Brilio.net - Film Korea berhasil menjadi salah satu film yang digemari di berbagai belahan dunia bukan hal baru. Sejak awal 2000-an, film Korea sudah menembus pasar internasional yang mampu bersaing dengan film Mandarin, Hong Kong maupun Taiwan. Hal ini membuktikan bahwa industri film Korea sudah berlangsung lama dan sangat menjanjikan.

Apalagi setelah Parasite meraih Piala Oscar pada 2020 lalu. Capaian tersebut semakin meneguhkan kedudukan film Korea di dunia internasional. Parasite menjadi salah satu film Korea terbaik sepanjang masa yang belum terkalahkan sampai hari ini.

Selain Parasite, masih banyak film lain yang tak kalah menarik dengan berbagai plot cerita yang unik. Film-film tersebut berhasil tayang secara internasional, baik secara konvensional di bioskop maupun dengan jaringan streaming.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (20/1), berikut 13 film Korea terbaik sepanjang masa, Parasite belum terkalahkan.

1. Parasite (2019).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Parasite berkisah tentang keluarga Kim Ki-taek yang beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram. Suatu hari Kim Ki-woo, anak laki-laki tertua direkomendasikan Min-hyuk, sahabatnya yang tak lain adalah seorang mahasiswa di universitas bergengsi. Ki-woo diminta untuk menjadi guru les yang dibayar mahal.

Sampai suatu ketika, tawaran tersebut Ki-woo jalani dan menyamar sebagai mahasiswa Universitas Yonsei untuk bisa melamar pekerjaan di keluarga Park yang dikenal kaya raya. Pertemuan tersebut berjalan lancar dan membuat satu per satu keluarga Ki-woo juga diboyong ke rumah keluarga kaya ini dengan tipu muslihat. Film ini menjadi salah satu film dengan komedi gelap yang susah ditebak.

2. Oldboy (2003).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah Parasite, Oldboy menjadi film yang paling film terkenal dari Korea Selatan dan memberi kesan yang tak kalah menegangkan. Film ini merupakan film kedua dari Trilogi Vengeance Chan-wook Park yang menjadi film terbaik dari dua film lainnya. Film ini mengisahkan Oh Dae-su, seorang pria yang diculik dan kemudian dipenjara selama 15 tahun tanpa alasan yang jelas di sebuah sel mirip kamar hotel.

Saat Dae-su bebas, ia pun mencari siapa yang telah melakukan hal tersebut kepadanya. Film ini tampil dengan urutan aksi yang sangat baik, menampilkan ketegangan demi ketegangan saat pertarungan berlangsung.

3. The Handmaiden (2016).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

The Handmaiden merupakan film yang ditulis oleh legenda film Korea Selatan Chan-Wook Park atau Park Chan-wook. Berlatar saat Jepang menduduki Korea, film ini mengisahkan seorang perempuan bernama Izumi Hideko (Kim Min-hee) yang mempekerjakan seorang pembantu yang nantinya akan merebut kekayaannya bersama seorang karyawan lain.

Film yang juga mengusung genre thriller ini penuh liku-liku, selalu tak terduga karena karakternya terus-menerus saling menusuk dan narator film ternyata tidak bisa diandalkan untuk menjadi pengawal cerita. Film ini menampilkan cerita yang sulit ditebak dan menampilkan adegan yang sama sekali tak terduga.

4. Memories of Murder (2003).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Memories Of Murder berkisah tentang tiga detektif yang sedang memecahkan serangkaian pembunuhan brutal dan misterius di sebuah desa kecil. Mereka hanya memiliki sedikit petunjuk untuk dilanjutkan: mereka tahu si pembunuh hanya membunuh saat hujan, saat korban mengenakan pakaian merah, dan saat lagu tertentu diputar di radio.

Film yang juga menjadi film terbaik Bong Joon-ho setelah Parasite ini hadir dengan sangat baik dari komedi ke misteri dan kadang-kadang ke horor. Dalam beberapa adegan sering kali sulit sekali ditebak dan dapat menampilkan hal-hal yang tak terduga sama sekali.

5. I Saw the Devil (2010).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

I Saw The Devil merupakan film thriller-kriminal yang tampil seperti film horor. Film ini mengisahkan ketika Kim Soo-hyun (Lee Byung-hun), seorang detektif yang mengetahui bahwa istrinya telah disiksa dan dibunuh oleh Jang Kyung-chul (Choi Min-sik) seorang pembunuh berantai gila. Soo-hyun kemudian berangkat untuk membalas dendam.

Setelah mengetahui pembunuh istrinya tersebut, Soo-hyun tampil dengan drama panjang dan juga brutal. Soo-hyun menangkap si pembunuh, menyiksa, dan kemudian melepaskannya kembali hanya untuk memulai proses dari awal lagi. Soo-hyun mengulangi hal tersebut sampai dirinya puas.

6. Mother (2009).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Mother berkisah tentang seorang ibu tunggal yang sudah lama menjanda dan sangat protektif terhadap Yoon Do-joon, putranya yang berkebutuhan khusus secara mental. Do-joon dikenal sebagai seorang yang sering bersikap eksentrik.

Pada suatu malam, Do-joon meninggalkan sebuah bar dan berjalan pulang. Saat di perjalanan, ia mengikuti seorang gadis sekolah menyusuri gang, sebelum sebuah batu besar dilemparkan ke arahnya. Keesokan harinya, ia tertidur di samping ibunya seperti biasa. Tak lama kemudian, pihak kepolisian menemukan gadis yang sama terbunuh dan sebuah bola golf tertulis nama Do-joon di dekat TKP. Hal ini membuat Do-joon menjadi terdakwa kasus pembunuhan. Mengetahui hal tersebut, ibunya mencoba segala cara untuk membuktikan bahwa anaknya tidak bersalah.

7. The Man from Nowhere (2010).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

The Man from Nowhere berkisah tentang Cha Tae-sik, seorang pegawai pegadaian yang dikenal sebagai seorang pendiam dan tinggal bersama seorang putri bernama So-mi yang tak lain adalah anak dari Hyo-jeong. Namun, di balik sikap dinginnya tersebut, Tae-sik punya rahasia besar yang tak banyak orang tahu.

Suatu hari, Tae-sik kembali harus berurusan dengan kelompok jaringan narkoba, sebuah dunia yang sudah ditinggalkannya bertahun-tahun lampau. Hyo-jeong terlibat dalam sebuah kasus pencurian heroin yang membuatnya dikejar-kejar oleh kelompok jaringan narkoba. Namun, heroin yang dibawanya disimpan di tas yang dibawa oleh Tae-sik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kemudian para geng narkoba tersebut meminta agar Tae-sik membawa tas tersebut.

Awalnya, Tae-sik tidak ingin menghiraukan hal tersebut. Namun, So-mi yang selama ini menjadi teman kecilnya, turut menjadi sandera dan membuatnya harus ikut terlibat lebih jauh. Hal ini kemudian membuat sosok Tae-sik yang tersembunyi selama ini muncul dan tampil dalam bentuk yang sebenarnya.

8. The Chaser (2008).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

The Chaser berkisah tentang Eom Joong-hoo, mantan detektif yang berubah profesi sebagai mucikari. Awalnya, bisnis tersebut berjalan lancar. Namun, pada suatu waktu ia mengalami kerugian yang besar karena para gadis yang menjadi anak buahnya menghilang tanpa sempat melunasi utang mereka. Di suatu malam, ia mendapat panggilan telepon dari seorang pelanggannya. Dikarenakan sudah tidak mempunyai persediaan stok gadis lagi, Joong-hoo mengutus Mi-jin yang sebenarnya sedang sakit. Mi-jin yang tengah dilanda kesulitan finansial, mau tidak mau menanggapi permintaan sang mucikari, demi menghidupi anaknya dan mengesampingkan sakit yang dideritanya.

Konflik mulai meningkat kala Joong-hoo mulai menyadari bahwa nomor telepon sang pelanggan merupakan nomor yang sama dengan nomor terakhir yang diterima sebelum para gadis anak raib tanpa jejak. Khawatir dengan keselamatan Mi-jin, sang mucikari memutuskan penyelidikan, dan berhasil meringkus Jae Yeong-min yang dicurigai sebagai pelakunya. Namun, justru berawal dari penangkapan itulah, sang mantan polisi justru bakal menghadapi kasus kriminal paling pelik dalam hidupnya. Selain harus menemukan keberadaan Mi-jin, ia akan berhadapan dengan sosok pembunuh berantai paling sadis yang pernah ditemuinya.

9. Joint Security Area (2000).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Joint Security Area berlatar di Jembatan Tanpa Pengembalian' di Panmunjom, zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan. Suatu hari, seorang penjaga perbatasan terbunuh oleh peluru senapan; penembak jitu yang dicurigai adalah seorang tentara Korea Selatan yang ditemukan terluka di tengah tanah tak bertuan. Kejadian ini akan berakibat fatal.

Baik Korea Utara maupun Korea Selatan menganggap insiden itu sebagai tindakan provokasi yang disengaja. Korea Utara menuduh Korea Selatan telah melakukan 'serangan teroris', sementara Korea Selatan mencurigai Korea Utara telah mencoba melakukan 'penculikan'. Kedua belah pihak meminta bantuan kepada otoritas negara netral (NNSC) dan meminta mereka untuk menyelidiki kasus tersebut. Seorang kapten tentara wanita Swiss keturunan Korea kemudian dikirim ke Panmunjom untuk menyelidiki kematian penjaga perbatasan Korea Utara.

10. Train to Busan (2016).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Train to Busan mengisahkan Seok-woo (Gong Yoo) yang sedang mati-matian berusaha melindungi putrinya yang masih kecil di sebuah kereta yang dikuasai zombie. Zombie tersebut merupakan imbas dari wabah zombie yang terjadi di Busan.

Film ini menampilkan karakter yang berbeda, penampilan emosional, dan aksi berbahaya membuat film ini berhasil menarik perhatian banyak orang dengan adegan menyeramkan.

11. Sympathy for Lady Vengeance (2005).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Sympathy for Lady Vengeance berkisah tentang Lee Geum-ja, seorang wanita yang dibebaskan dari penjara setelah menjalani hukuman 13 tahun karena menculik dan membunuh seorang anak laki-laki. Kerumunan kecil, termasuk seorang pengkhotbah, menunggunya. Pengkhotbah menawarkan tahu tradisionalnya sebagai simbol dari kehidupan baru, tetapi Lee Geum-ja membuangnya dan berjalan pergi. Saat ini, dia memiliki kebebasannya dan mengesampingkan kepura-puraan serta mulai berbisnis.

Selain itu, Lee Geum-ja keluar untuk membalas dendam pada Tuan Paek, pria yang menjebak dan menghancurkan hidupnya. Lee Geum-ja juga memulai pencariannya dengan mengunjungi dan merekrut bantuan mantan tahanan yang akrab dengannya di penjara. Dia juga mendapat pekerjaan di toko roti dan juga bertemu kembali dengan putrinya yang sekarang diadopsi Jenny.

12. Sympathy for Mr. Vengeance (2002).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Sympathy for Mr. Vengeance mengisahkan Ryu, seorang pria bisu-tuli yang bekerja di sebuah pabrik. Walaupun ia butuh pekerjaan tersebut untuk transplantasi ginjal adiknya, Ryu tidak bisa melanjutkannya. Ia kemudian menghubungi pasar gelap yang menjual organ tubuh manusia. Ryu ingin menukar salah satu ginjalnya untuk bisa digunakan oleh adiknya.

Namun, nasib sialnya baru saja dimulai. Ryu ditipu setelah seorang berhasil mengambil ginjal dan uang pesangonnya. Setelah donor ginjal adiknya berhasil ditemukan, Ryu tidak mampu membayar biaya operasi. Terdesak dengan kondisi tersebut, Ryu pun bekerja sama dengan orang lain untuk menculik putri Dong-Jin Park yang tak lain bos yang memecatnya. Sejak saat itu, drama hidupnya dimulai demi adik satu-satunya yang dicintainya.

13. New World (2013).

Film Korea terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

New World mengisahkan penyusupan Lee Ja-Sung (Lee Jung-jae), seorang perwira polisi yang menyamar sebagai pegawai yang bekerja di Goldmoon International, sindikat kejahatan korporasi terbesar di Korea Selatan. Penyamaran tersebut ia lakukan selama 8 tahun dengan segala macam risiko yang sudah dialaminya. Chief Kang (Choi Min-sik), atasannya di kepolisian berjanji akan memindahkannya segera dari tempat tersebut. Namun, Kang menunda rencana tersebut dan Ja-Sung marah. Ja-Sung pun mengancam untuk keluar dari kepolisian.

Namun, ancaman tersebut berbalik ancaman lain dari Kang yang mau membocorkan identitas Ja-Sung sebenarnya kepada para sindikat yang dapat membuatnya mati di tempat tersebut. Sebuah peristiwa membawa Ja-Sung akhirnya menjadi penjahat penuh karena persahabatan eratnya dengan Jung Chung dan ia sudah muak dengan Chief Kang yang sudah berencana menghancurkan reputasinya sebagai seorang polisi.