2. Juror 8 (2019).

film Korea terbaik tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Juror 8 merupakan film Korea terbaik tentang hukum yang mengisahkan delapan orang juri yang terdiri orang-orang awam dan berasal dari berbagai latar belakang serta usia. Mereka diikutsertakan dalam pengambilan keputusan sebuah kasus. Mereka menghadapi sebuah kasus seorang anak laki-laki membunuh ibunya demi mendapatkan uang dan semua faktor mengarahkannya pada keputusan bersalah. Juror 8 berhasil meraih skor 8,4 di Mydramalist.

3. Innocent Witness (2019).

film Korea terbaik tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Witness merupakan film Korea terbaik tentang hukum yang berkisah tentang Soon-ho, seorang pengacara yang sedang menangani kasus pembunuhan yang menimpa seorang pembantu rumah tangga, Mi-ran. Mi-ran dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap majikannya. Padahal, Mi-ran mengaku bahwa dirinya menemukan majikannya tersebut di kamarnya sendiri.

Satu-satunya saksi dalam kasus ini adalah seorang siswa SMA berkebutuhan khusus (autis) bernama Ji-woo. Soon-ho berusaha untuk menyakinkan Ji-woo untuk bisa hadir dalam persidangan sebagai saksi. Soon-ho pun berteman dengan Ji-woo dan berhari-hari berkomunikasi dengannya untuk membuktikan kesaksiannya. Innocent Witness berhasil meraih skor 8,5 di Mydramalist.

4. New Trial (2017).

film Korea terbaik tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

New Trial merupakan film Korea terbaik tentang hukum yang mengisahkan cerita pilu yang dialami oleh Jo Hyun-woo setelah melihat pembunuhan seorang sopir taksi. Alih-alih menjadi saksi dalam kasus tersebut, Hyun-woo malah dituduh melakukan pembunuhan tersebut.

Joon-ho terpaksa mengakui pembunuhan yang tidak pernah ia lakukan karena dianiaya polisi. Ia pun divonis 10 tahun penjara. Setelah menjalani 10 tahun di penjara, Joon-ho pun bertemu Lee Joon-young, seorang pengacara yang banyak utang untuk membersihkan namanya di mata hukum. Film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata kasus pembunuhan Iksan yang membuat seorang remaja laki-laki menjadi tersangka pembunuhan. New Trial berhasil meraih skor 8,2 di Mydramalist.

5. A Violent Prosecuto (2016).

film Korea terbaik tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

A Violent Prosecuto merupakan film Korea terbaik tentang hukum yang mengisahkan Byun Jae-Wook (Hwang Jung-min), seorang jaksa pemarah yang hanya mengejar kebenaran. Dia terkenal karena penyelidikannya yang kasar dan sulit. Seorang tersangka yang merupakan penjahat kecil, di bawah interogasi Byun Jae-Wook, kemudian ditemukan tewas. Semua bukti menunjukkan Byun Jae-Wook sebagai penjahat. Byun Jae-Wook dituntut dan mendapat 15 tahun penjara.

Lima tahun kemudian, Byun Jae-Wook bertemu penipu muda Chi-Won ( Gang Dong-won ), di penjara. Chi-Won tahu detail tentang kasus Byun Jae-Wook. Byun Jae-Wook melatih Chi-Won untuk melaksanakan rencananya di luar penjara. Menggunakan pengetahuannya sebagai mantan jaksa, dia membebaskan Chi-Won. Byun Jae-Wook menyiapkan serangan balik pada orang-orang yang menjebaknya. A Violent Prosecutor berhasil meraih skor 8 di Mydramalist.