Brilio.net - Film Korea terbaik tentang agen rahasia banyak mengisahkan para spionase dari Korea Utara yang melakukan sebuah misi penyelidikan ataupun pembunuhan berencana di Korea Selatan. Film tersebut menampilkan berbagai pertarungan yang melibatkan agen rahasia yang punya kemampuan tingkat tinggi dalam penyamaran.

Film Korea terbaik tentang agen rahasia hadir dengan intrik politik antara kedua negara Korea yang hingga kini masih kuat. Film ini juga menampilkan bagaimana jika para agen rahasia tersebut terjebak dalam kondisi yang sangat tidak menguntungkan bagi misi mereka.

Selain itu, film ini juga dipenuhi dengan baku hantam adegan laga. Karena itu, film Korea terbaik tentang agen rahasia ini tak kalah saing dengan berbagai film agen rahasia lainnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/2), sembilan film Korea terbaik tentang agen rahasia, penuh intrik dan baku hantam.

1. Part-Time Spy (2017).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

Part-Time Spy merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang mengisahkan Jang Young-shil, mantan pekerja kontrak agen keamanan nasional yang bekerja sama dengan Na Jung-an, seorang polisi wanita dan sekaligus menjadi detektif nyentrik.

Mereka melakukan misi bersama dan menyamar sebagai agen rahasia untuk melakukan infiltrasi untuk memulihkan uang klien mereka yang dicuri melalui phishing suara. Selain menampilkan berbagai adegan aksi, film ini pun memuat berbagai hal konyol yang bisa membuat siapa pun tertawa.

2. Assasination (2015).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

Assassination merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang mengisahkan peristiwa pembunuhan yang terjadi pada 1930-an, saat Korea Selatan masih diduduki oleh Jepang. Saat itu, Yeom Seok-jin yang diperankan Lee Jung-jae, seorang pemberontak Jepang, sedang merencanakan pembunuhan terhadap sekelompok orang pro-Jepang.

Ia pun menugaskan An Ok-yoon yang diperankan oleh Jun Ji-hyun yang jago menembak, dibantu oleh Saksopo (Cho Jin-wooong) dan Hwang Deok-sam (Choi Duk-moon) sebagai agen rahasia. Rencana ini pun nantinya akan dilancarkan kepada penguasa Jepang yang sudah lama menjajah Korea dan sebagai tanda bahwa kemerdekaan Korea harus segera dilaksanakan.

3. New World (2013).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

New World merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang mengisahkan penyusupan Lee Ja-Sung (Lee Jung-jae), seorang perwira polisi yang menyamar sebagai pegawai yang bekerja di Goldmoon International, sindikat kejahatan korporasi terbesar di Korea Selatan. Penyamaran tersebut ia lakukan selama 8 tahun dengan segala macam risiko yang sudah dialaminya.

Chief Kang (Choi Min-sik), atasannya di kepolisian berjanji akan memindahkannya segera dari tempat tersebut. Namun, Kang menunda rencana tersebut dan Ja-Sung marah. Ja-Sung pun mengancam untuk keluar dari kepolisian.

Namun, ancaman tersebut berbalik ancaman lain dari Kang yang mau membocorkan identitas Ja-Sung sebenarnya kepada para sindikat yang dapat membuatnya mati di tempat tersebut. Sebuah peristiwa membawa Ja-Sung akhirnya menjadi penjahat penuh karena persahabatan eratnya dengan Jung Chung. Ia pun sudah muak dengan Chief Kang yang telah berencana menghancurkan reputasinya sebagai seorang polisi.

4. The Berlin File (2013).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

The Berlin File merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang mengisahkan Pyo Jong-seong, agen rahasia Korea Utara yang melakukan kesepakatan senjata ilegal di sebuah hotel di Berlin, Jerman. Dalam kesempatan tersebut, Jong-seong bersama seorang broker Rusia dan seorang teroris dari Timur Tengah.

Namun, kesepakatan tersebut terganggu oleh orang tak dikenal dan nyaris membuat ketiga mati di tempat. Jong-seong berhasil selamat dan semua hal itu menyulut konflik yang membuat Jong-seong dikejar-kejar oleh agen rahasia Korea Selatan.

5. Secretly, Greatly (2013).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

Secretly, Greatly merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang mengisahkan Letnan Won Ryu-hwan, seorang agen rahasia Korea Utara yang fasih menguasai lima bahasa dan memiliki kemampuan luar biasa untuk membaca orang lain. Suatu hari, Ryu-hwan menyamar sebagai orang idiot di Korea Selatan.

Ryu-hwan menyamar sebagai Bang Dong-gu, seorang yang lupa ingatan dan ditampung oleh seorang ibu di sebuah rumah kecil. Setelah beberapa tahun menjadi mata-mata dan tak seorang pun tahu, tiba-tiba ada perubahan kekuasaan di Korea Utara dan Ryu-hwan diperintahkan untuk bunuh diri. Tak terima dengan hal itu, Ryu-hwan pun menyusun rencana agar ia bisa selamat dari dua negara tersebut.

6. The Suspect (2013).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

The Suspect merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang mengisahkan Ji Dong-cheol (Gong Yoo) yang pernah menjadi salah satu agen pasukan khusus top di Korea Utara. Namun, saat sedang menjalankan misi, ia ditinggalkan begitu saja oleh pemerintah yang mengutusnya. Hal ini mau tak mau membuatnya harus segera melarikan diri dan mencari istri dan putrinya.

Sampai kemudian ia tahu bahwa nyawa istri dan anaknya tak lagi tak tertolong, ia pun melakukan aksi balas dendam dan membelot ke Korea Selatan untuk mengejar pembunuh keluarganya. Selama perjalanan aksi tersebut, ia menyamar sebagai seorang sopir pimpinan sebuah perusahaan.

7. Commitment (2013).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

Commitment merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang berkisah tentang Li Myung-hoon yang berusia 19 tahun dan tidak pernah membayangkan dirinya menjadi seorang pembunuh. Hal ini mesti dilakukannya dan mengubur semua impiannya menjadi seorang pianis.

Hal itu terjadi ketika ayah Myung-hoon yang menjadi agen rahasia Korea Utara meninggal dalam keadaan tidak hormat. Myung-hoon kemudian ditawari oleh Kolonel Moon untuk melanjutkan misi ayahnya yang belum selesai. Sebagai imbalan, ia dan adiknya akan dibebaskan dari kamp penjara. Namun, misi tersebut tak semudah seperti yang dibayangkan. Saat di Korea Selatan, Myung-hoon menghadapi berbagai persoalan dan Kolonel Moon ternyata menjadi seorang pengkhianat.

8. The Spies (2012).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

The Spies merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang berkisah tentang Kepala seksi Kim yang dikirim Korea Utara ke Korea Selatan 22 tahun lalu. Walaupun begitu, ia hidup seperti orang normal lainnya. Ia mencari nafkah dengan menjual pil Viagra palsu yang diselundupkan dari China dan pulang ke rumah setiap malam untuk istri dan dua anaknya yang penuh kasih.

Kepala Kim kemudian tiba-tiba mendapat perintah untuk melakukan pembunuhan pertama di Korea Selatan. Ia pun segera mencari rekan mereka untuk menjalankan misi ini dan mereka tidak bisa menolak selain mengikuti perintah. Di tengah misi pembunuhan, mereka juga menyisipkan rencana sekunder untuk juga mencuri brankas yang berisi uang. Namun, mereka sendiri tak tahu apakah benar-benar bisa mencuri uang tersebut yang kemudian berisiko menjadi incaran pemerintah Korea Selatan.

9. Secret Reunion (2010).

Film Korea agen rahasia berbagai sumber

foto: imdb.com

Secret Reunion merupakan film Korea terbaik tentang agen rahasia yang berkisah tentang Ji-won, salah satu dari sekian banyak mata-mata Korea Utara yang menyamar menjadi warga biasa di Korea Selatan. Ia kemudian dipanggil untuk membunuh sepupu kedua Kim Jong-il yang menulis sebuah buku yang dianggap pemerintah Korea Utara sebagai pengkhianatan besar terhadap Tanah Air.

Namun, Tae-soon, salah satu rekan sesama agen rahasia mengkhianati perintah tersebut dan berbelot kepada Korea Selatan. Hal ini membuat Ji-won kelimpungan dan membuat dirinya menjadi target kedua negara Korea. Ji-won kemudian terlibat dalam baku tembak dengan Lee Han-gyop, agen dari National Intelligence Service (NIS). Hingga enam tahun kemudian, kedua orang yang pernah baku tembak tersebut bertemu kembali dalam sebuah kesempatan yang sama sekali berbeda.