Brilio.net - Film Korea menghadirkan berbagai kisah menarik, termasuk soal cerita yang memuat fiksi ilmiah. Film Korea tersebut hadir dengan berbagai latar cerita dan premis menarik sehingga bisa membuat siapa pun penasaran.

Selain itu, film-film tersebut tampil dengan berbagai adegan, mulai aksi, romantis dan bahkan komedi satire. Film Korea fiksi ilmiah tersebut tak hanya menampilkan berbagai cerita, tetapi turut membuat para penontonnya ikut berpikir atas apa yang menjadi premis film.

Film Korea kisah fiksi ilmiah tersebut menjadi tontonan menarik dengan berbagai prediksi yang sering kali jauh dari realitas manusia hari ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (2/2), berikut 11 film Korea kisah fiksi ilmiah, ekspedisi antariksa di Space Sweepers.

1. Space Sweepers (2021).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Space Sweepers menjadi salah satu film Netflix yang menempati puncak teratas di beberapa negara. Film yang disutradarai Jo Sung-hee ini berlatar tahun 2092 yang mengisahkan saat bumi tak dikenal lagi oleh manusia.

Hal ini kemudian membuat sebuah perusahaan teknologi bernama UTS yang didirikan oleh James Sullivan (Richard Armitage) menciptakan rumah orbit baru yang dinamakan Distrik Pemukiman UTS, untuk ditempati manusia di luar angkasa. Film ini dianggap sebagai blockbuster luar angkasa Korea pertama yang berhasil dirilis.

2. Seo Bok (2020).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah sempat hiatus selama dua tahun dari dunia film layar lebar Korea, Gong Yoo kembali hadir pada 2021 dengan mengawalinya bermain dalam film Seo Bok. Dalam film ini, Gong Yoo berperan sebagai Min Gi-heon, seorang mantan agen badan intelijen dan Seo Bok (Park Bo-gum), seorang klon manusia pertama yang dibuat melalui kloning sel induk dan rekayasa genetika.

Seo Bok merupakan makhluk yang memiliki rahasia untuk hidup kekal. Namun, karena hal itu pula, Seo Bok ada dalam keadaan berbahaya dan banyak orang ingin menguasai kekuatannya. Film ini berhasil menjadi film ke-13 terlaris selama 2021 di Korea Selatan dna meraih 385.409 penonton.

3. Illang: The Wolf Brigade (2018).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Illang: The Wolf Brigade merupakan film live action yang diangkat dari film animasi Jepang Jin-Roh: The Wolf Brigade. Film ini berlatar tahun 2029 ketika Korea Selatan dan Korea Utara mempersiapkan penyatuan diri dalam satu pemerintahan setelah depresi ekonomi yang parah menghantam kedua negara.

Polisi Korea Selatan meluncurkan unit khusus, yang dikenal sebagai "Illang" (Brigade Serigala), sebagai tanggapan atas munculnya pemberontakan domestik anti-reunifikasi yang disebut "Sekte". Polisi tersebut bukan lagi seperti polisi biasa, melainkan menjadi seperti tentara yang bertanggung jawab ketika ada serangan musuh.

4. Lucid Dream (2017).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Lucid Dream mengisahkan Choi Dae-ho (Go Soo) yang berusaha mencari anaknya yang sudah diculik secara misterius tiga tahun sebelumnya. Ketika pencariannya di dunia nyata tidak berhasil, Choi Dae-ho berusaha untuk menggunakan lucid dream untuk mencari anaknya.

Choi Dae-ho dibantu seorang detektif dan psikiater untuk berusaha masuk ke dunia mimpi untuk melihat kembali awal mula insiden tersebut.

5. Okja (2017).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Okja berkisah tentang Mija yang berjuang untuk merawat binatang besar bernama Okja di sebuah pegunungan yang asri. Suatu ketika, Okja tiba-tiba hilang dan Mija berusaha untuk menemukan binatang kesayangannya tersebut. Mija kemudian terlibat konflik dengan sebuah perusahaan raksasa yang ingin membunuh dan memanfaatkan Okja hanya sebagai bahan ekspor ke luar negeri.

6. Collective Invention (2015).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Collective Invention mengisahkan Park Gu yang menjadi kelinci percobaan dalam sebuah eksperimen medis. Park Gu kemudian bermutasi menjadi manusia ikan akibat efek samping dari obat eksperimental yang diminumnya.

Lee Chun-hee, seorang reporter di sebuah media kemudian menggali kebenaran di balik kasus yang ia temukan dari internet tersebut. Sejak saat itu, Park Gu yang masih merahasiakan identitasnya menjadi seorang terkenal dan menjadi manusia ikan satu-satunya di Korea Selatan.

7. 11: 00 AM (2013).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

11: 00 AM berkisah tentang Woo-seok seorang peneliti yang mengajak Young-eun, asistennya melakukan percobaan perjalanan menembus waktu. Mereka berhasil tiba di masa depan hanya untuk mengetahui bahwa fasilitas dan rekan kerja mereka telah diserang.

Dengan rekaman kamera pengintai sebagai satu-satunya petunjuk, mereka harus menyelidiki selama 24 jam ke depan kejadian misterius yang terjadi di lab, mencari tahu apa yang terjadi selama satu hari terakhir dan kembali ke masa lalu untuk mencegahnya

8. Snowpiercer (2013).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Snowpiercer merupakan kisah ketika di masa depan, sebuah experiment perubahan iklim gagal, membunuh seluruh kehidupan di planet ini, kecuali beberapa orang yang menaiki Snowpiercer, sebuah kereta api yang mengelilingi seluruh dunia.

Film ini berdasarkan novel fiksi iklim grafis Prancis Le Transperceneige karya Jacques Lob, Benjamin Legrand, dan Jean-Marc Rochette .

9. Doomsday Book (2012).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Doomsday Book awalnya disusun sebagai film antologi tiga bagian yang disutradarai oleh Kim Jee-woon, Yim Pil-sung, dan Han Jae-rim. Film ini secara bergantian menceritakan tiga kisah unik penghancuran diri manusia di era teknologi tinggi modern, sambil menampilkan bentuk alternatif kemanusiaan dan kasih sayang yang tulus.

A Brave New World adalah sindiran politik tentang wabah zombie yang viral; Makhluk Surgawi berfilsafat tentang apakah robot dapat mencapai pencerahan; dan di Selamat Ulang Tahun ikatan keluarga yang disfungsional di tengah-tengah kiamat.

10. Sector 7 (2011).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Sector 7 berkisah tentang Cha Hae-joon yang menjadi manajer peralatan dari tim eksplorasi minyak rig di Sektor 7 di selatan Pulau Jeju. Ia bergabung bersama Kapten Lee Jeong-man.

Eksplorasi tersebut dilakukan dengan hati-hati sekali. Mereka tak mau mengambil risiko yang menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Namun, ketika Hae-joon mulai menyelam di bawah air, kru lain yang ada di kapal mulai mati secara misterius. Hae-joon kemudian menyadari bahwa monster bawah laut sedang mengintai kapal yang mereka tumpangi.

11. Haunters (2010).

Film Korea kisah fiksi ilmiah berbagai sumber

foto: imdb.com

Haunters berkisah tentang Im Kyu-nam yang baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah pegadaian bernama Utopia. Suasana kantor barunya tersebut membuatnya senang dan Jung-sik sebagai bosnya pun senang dengan pembawaan Kyu-nam. Selain itu, Yeong-sook, putri Jung-sik juga sering ada di kantor tersebut.

Namun, momen menyenangkan tersebut berubah setelah Cho-in, seorang perampok yang bisa mengendalikan pikiran orang lain datang ke pegadaian tersebut. Sejak kedatangan tersebut, Kyu-nam sadar bahwa ia punya kemampuan luar biasa dan terhindar dari kendali jahat Cho-in. Cho-in pun mengejar Kyu-nam dan aksi kejar-kejaran pun dimulai.

(brl/guf)