titik di mana dia tidak bisa lagi menyembunyikan siapa dia sebenarnya, dan memutuskan untuk mengambil risiko dan mendapatkan operasi penegasan gender. Belum sempat melakukannya, krisis tak terduga muncul dan mengganggu rencananya.

10. Cold Eyes (2013).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Cold Eyes menceritakan tentang sebuah tim pengawas polisi berteknologi canggih, mencoba melumpuhkan sekelompok perampok bank yang kejam. Dalam film ini, Detektif Hwang menjadi pimpinan operasi kepolisian bersama Yoon-joo dengan kemampuan observasi dan hafalannya.

Detektif Hwang dan Yoon-joo bertugas untuk mengalahkan kelompok kriminal James. Namun, para detektif tersebut kemudian menghadapi masalah ketika para kelompok kriminal menggunakan topeng saat merampok bank. Berkat sebuah sebuah teknologi canggih, pihak kepolisian bisa melacak wajah-wajah yang terlibat dalam perampokan.

11. Children (2011).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Children mengisahkan lima orang anak yang pergi ke Gunung Waryong pada 26 Maret 1991 untuk menangkap katak. Namun, mereka tak pernah kembali dan dinyatakan hilang tanpa jejak. Sebelas tahun kemudian, pada 2002, tulang-tulang yang diidentifikasi sebagai anak-anak yang hilang dahulu, ditemukan di gunung yang sama.

Sejak penemuan tersebut, pihak kepolisian memutuskan untuk menyelidikinya. Pihak detektif kepolisian menyatakan bahwa pada malam anak-anak tersebut menghilang, ada seorang pemuda misterius yang juga naik ke gunung tersebut. Pemuda tersebut kemudian ditangkap dan hampir melarikan diri. Film thriller detektif ini berhasil memotret sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi di Korea Selatan.

12. I Saw the Devil (2010).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

I Saw The Devil merupakan film thriller-kriminal yang tampil seperti film horor. Film ini mengisahkan ketika Kim Soo-hyun (Lee Byung-hun), seorang detektif yang mengetahui bahwa istrinya telah disiksa dan dibunuh oleh Jang Kyung-chul (Choi Min-sik) seorang pembunuh berantai gila. Soo-hyun kemudian berangkat untuk membalas dendam.

Setelah mengetahui pembunuh istrinya tersebut, Soo-hyun tampil dengan drama panjang dan juga brutal. Soo-hyun menangkap si pembunuh, menyiksa, dan kemudian melepaskannya kembali hanya untuk memulai proses dari awal lagi. Soo-hyun mengulangi hal tersebut sampai dirinya puas.

13. The Chaser (2008).

Film Korea detektif menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Chaser berkisah tentang Eom Joong-hoo, mantan detektif yang berubah profesi sebagai mucikari. Awalnya, bisnis tersebut berjalan lancar. Namun, pada suatu waktu ia mengalami kerugian yang besar karena para gadis yang menjadi anak buahnya menghilang tanpa sempat melunasi utang mereka.

Di suatu malam, ia mendapat panggilan telepon dari seorang pelanggannya. Dikarenakan sudah tidak mempunyai persediaan stok gadis lagi, Joong-hoo mengutus Mi-jin yang sebenarnya sedang sakit. Mi-jin yang tengah dilanda kesulitan finansial, mau tidak mau menanggapi permintaan sang mucikari, demi menghidupi anaknya, ia mengesampingkan sakit yang dideritanya.

Konflik mulai meningkat kala Joong-hoo mulai menyadari bahwa nomor telepon sang pelanggan merupakan nomor yang sama dengan nomor terakhir yang diterima sebelum para gadis anak raib tanpa jejak. Khawatir dengan keselamatan Mi-jin, sang mucikari memutuskan penyelidikan, dan berhasil meringkus Jae Yeong-min yang dicurigai sebagai pelakunya.

Namun, justru berawal dari penangkapan itulah, sang mantan polisi justru bakal menghadapi kasus kriminal paling pelik dalam hidupnya. Selain harus menemukan keberadaan Mi-jin, ia akan berhadapan dengan sosok pembunuh berantai paling sadis yang pernah ditemuinya.