1. Twenty-Five Twenty-One (2022).

drama Korea perjuangan hidup  berbagai sumber

foto: imdb.com

Twenty-Five Twenty-One merupakan rekomendasi drama Korea cerita perjuangan hidup yang mengisahkan perjalanan panjang para karakternya selama 23 tahun dari 1998 sampai 2021. Perjalanan tersebut mengisahkan beragam hal yang mereka alami selama menjalin relasi, baik relasi pertemanan maupun relasi romantis. Drama ini diperankan oleh Kim Tae-ri, Nam Joo-hyuk, Bona, dan Lee Joo-myung.

Baek Yi-jin (Nam Joo-hyuk), merupakan seorang pekerja keras. Hal ini tak terlpas karena keluarganya yang kaya raya tiba-tiba bangkrut selama krisis IMF.

Kondisi ini juga membuatnya pindah dan hidup sendiri dalam upaya membangun kembali hidupnya meski ia selalu dikejar penagih utang. Baek Yi-jin kemudian bertemu dengan Na Hee-do (Kim Tae-ri), seolah ahli beladiri anggar yang sangat mengidolakan Go Yoo-rim, seorang pemain anggar profesional. Ia tak pernah lelah untuk terus berlatih menjadi yang lebih baik.

2. Move to Heaven (2021).

drama Korea perjuangan hidup  berbagai sumber

foto: imdb.com

Move to Heaven merupakan rekomendasi drama Korea cerita perjuangan hidup yang menceritakan tentang Han Geu-ru (Tang Joon-sang) dan ayahnya, Han Jeong-u. Sang ayah berprofesi sebagai pembersih TKP orang-orang yang telah meninggal. Mereka berdua membersihkan barang-barang peninggalan mendiang di rumah atau ruangan. Tidak disangka, di episode pertama, ayah Geu-ru meninggal karena sakit yang diderita dan memaksanya tinggal bersama sang paman.

Bersama dengan pamannya dan Yoon Na-mu (Hong Seung-hee), Geu-ru melanjutkan tugas untuk membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal dan menyampaikan pesan mereka kepada orang atau kerabat yang ditinggalkan. Drama ini mengisahkan ucapan terakhir orang-orang yang meninggal dunia sebagai bentuk perpisahan terakhir kepada para kerabat dan orang yang dicintainya.

3. Navillera (2021).

drama Korea perjuangan hidup  berbagai sumber

foto: imdb.com

Navillera merupakan rekomendasi drama Korea cerita perjuangan hidup tentang kehidupan orang tua Deok Chul yang telah pensiun dan baru saja merayakan ulang tahun ke-70. Dia kemudian menyadari bahwa beberapa teman mulai meninggalkannya karena kematian dan ia menyesal karena tidak mewujudkan impian mereka.

Melihat hal itu, Deok Chul yang menjalani seluruh hidupnya dengan bekerja dan menafkahi keluarganya menjadi tersadar. Deok Chul kemudian membuat keputusan untuk mengejar impiannya menjadi penari balet.

Di akademi tari, Deok Chul bertemu dengan Chae Rok yang sedang mengalami masalah finansial setelah kehilangan ibu dan ayahnya di penjara. Chae Rok kemudian menjadi guru Daek Chul. Bersama-sama mereka mewujudkan impian mereka menjadi balet.

4. Record of Youth (2020).

drama Korea perjuangan hidup  berbagai sumber

foto: imdb.com

Record of Youth merupakan rekomendasi drama Korea cerita perjuangan hidup yang memiliki hubungan nyata ketika dihadapkan dengan dua karakter yang mulai mencapai tujuan karier impian mereka.

Hye-jun (Park Bo-gum) adalah model yang bercita-cita tinggi dan bermimpi menjadi aktor papan atas seperti teman masa kecilnya. Hye-jun segera bertemu Jeong-ha (Park So-dam), seorang penata rias. Mereka memulai hubungan, tetapi tidak memiliki pilihan untuk bersama dan bahagia.

Sepanjang cerita, karier Hye-jun membuat hubungan mereka tegang dan bahkan membuat mereka putus. Kedua karakter ini meratapi nasib mereka karena tidak dapat bertemu satu sama lain. Drama ini mengisahkan bagaimana sebuah hubungan terkendala dengan bisnis dan karier yang dijalankan masing-masing.