Brilio.net - Drama Korea yang mengisahkan kehidupan para dokter menjadi salah satu hal menarik bagi para penggemar drama Korea. Walaupun sering kali menampilkan hal-hal teknis dalam dunia kedokteran, tema drama ini dapat diterima banyak orang.

Kisah-kisah yang ditampilkan drama Korea tentang dokter berkisah tentang kehidupan para dokter yang bergelut di rumah sakit atau klinik yang dibuatnya sendiri. Dokter yang ditampilkan pun cukup beragam, mulai dari dokter bedah, dokter gigi, hingga dokter yang nonmedis seperti yang punya keahlian sebagai psikolog.

Cerita-cerita tersebut dirangkai dengan beragam kisah romantis hingga kisah fantasi yang sulit sekali terjadi dalam kehidupan nyata. Drama-drama tersebut dijamin bikin betah untuk terus menontonnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (11/1), berikut 13 drama Korea tentang dokter, kisah romantis hingga praktik aneh.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Ghost Doctor (2022).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

The Ghost Doctor berkisah tentang dua dokter dari latar belakang ekstrem, yang sangat bertolak belakang, dengan kepribadian dan keterampilan medis yang berlawanan. Cha Young-min (Rain) adalah seorang dokter jenius dengan keterampilan bedah yang luar biasa, tetapi sangat arogan dan egois.

Di sisi lain, Go Seung-tak (Kim Bum) adalah cucu dari pendiri Rumah Sakit Myungshin dan putra dari Ketua Rumah Sakit itu. Dia adalah dokter residen paling beruntung dan terkaya. Selain Rain dan Kim Bum, drama Korea ini juga akan menjadi ajang bagi Uee, Son Na-eun, dan Sung Dong-il.

2. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha Cha Cha mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam.

Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara. Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

3. Hospital Playlist (2020-2021).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea yang mengisahkan sekelompok dokter yang berumur 40-an tahun di sebuah rumah di Korea Selatan. Para dokter tersebut punya keahlian atau spesialisasi yang beragam. Walaupun begitu, para dokter tersebut kompak dan selalu bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan.

Mulai persoalan profesional di kedokteran maupun persoalan pribadi yang menyangkut persoalan perasaan mereka masing-masing. Diperankan oleh artis papan atas Korea, drama Korea Hospital Playlist ini ramai ditonton sampai musim kedua yang tayang pada 2021.

4. Doctor Prisoner (2019).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Doctor Prisoner merupakan drama Korea kedokteran yang akan membawa ke jalan gelap balas dendam seorang dokter yang dituduh bersalah. Na Yi-Je (Namkoong Min) adalah seorang ahli bedah yang sangat baik yang dituduh melakukan malpraktek dalam sebuah kecelakaan yang bukan salahnya.

Karena itu, Yi-Je dikeluarkan dari rumah sakit dan reputasinya hancur. Yi-Je memutuskan untuk bekerja sebagai dokter di penjara dengan niat tertentu. Ia kemudian mengumpulkan koneksi yang cukup saat bekerja di penjara untuk membalas dendam kepada orang-orang yang bertanggung jawab atas nasibnya tersebut.

5. Chocolate (2018).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Chocolate mengisahkan saat Lee Kang, seorang dokter spesialis bedah saraf yang tumbuh di sebuah desa tepi pantai. Awalnya, ia bercita-cita menjadi seorang juru masak handal. Ia dikenal sebagai seorang yang dingin, walaupun sebenarnya ia seorang pribadi yang hangat.

Lee Kang kemudian bertemu dengan Moon Cha-young yang ternyata mengingatkannya dengan seseorang yang mirip saat ia kecil. Ia pernah bertemu Cha-young di sebuah restoran di sebuah desa tepi laut dan memberikannya sebuah masakan. Hal inilah yang kemudian di masa depan membuat Cha-young menjadi seorang koki terkenal. Kepingan kenangan tersebut membuat mereka bertemu di sebuah bangsal rumah sakit pada suatu waktu.

6. Cross (2018).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Cross berkisah tentang Kang In-kyu yang masuk ke fakultas kedokteran karena motif balas dendam. Hal itu dikarenakan pengalaman buruk yang pernah menimpa keluarganya. Ayahnya dibunuh secara brutal 13 tahun lalu. Melalui dunia medis, ia belajar menyelamatkan nyawa orang lain sekaligus belajar bagaimana cara membunuh.

Namun, kecelakaan yang menimpa keluarga tersebut membuatnya memiliki cedera otak kanan yang membuat otak kirinya lebih besar. Hal ini menyebabkan ia menderita sindroma savant (merupakan salah satu kemampuan otak yang dapat berpikir lebih ketimbang manusia normal). Hal ini pula yang membuat In-kyu mampu mencapai nilai tertinggi saat kelulusan.

7. Descendants of The Sun (2016).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris.

8. The Doctors (2016).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

The Doctors berkisah tentang fase kehidupan Yoo Hye-jung. Ia dikenal sebagai seorang pengganggu di sekolah dan punya kepribadian yang suka mengganggu orang lain. Selain itu, Hye-jung memiliki bekas luka dari masa kecilnya seperti bekas pukulan dan siksaan. Hal ini membuatnya menjadi pribadi yang tertutup dari orang lain dan bahkan antisosial.

Namun, kehidupan Hye-jung kemudian berubah saat ia bertemu dengan mentor Hong Ji-hong. Ji-hong berhasil menemani Hye-jung untuk mengubah dirinya menjadi diri yang lebih baik di sekolah. Bahkan, saat selesai sekolah, perlakuan tersebut membuat Hye-jung yang awalnya dikenal sebagai gangster sekolah menjadi seorang dokter yang penuh kasih sayang kepada orang lain.

9. Dr Frost (2015).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Dr Frost berkisah tentang Baek Nam-bong, yang menjadi profesor psikologi saat siang hari dan menjadi bartender pada malam harinya. Nam-bong dijuluki Dr. Frost karena rambutnya memutih sebelum waktunya. Ia mengalami frontal lobe injury atau cedera lobus frontal saat masih kecil dan membuatnya bisa bernalar ke tingkat paling jenius.

Namun, cedera tersebut sekaligus membuatnya tidak dapat merasakan empati, cinta, kesedihan, dan sulit merespons secara emosional. Walaupun dengan emosi yang tak bisa dikendalikan, ia punya kemampuan deduktif yang luar bisa dan menjadi rekan tak resmi detektif veteran Nam Tae-bong untuk memecahkan kasus.

10. Blood (2015).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Blood merupakan drama Korea yang mengisahkan Park Ji-Sang (Ahn Jae-Hyun) adalah seorang dokter terkenal di bidangnya sebagai ahli bedah hepato-pankreato-bilier. Dia menyembunyikan sebuah rahasia bahwa dirinya adalah seorang vampir yang menekan nafsu darahnya untuk menyelamatkan nyawa pasien yang sedang sakit parah.

Yoo Ri-Ta (Ku Hye-Sun) menarik perhatian Ji-Sang karena angkuh dan sombong hanya karena menjadi keponakan ketua grup. Meskipun demikian, dia tidak bisa tidak tertarik padanya. Di balik itu semua, ada cerita tentang direktur rumah sakit bermuka dua yang memiliki ambisi jahat dan penuh ambisi kekuasaan.

11. Emergency Couple (2015).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Emergency Couple berkisah tentang sepasang kekasih yang sama-sama kuliah di kedokteran dan magang di rumah sakit yang sama. Magang di tempat yang sama membuat mereka saling jatuh cinta dan membuat mereka ingin segera menikah. Oh Chang-min berasal dari keluarga dokter yang menentang keras keputusannya untuk segera menikah. Sementara itu, Oh Jin-hee adalah berasal dari keluarga biasa yang mampu membuatnya mengenyam pendidikan calon dokter.

Dan benar, pernikahan yang tak direstui tersebut membuat pasangan ini tidak bahagia. Chang-min kemudian banting stir menjadi penjual farmasi, sementara Jin-hee terus-menerus merasa minder karena orang tua Chang-min memandang rendah menantunya tersebut. Hingga akhirnya mereka pun ribut dan memutuskan bercerai.

Setelah bercerai, mereka berdua sama-sama memutuskan untuk kembali kampus kedokteran untuk mengejar mimpinya kembali. Setelah masuk dan melalui beberapa tahun pembelajaran, mereka kembali magang di tempat yang sama dan berada di unit yang sama selama tiga bulan. Cinta mereka kembali mekar dan berbunga-bunga seperti dahulu kala.

12. Good Doctor (2013).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Good Doctor mengisahkan Park Si-On (Joo Won) yang seorang sarjana autis dengan memori rinci dan keterampilan spasial. Ia kemudian segera masuk rumah sakit sebagai residen bedah anak, tetapi mengalami kesulitan untuk membuktikan nilainya kepada dokter lain karena autisme dan kemampuan emosionalnya. Si-On kemudian berhasil dalam waktu yang cukup singkat hanya enam bulan untuk membuktikan dirinya bisa menjadi seorang dokter dan menjadi rival Si-On yang kemudian membuatnya jatuh cinta.

13. Medical Top Team (2013).

Drama Korea tentang dokter berbagai sumber

foto: imdb.com

Medical Top berkisah tentang kehidupan pada dokter dan perawat terbaik yang tergabung dalam sebuah tim medis elite di satu rumah sakit bernama Gwang Hae University Hospital. Park Tae-shin, seorang ahli bedah toraks yang sering disalahpahami karena suka bicara blak-blakan, tetapi sebenarnya berhati lembut. Tae-shin bekerja di sana tanpa bayaran demi membantu mereka yang membutuhkan pertolongan. Dalam tim itu, Tae-shin juga dibantu oleh Seo Joo-young, seorang ahli bedah toraks yang cantik, serta tiga dokter lainnya, yakni Han Seung-jae, Choi Ah-jin, dan Seong-woo dari berbagai latar belakang.

(brl/guf)