Brilio.net - Ada banyak judul drama Korea yang mengisahkan drama keluarga. Drama tersebut hadir dengan cerita yang sering kali membuat banyak orang tersambung dengan ceritanya. Cerita-cerita tersebut tampil dengan lebih ringan dan dialog-dialog yang renyah.

Selain itu, drama Korea yang mengisahkan keluarga tidak melulu menampilkan betapa manisnya sebuah hubungan keluarga. Keluarga, seperti halnya ikatan yang dibentuk manusia lainnya, punya sisi kompleksitasnya sendiri. Jika hal demikian dipahami, maka tak seorang pun berani untuk menilai atau menjustifikasi kondisi keluarga tertentu yang hadir dalam ketidakberuntungan.

Selain itu, drama-drama Korea keluarga ini hadir dengan penuh empati sehingga membuat para penontonnya merasa bahwa cerita tersebut adalah ceritanya sendiri.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (26/1), berikut 11 judul drama Korea terbaik kisahkan keluarga, Reply 1988 menyentuh.

1. Navillera (2021).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Navillera ini mengisahkan Deok Chul sekarang adalah orang tua yang telah pensiun dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Dia kemudian menyadari bahwa teman-temannya mulai meninggalkannya karena kematian dan menyesal karena tidak mewujudkan impian mereka. Deok Chul sendiri menjalani seluruh hidupnya dengan bekerja dan menafkahi keluarganya.

Deok Chul kemudian membuat keputusan untuk mengejar impiannya menjadi penari balet. Di akademi tari, Deok Chul bertemu dengan Chae Rok, 23 tahun, yang sedang mengalami masalah finansial setelah kehilangan ibu dan ayahnya di penjara. Chae Rok menjadi guru Daek Chul. Bersama-sama mereka mewujudkan impian mereka terhadap balet.

2. Revolutionary Sister (2021).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Revolutionary Sister berkisah tentang Lee Cheol-soo yang mempunyai tiga orang anak perempuan yang sudah besar dan punya posisi strategis dan mimpinya masing-masing. Sejak kecil, Cheol-soo menerapkan aturan dan prinsip yang ketat. Hal ini kemudian membuat para putrinya jengkel.

Suatu ketika, saat Cheol-soo dan suaminya melakukan proses perceraian, ia terbunuh dan semua anggota keluarga inti menjadi tersangka. Ketiga anak perempuan Cheol-soo diperiksa dan diintrogasi apa pun terkait Cheol-soo.

3. My Unfamiliar Family (2020).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

My Unfamiliar Family bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan tiga anaknya. Drama ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang dipenuhi konflik dan prasangka antar satu sama lain. Tokoh utamanya, Kim Sang-Sik (Jung Jin-Young) merupakan sosok suami dan ayah yang berwatak keras kepala.

4. Hi Bye, Mama! (2020).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Hi Bye, Mama! mengisahkan Cha Yu-ri (Kim Tae-hee) telah menjadi hantu sejak dia meninggal dalam kecelakaan tragis lima tahun lalu. Melalui proyek reinkarnasi, ia diberikan kemungkinan untuk menjadi manusia kembali jika berhasil kembali ke tempatnya dalam waktu 49 hari.

Dalam waktu yang singkat tersebut, ia menggunakan waktu itu untuk bertemu kembali dengan anaknya dan melakukan hal terbaik yang bisa dilakukannya. Namun, suaminya, Cho Gang-hwa (Lee Kyu-hyung), sekarang menikah lagi. Dia harus memilih antara kebahagiaannya sendiri atau kebahagiaan suaminya. Sampai akhirnya, Yu-ri kemudian sadar bahwa dirinya sudah ada di dimensi lain. Drama ini berhasil menampilkan cerita penuh haru dan membuat para penontonnya meneteskan air mata.

5. The Light in Your Eyes (2019).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

The Light In Your Eyes berkisah saat Kim Hye-ja (Han Ji-min) dapat melakukan perjalanan waktu dengan jam tangan ajaib yang ditemukannya di pantai. Namun, setiap kali dia menggunakannya, dia menua dengan cepat. Ketika Hye-Ja menggunakan arloji untuk menyelamatkan ayahnya dari kematian saat kecelakaan, dia bangun keesokan harinya sebagai seorang wanita berusia 70-an.

Sebelum perubahan yang luar biasa ini terjadi, Hye-ja bertemu dengan Lee Joon-ha (Nam Joo-hyuk), yang juga seorang calon jurnalis seperti Hye-Ja, dan jatuh cinta padanya. Bagaimana nasib hubungan Joon-ha dan Hye-Ja yang terlihat cukup tua? Drama ini menampilkan kisah cinta yang diuji melampaui ketertarikan fisik. The Light In Your Eyes meraih skor 8,1/10 di IMDb.

6. Mother of Mine (2019).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Mother of Mine mengisahkan seorang ibu tunggal bernama Park Sun-ja (Kim Hae-sook) yang punya tiga putri yang dicintainya, Kang Mi-sun (Yoo-sun), Kang Mi-ri (Kim So-yeon), dan Kang Mi-hye (Kim Ha-kyung). Sun-ja menjalankan restoran sederhana yang menjual sup daging sapi untuk berjuang menghidupi keluarga kecilnya tersebut.

7. Mother (2018).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Mother mengisahkan Kang Soo-jin, seorang guru sekolah dasar yang mengetahui bahwa salah satu muridnya yang bernama Kim Hye-na dianiaya oleh keluarganya sendiri.

Soo-jin kemudian merencanakan sesuatu untuk menculik anak tersebut agar bisa terhindar dari perlakuan buruk keluarganya. Setelah berhasil menculik anak tersebut, Soo-jin berusaha untuk menjadi ibu Hye-na.

8. My Father is Strange (2017).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

My Father is Strange merupakan drama Korea yang mengisahkan keluarga kelas menengah yang tinggal di pinggiran Seoul yang terdiri dari ayah, istrinya, tiga putri mereka, dan satu putra mereka.

Namun, suatu hari, seorang pria muda yang adalah seorang selebriti, muncul di rumah dan mengklaim bahwa dia adalah putra dari keluarga tersebut. Drama ini menampilkan rahasia besar yang penuh cerita haru. Serial ini dipastikan bikin gagal penonton untuk menahan air mata.

9. Confession Couple (2017).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Confession Couple atau Go Back Couple berkisah tentang Choi Ban-do (Son Ho-jun) dan Ma Jin-joo (Jang Na-ra) yang sudah berusia 38 tahun dan menikah dengan seorang putra kecil. Keduanya berjuang melalui kehidupan sehari-hari yang membuat mereka lelah dan tidak bahagia.

Ban-do adalah seorang salesman farmasi yang menghabiskan hari-harinya memohon orang untuk membeli obat-obatan dan malamnya minum dengan calon klien atau membantu direktur rumah sakit yang arogan dan kejam, Park Hyun-suk (Im Ji-kyu).

Sementara itu, Jin-joo adalah seorang ibu rumah tangga yang membesarkan putra mereka sambil berjuang untuk menemukan makna dalam hidupnya dan merasa kesepian dan ditinggalkan oleh Ban-do. Setelah sempat berselingkuh dengan pasangan gelap masing-masing, mereka kemudian bangun tidur dan mendapati dirinya sendiri saat masih berusia 20-an tahun. Mereka kemudian membuat keputusan yang sama sekali berbeda dan membuat mereka ingin terus-menerus ada pada fase tersebut, saling mencintai tanpa pertengkaran.

10. Dear My Friends (2016).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Dear My Friends menceritakan kisah kehidupan orang berjiwa muda yang menjalani hidup dengan slogan "ini belum berakhir, aku masih hidup". Drama tersebut akan menampilkan kisah realistis orang kota usia matang dan hubungan mereka dengan anak-anak muda di sekitarnya. Drama ini menampilkan bagaimana seorang pria berusia 37 tahun berinteraksi dengan orang-orang yang usianya dua kali lipat dari dirinya.

11. Reply 1988 (2015).

Judul drama Korea keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 menjadi salah satu drama Korea bertema keluarga yang sangat disukai banyak orang. Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA yang sudah terjalin sejak kecil. Bahkan keluarga mereka pun ikut turut akrab karena hidup bertetangga.

Kehidupan yang akrab tersebut terjalin sampai mereka dewasa dan berhasil menciptakan lingkungan yang suportif bagi tumbuh-kembang anak-anak remaja. Serial drama ini berhasil meraih poin tinggi di IMDb dengan raihan 9,1/10. Selain itu, seri pertama dari seri Reply ini merupakan yang paling populer dibandingkan sekuel selanjutnya seperti Reply 1994 dan Reply 1997.