9. Fight For My Way (2017).

drama Korea perjuangan hidup  berbagai sumber

foto: imdb.com

Fight For My Way merupakan rekomendasi drama Korea cerita perjuangan hidup sekelompok pertemanan yang punya cita-cita tinggi. Drama ini mengisahkan kehidupan Joo-man (Ahn Jae-hong) dan Seol-hee (Song Ha-yoon). Mereka adalah teman lama yang saling punya perasaan satu sama lain. Namun, setelah hubungan enam tahun mereka diuji, akhirnya retak dan tak berlanjut ke jenjang yang lebih serius.

Seol-hee puas dengan kehidupan minimalis, tetapi Joo-man tidak. Titik puncaknya tiba ketika Seol-hee menemukan dia tertidur di apartemen wanita yang dia sukai.

Dalam perpisahan mereka, Seol-hee menyesali telah begitu jatuh cinta pada Joo-man dan mendedikasikan seluruh hidupnya untuknya. Walaupun begitu, Seol-hee tidak menyesali apa yang sudah dijalankan selama ini. Drama ini menampilkan perpisahan yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

10. Hello, My Twenties! (2016).

drama Korea perjuangan hidup  berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello, My Twenties atau Age of Youth merupakan rekomendasi drama Korea cerita perjuangan hidup tentang sekelompok lima mahasiswa yang tinggal di kontrakan bernama Belle Epoque. Mereka memiliki kepribadian, selera, dan tujuan hidup yang berbeda serta harus berhadapan dengan peliknya kehidupan.

Drama ini merupakan drama anak kos yang saling mendukung satu sama lain, bahkan saat salah satu di antara mereka ada yang punya trauma masa lalu. Berkat lingkungan yang mendukung satu sama lain, perbedaan mereka bukan menjadi masalah. Dibalut dengan genre komedi-romantis, drama ini dapat membantu seseorang agar bisa menemukan support system yang baik.

11. Reply 1988 (2015-2016).

drama Korea perjuangan hidup  berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 menjadi salah merupakan rekomendasi drama Korea cerita perjuangan hidup dan kisah persahabatan antar keluarga yang sangat disukai banyak orang. Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA yang sudah terjalin sejak kecil. Bahkan keluarga mereka pun ikut turut akrab karena hidup bertetangga.

Kehidupan akrab tersebut terjalin sampai mereka dewasa dan berhasil menciptakan lingkungan yang suportif bagi tumbuh-kembang anak-anak remaja. Serial drama ini berhasil meraih poin tinggi di IMDb dengan raihan 9,1/10. Selain itu, seri pertama dari seri Reply ini merupakan yang paling populer dibandingkan sekuel selanjutnya seperti Reply 1994 dan Reply 1997.