Brilio.net - Drama Korea tentang detektif hampir selalu menampilkan adegan menegangkan, teka-teki rumit, dan siapa pelaku sebuah kasus pembunuhan. Walaupun begitu, ada juga drama Korea tentang detektif yang menceritakan kisah cinta.

Kisah cinta dalam drama detektif sering kali berbalut adegan aksi sehingga membuat hubungan tersebut terkesan menegangkan daripada penuh romantis. Selain itu, kisah-kisah tersebut hadir dengan beragam latar kisah dan juga plot cerita.

Kisah detektif menjadi salah satu tema yang masih cukup seru untuk ditonton dengan sentuhan thriller yang menegangkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (14/1), berikut 13 drama Korea tentang detektif, ada banyak kisah cinta menegangkan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. My Fellow Citizens (2019).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

My Fellow Citizens berkisah tentang kehidupan Yang Jung-kook, seorang penipu yang memang lahir dari keluarga penipu generasi ketiga. Ia punya utang yang cukup besar kepada rentenir dalam jumlah besar untuk biaya pernikahan dengan pacarnya. Namun sial, ia ditipu dan pacarnya membawa semua uang pinjaman tersebut.

Sampai suatu ketika, Jung-kook bertemu dengan Kim Mi-young yang juga sama-sama patah hati karena pacarnya selingkuh. Mereka kemudian dekat dan segera menjadi sepasang kekasih. Selama pacaran, Mi-young tidak mengungkapkan siapa dan apa pekerjaannya. Sampai suatu ketika mereka memutuskan untuk menikah, Mi-young baru jujur kepada Jung-kook bahwa dirinya adalah seorang detektif.

2. Life On Mars (2018).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Life On Mars berkisah tentang Han Tae-joo (Jung Kyung-Ho) yang memimpin tim investigasi kejahatan. Kariernya mengalami peningkatan yang pesat dan dia mempercayai data daripada orang lain. Saat menyelidiki kasus pembunuhan berantai, dia mengalami kecelakaan.

Ketika Han Tae-joo bangun, dia menemukan dirinya ada pada tahun 1988. Dia tidak tahu mengapa, tetapi dia sekarang adalah seorang detektif yang ditunjuk untuk bekerja di sebuah kantor polisi di sebuah kota kecil. Untuk kembali ke masa sekarang, Han Tae-joo mencoba memecahkan kasus pembunuhan berantai. Di samping itu ada bumbu-bumbu chemistry dengan Yoon Na-young, seorang polisi wanita yang juga dedikasi tinggi.

3. Sketch (2018).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Sketch berkisah tentang Kang Dong-soo, seorang detektif ace yang dipersenjatai dengan intuisi yang sangat baik dan kemampuan eksekutif. Ia bekerja sama dengan Yoo Shi-hyun, seorang detektif yang memiliki kemampuan psikis untuk membuat sketsa gambar apa yang akan terjadi tiga hari di masa depan.

Mereka berdua berusaha untuk mengungkapkan pembunuhan yang menimpa tunangan Dong-soo. Di tengah cerita yang penuh ketegangan, keduanya kedekatan yang membuat mereka perlahan saling memperhatikan.

4. Mystery Queen 2 (2018).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Mystery Queen 2 mengisahkan Yoo Seol-ok, seorang ibu rumah tangga yang menjadi penyelidik dan bekerja sama dengan Ha Wang-seung untuk memecahkan kasus misterius. Selain itu, dalam proses penyelidikan tersebut, mereka sama-sama menyembuhkan hati mereka yang terluka oleh kejahatan selama perjalanan hidup. Mystery Queen 2 adalah drama yang menggali ke dalam detail kejahatan sehari-hari secara realistis tentang pembunuhan di sebelah dan kejahatan penyerangan seksual yang terjadi di gang buntu yang melibatkan seorang psikopat dan pembunuh berantai.

5. Whisper (2017).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Whisper berkisah tentang Shin Young-joo, seorang kepala polisi wanita kharismatik yang penuh daya juang dalam menjalani kariernya. Di sisi lain, ia punya keluarga yang serba kekurangan yang membuatnya harus membayar utang keluarganya. Suatu ketika, ia harus bekerja sama dengan Lee Sang-yoon, seorang hakim yang jujur dan bijaksana untuk mengungkapkan korupsi di sebuah firma hukum. Kerja sama tersebut membuat mereka kemudian saling dekat dan menjalin hubungan romansa.

6. A Girl Who Sees Smells (2015).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

A Girl Who Sees Smells tentang Choi Eun-seol yang tiba-tiba menemukan orang tuanya dibunuh oleh seorang misterius. Pembunuh tersebut sadar dengan kedatangan Eun-seol dan mencoba untuk membunuhnya pula. Eun-seol segera lari untuk menghindari kejaran pembunuh tersebut. Namun sial, Eun-seol tertabrak mobil dan membuat harus dilarikan ke rumah sakit. Ia koma selama enam bulan.

Pembunuh orang tua Eun-seol meninggalkan jejak barcode misterius dan Oh Jae-pyo berusaha untuk mengungkapkan kasus tersebut. Setelah Eun-seol bangun dari tidur panjangnya, ia kemudian punya kemampuan misterius yang dapat membantu mencari siapa pelaku pembunuhan. Hubungan mereka berdua semakin dekat dan jalan panjang pencarian sudah dimulai.

7. Hello Monster (2015).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello Monster mengisahkan profiler genius Lee Hyun yang sudah bertahun-tahun belajar di luar negeri dan kembali ke Korea Selatan. Anehnya, semua ingatan selama masa kecil di negara asalnya tersebut tak berbekas sama sekali.

Lee Hyun bersama Cha Ji-an sering terlibat dalam serangkaian kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang psikopat. Lee Hyun kemudian perlahan tahu bahwa adiknya yang sudah lama ditinggalkan bertahun-tahun menjadi seorang pembunuh berdarah dingin dan menyasar korbannya secara acak. Selain menegangkan, drama ini menampilkan kisah seorang kakak yang berusaha untuk mencegah dan mengobati adiknya yang menjadi seorang pembunuh berdarah dingin.

8. You're All Surrounded (2014).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

You're All Surrounded mengisahkan Kim Ji-yong yang memutuskan menjadi seorang detektif setelah menyaksikan pembunuhan ibunya saat ia muda. Ia pun mengubah namanya menjadi Eun Dae-gu agar tidak diketahui oleh pembunuh ibunya. Ia juga bertemu dengan Eo Soo-sun, teman saat mereka sama-sama sekolah menengah.

Selain itu, ia juga memata-matai Seo Pan-seok yang punya keterkaitan dengan kasus pembunuhan yang ibunya alami. Drama ini berhasil menjadi salah satu drama action-thriller yang menarik yang menampilkan petualangan penuh teka-teki dan aksi laga.

9. Gap-Dong (2014).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Gap-Dong merupakan drama Korea yang didasarkan pada pembunuhan berantai Hwaseong di kehidupan nyata. Serangkaian pembunuhan tersebut terjadi antara 1986 dan 1993 di kota fiksi Iltan. Seorang detektif yakin bahwa pelakunya adalah seorang pria yang tertantang secara intelektual di kota. Namun, setelah orang yang dituduh terbunuh, putranya, Moo-yeom (Yoon Sang-hyun) bersumpah untuk membersihkan nama ayahnya.

Bertahun-tahun kemudian, undang-undang pembatasan berakhir, tetapi serangkaian pembunuhan baru menunjukkan kesamaan yang menakutkan dengan pembunuhan masa lalu. Moo-yeom bergabung dengan tim detektif yang memberatkan ayahnya untuk menemukan pembunuh yang sebenarnya.

10. Schoolgirl Detectives (2014).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Schoolgirl Detectives mengisahkan lima siswa perempuan di Seonam Girls' High School. Ahn Chae-yool, gadis berkelas, baru di sekolah; Yoon Mi-do, pemimpin yang dikenal sebagai orang aneh di sekolah; Lee Yee-hee, yang ingin menjadi aktris atau idola banyak orang; Kim Ha-jae, pakar komputasi; Choi Sung-yoon, tukang roti dan suka perdamaian jika terjadi perselisihan.

Mereka berlima membentuk klub detektif dan berangkat untuk memecahkan misteri di sekitarnya. Tanpa diduga mereka terlibat dalam beberapa kasus intimidasi, aborsi, dan bunuh diri akibat depresi karena perundungan yang dilakukan oleh pegawai dan siswa sekolah yang mereka tempati. Sejak itu, hubungan mereka semakin akrab dan membuat masing-masing orang suka satu sama lain.

11. Missing You (2012).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Missing You mengisahkah nasib malang yang menimpa Lee Soo-yeon, gadis 15 tahun yang sering mengalami perundungan dari teman-temannya di sekolah. Hal ini tak lain dikarenakan ayahnya adalah seorang pembunuh. Selain itu, saat di rumah, ayah Soo-yeon selalu berlaku kasar kepadanya. Sampai suatu ketika, Han Jung-woo menjadi teman satu-satunya yang melindungi Soo-yeon dari perundungan anak lain di sekolah. Mereka kemudian saling jatuh cinta hingga kemudian terpisah karena sebuah kecelakaan yang tak pernah mereka duga.

Mereka kemudian dipertemukan kembali saat dewasa. Jung-woo sudah menjadi seorang detektif dan ia tidak bisa melupakan cinta pertamanya. Sementara Soo-yeon menjadi seorang perancang busana pemula yang punya trauma masa lalu yang sulit dilupakan. Selain itu, Soo-yeon juga punya seorang kekasih Kang Hyung-joon, yang mencoba membalas luka hati Soo-yeon kepada Jung-woo. Cinta segitiga ini pun dimulai dengan begitu pelik.

12. Lovers of Haeundae (2012).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Lovers of Haeundae berkisah tentang Lee Tae-sung, seorang jaksa yang baru saja menikah melakukan operasi rahasia dengan menyamar dan mengejar seorang gangster di Haeundae, Busan. Namun, saat menjalankan aksinya tersebut, ia diserang oleh musuhnya dan dibuang ke laut. Ia pun kehilangan ingatan tentang siapa dirinya.

Saat ada di Haeundae, ia menjadi seorang tunawisma dan mempunyai nama baru sebagai Nam Hae, seorang binaragawan dan pemain klub malam. Untuk mencegah Go Joong-shik pergi dari rumah sakit jiwa, ia kemudian menikahi Go So-ra yang ditinggal oleh calon pengantinnya. Namun, lambat laun, ingatannya kembali pulih dan membuatnya bingung untuk memilih siapa istri yang dipilihnya.

13. Sign (2011).

Drama Korea cinta detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Sign berkisah tentang kehidupan dan kesulitan dokter forensik di Institut Nasional Investigasi Ilmiah. Go Da-kyung, seorang detektif pemula sering dimarahi oleh Yoon Ji-hoon, seorang dokter forensik yang selalu marah-marah. Walaupun begitu, ia tetap ulet dengan tujuannya. Dalam suatu waktu, mereka harus terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan yang membuat mereka berusaha kompak dan bisa bekerja sama. Hubungan mereka perlahan membaik dan membuat mereka saling menyimpan rasa.

(brl/guf)