Brilio.net - Ada banyak tema untuk rekomendasi film Korea terbaik, termasuk soal film Korea yang menceritakan kisah sebuah persahabatan. Film-film tersebut menampilkan bagaimana satu-dua orang atau berkelompok saling bekerja sama dan sekaligus terikat secara emosional.

Film-film Korea yang mengangkat tema persahabatan tersebut tampil dengan begitu menyenangkan. Tidak hanya itu, film-film tersebut juga tampil dengan perasaan haru sehingga bisa membuat siapa pun yang menontonnya ikut larut dalam berbagai momen yang ditampilkan.

Film-film Korea bertema persahabatan menjadi salah satu tema yang cukup menarik ditonton. Selain itu, film-film tersebut juga hadir dengan berbagai latar dan plot cerita yang tak kalah menarik.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (25/1), berikut 11 rekomendasi film Korea terbaik kisah persahabatan, Sunny penuh haru.

1. Sweet and Sour (2021).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet and Sour berkisah tentang cinta segitiga yang menimpa Jang-hyuk. Saat cerita dimulai, Jang-hyuk menjalin hubungan romantis dengan Jung Da-eun yang bekerja sebagai perawat. Awalnya, hubungan mereka romantis sekali dan seolah dunia hanya miliknya sendiri, sementara orang lain hanya ngontrak.

Namun, kisah manis tersebut kemudian perlahan berubah ketika Jang-hyuk mulai bersaing untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di perusahaannya. Ia bersaing dengan Han Bo-yeong yang juga menginginkan posisi yang sama. Alih-alih bersaing, mereka pun bekerja sama untuk mendapatkan hasil terbaik. Mereka kemudian saling berteman akrab hingga satu sama lain memiliki rasa yang sama. Sementara itu, Jang-hyuk tidak mungkin menduakan Jung Da-eun begitu saja.

2. On Your Wedding Day (2018).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

On Your Wedding Day merupakan kisah cinta platonik yang hanya cukup melihat orang yang dicintai bahagia tanpa harus memiliki seutuhnya sebagai seorang kekasih. Hal itulah yang terjadi pada Hwang Woo-yeon yang menerima undangan pernikahan dari orang pertama yang dicintai dahulu.

Woo-yeon mengenang semua kehidupan yang pernah dilaluinya bersama Hwan Seung-hee yang sebentar lagi melangsungkan pernikahan. Mulai saat mereka sama-sama sekolah di tempat yang sama hingga mereka berdua dewasa. Mereka berdua percaya tentang cinta sejati pada pandangan pertama. Namun, takdir tak selalu sekata dengan mereka. Woo-yeon hadir ke pernikahan Seung-hee dan mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian terindah dari kehidupannya. Hal ini kemudian membuat Woo-yeon punya arti lain tentang sebuah pernikahan.

3. Pure Love (2016).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

Pure Love atau Unforgettable hadir dengan alur mundur yang dikisahkan oleh seorang DJ radio yang mendapat surat dari cinta pertamanya yang berhasil menghadirkan kenangan masa lalu yang hampir dilupakannya. Surat tersebut mengisahkan peristiwa 23 tahun lalu tentang lima sekawan yang menghabiskan musim panas bersama. Selain itu, surat tersebut juga bercerita tentang Beom-sil yang pemalu dan polos jatuh cinta kepada Soo-ok.

Beom-sil naksir Soo-ok dan menunggu di dekat jendela gadis itu selama musim panas. Soo-ok menderita cedera kaki yang membuatnya tidak bisa berjalan dengan baik sehingga dia selalu digendong oleh Boem-sil. Cinta itu mekar dan bagaimana dia selalu melihatnya sebagai gadis yang ingin dia nikahi di masa depan.

4. My Annoying Brother (2016).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

My Annoying Brother mengisahkan Doo-young yang kehilangan penglihatannya secara permanen saat mengikuti perlombaan Judo Internasional. Selain kehilangan penglihatannya, ia juga kehilangan kariernya sebagai seorang atlet judo.

Walaupun begitu, Doo-young kemudian ditemani oleh Go Doo-shik, sepupunya yang dulu sering usil, tetapi kini mulai sangat peduli dengan kondisi Doo-young. Doo-shik berusaha untuk selalu memberikan semangat kepada sepupunya tersebut dan menumbuhkan persahabatan yang subtil.

5. The Beauty Inside (2015).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Beauty Inside mengisahkan Woo-jin yang selalu menjadi orang yang berbeda setiap harinya setelah bangun tidur. Sampai kemudian suatu hari ia jatuh cinta kepada Yi-soo dan berinteraksi secara intens dalam sehari. Namun, saat keesokan harinya, Woo-jin sudah menjadi orang lain dan tidak ingat apa pun tentang apa yang sudah dilakukannya sehari sebelumnya.

6. A Werewolf Boy (2012).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

A Werewolf Boy berkisah tentang Kim Sun-yi yang sudah sepuh kembali lagi ke kampung halaman di Korea setelah puluhan tahun pergi ke Amerika karena Perang Korea. Kim Sun-yi punya sejarah panjang mengapa dirinya bisa selamat dari kondisi perang tersebut dan bisa pergi ke Amerika. Sun-yi pergi bersama dua orang putrinya

Ketika sampai di rumah tersebut, Sun-yi menemukan seorang lelaki yang terkunci dalam sebuah ruangan. Selain itu, di rumah tersebut juga ada Ji-tae yang juga jatuh cinta kepada anak tertua Sun-yi dan punya sebuah rencana misterius kepada keluarga Sun-yi.

7. Sunny (2011).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

Sunny berkisah tentang tujuh gadis remaja menjadi teman baik di sekolah menengah, kemudian sebuah peristiwa memisahkan mereka selama 25 tahun. Ketika salah satu dari mereka terbaring sekarat di rumah sakit, ia ingin melihat anggota lainnya untuk terakhir kalinya.

Cerita tersebut terjadi ketika Im Na-mi berkunjung ke rumah sakit untuk menjenguk mertuanya. Tanpa sengaja, ia bertemu dengan Chun-hwa, sahabat lamanya yang dirawat di rumah sakit tersebut. Chun-hwa pun merindukan sahabat-sahabat lamanya dan ingin bertemu dengan mereka semua sebelum ia meninggal dunia akibat kanker yang dideritanya.

8. Harmony (2010).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

Harmony berkisah tentang kehidupan pilu para perempuan yang terpaksa hidup di penjara. Kim Moon-ok, seorang profesor musik di sebuah universitas divonis hukuman mati setelah membunuh suami beserta selingkuhannya. Saat di penjara, ia bertemu dengan Hong Jeong-hye yang divonis 10 tahun penjara setelah membunuh suaminya yang sudah melakukan kekerasan fisik kepadanya.

Saat di penjara, Jeong-hye sudah hamil dan bayi yang dikandungnya lahir di penjara. Namun, Jeong-hye tidak bisa mengasuh bayinya di penjara dan harus menyerahkan ke lembaga adopsi untuk diasuh oleh orang lain. Sebelum hal itu terjadi, Jeong-hye membentuk paduan suara dan Moon-ok menjadi pimpinan kelompok paduan suara ini. Para napi dan petugas lapas pun terharu dengan penampilan dan persembahan terakhir untuk anak Jeong-hye.

9. Castaway On The Moon (2009).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

Castaway On The Moon bercerita tentang orang-orang yang kesepian akibat modernisasi. Seorang pria paruh baya yang ingin bunuh diri dengan cara lompat dari atas jembatan di sungai Han. Kim Seong-geun memang sedang dirundung malang tak berkesudahan. Ia terlilit hutang kartu kredit, kehilangan pekerjaan, dan pacarnya pergi meninggalkannya.

Setelah melompat, ia kemudian malah terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni yang kemudian mempertemukannya dengan Kim Jung-yeon. Mereka kemudian saling bertukar pesan dan saling membantu memberikan makan agar Seong-geun tetap bisa makan.

10. The Happy Life (2007).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Happy Life berkisah tentang Gi-yeong yang menganggur untuk sementara waktu dan tiba-tiba mendapatkan kabar bahwa seorang teman SMA-nya meninggal dunia. Saat tiba di pemakaman, Gi-yeong bertemu dengan teman-teman SMA-nya yang lain dan juga bertemu dengan putra sahabatnya tersebut.

Momen tersebut menjadi momen reuni Gi-yeong dan teman-temannya. Mereka berencana menghidupkan kembali band yang pernah buat dan dinamakan Active Volcano pada 20 tahun lalu. Di tengah kesibukan masing-masing, Gi-yeong dan teman-temannya serta juga putra mendiang ikut menghidupkan kembali band yang penuh kenangan tersebut.

11. Boys of Tomorrow (2006).

film Korea terbaik kisah persahabatan berbagai sumber

foto: imdb.com

Boys of Tomorrow berkisah tentang Ki-su yang tinggal di sebuah studio bawah tanah dan bekerja sebagai seorang supir. Di studio tersebut, ia memelihara semua harapannya sembari bermain drum.

Sementara itu, Jong-dae ingin memiliki pistol agar ia bisa lebih kuat dari komplotan gangster yang ada di kotanya. Suatu hari mereka harus merawat putra kakak Ki-su karena kakaknya tidak mau mengurusnya lagi. Mereka kemudian berjuang menjadi orang tua agar anak tersebut bisa tumbuh dengan sehat dan sekaligus menumbuhkan harapan kembali dua orang laki-laki yang nyaris putus asa.

(brl/far)

(brl/far)