Brilio.net - Film horor Korea terbaik menjadi salah satu alternatif tontonan bagi para penggemar yang sudah jenuh dengan berbagai tema biasanya. Film horor ini menampilkan kisah yang mampu membawa para penontonnya pada pengalaman yang barangkali sulit dilupakan.

Film Korea horor terbaik tersebut tampil dengan adegan menyeramkan dan menegangkan. Selain itu, film-film tersebut menampilkan plot cerita yang sulit ditebak.

Mulai dari bertemu hantu di sebuah tempat hingga cerita sebuah keluarga yang harus menghadapi arwah penasaran. Cerita-cerita tersebut ada pula yang begitu akrab dengan kehidupan masyarakat Asia pada umumnya dan juga kehidupan urban yang penuh dengan teka-teki menyeramkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (26/1), berikut 11 film horor Korea terbaik, The Closet seramnya bikin merinding.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. The 8th Night (2021).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

The 8th Night merupakan cerita bertema horor yang mengisahkan keadaan saat 2.500 tahun yang lalu ada monster yang membuka gerbang negara. Terbukanya gerbang tersebut menjadi awal bagi penderitaan manusia. Lalu sang Buddha muncul untuk menghadapi monster tersebut dengan mengambil dua mata monster tersebut, mata merah dan mata hitam.

Namun, kedua mata tersebut sempat terlepas dari tangan sang Buddha dan hanya mata hitam yang dapat dikurung dalam peti sarira. Sementara mata merah lari dan bersemayam di tubuh manusia. Kisah bergulir untuk mengembalikan mata merah ke tangan sang Buddha agar dikurung di peti yang sama dengan mata hitam.

2. Whispering Corridors 6: The Humming (2020).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

Whispering Corridors 6: The Humming berkisah tentang kehidupan Eun-hee saat bekerja di sebuah sekolah yang pernah menjadi sekolahnya dahulu. Di sekolah tersebut, ia menjadi wakil kepala sekolah. Walaupun pernah menjadi murid dan menjadi pejabat di sekolah tersebut, ia tak lagi bisa mengingat apa saja yang pernah dilakukannya semasa sekolah.

Di sekolah tersebut, ia bertemu dengan Ha-young yang menjadi korban perundungan, tetapi kemudian membuatnya menjadi tukang onar di sekolah. Suatu hari, Ha-young pergi ke kamar mandi tertutup dan mendengar bisikan hantu yang mirip dengan Eun-hee. Hal ini membuat Ha-young menuduh Eun-hee. Eun-hee tiba-tiba mengalami gangguan penglihatan dan halusinasi pendengaran. Hal itu kemudian melibatkan mereka berdua pada sebuah misteri sekolah yang selama ini belum pernah terungkap.

3. The Closet (2020).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

The Closet mengisahkan Sang-won, seorang pria yang baru saja ditinggal istinya karena meninggal dunia. Agar rasa sedihnya tidak berkepanjangan, Sang-won dan putrinya pun pindah ke rumah baru.

Namun, bukannya bahagia dan bisa melupakan segala kenangan terhadap mendiang istrinya, mereka kemudian merasakan berbagai hal aneh di rumah tersebut. Hingga suatu hari putri Sang-won hilang secara misterius. Sang-won pun mengundang dukun pengusir setan yang menyatakan bahwa putrinya ada di dalam sebuah lemari di rumah tersebut.

4. Alive (2020).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

Alive bermula saat sebuah bangunan padat penduduk dikepung oleh serangan zombi ganas yang disebabkan oleh virus tidak dikenal. Film ini berfokus pada perjuangan Oh Joon-woo, seorang pemain game video yang berusaha menyelamatkan diri dari wabah zombi mematikan.

Di tengah kondisi mencekam dan serba dalam ketidakpastian, semua orang di kota tersebut tak lagi bisa mengakses internet, telepon, dan listrik. Kota lumpuh dan wabah zombie semakin melebar.

5. Metamorphosis (2019).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

Metamorphosis berkisah saat sebuah keluarga disusupi oleh roh jahat yang menyamar sebagai manusia. Hal itu terjadi saat sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan ketiga anaknya untuk memutuskan pindah rumah.

Namun, kepindahan ke rumah baru tersebut bukan membuat mereka bahagia, melainkan menjadi babak baru dengan berbagai kejadian menyeramkan. Sampai suatu ketika, salah satu anggota keluarga tersebut dirasuki atau disusupi roh jahat yang bertingkah aneh. Hal ini kemudian membuat anak tertua keluarga ini memanggil pamannya yang menjadi pastor untuk melakukan pengusiran setan.

6. The Divine Fury (2019).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

The Divine Fury berkisah tentang Yong-hoo, seorang juara seni bela diri yang mendapatkan kekuatan ilahi untuk melawan kekuatan jahat yang kuat. Setelah masa kecil yang tragis, yang melibatkan kematian orang tuanya, Yong-hoo telah memendam kebencian yang mendalam terhadap Yang Mahakuasa.

Yong-hoo kemudian menggunakan kemarahan tersebut untuk menjadi petarung MMA yang sukses. Setelah pertarungan di Amerika Serikat, ia mengembangkan stigmata yang memaksanya untuk mencari bantuan dari Bapa Ahn, seorang pendeta. Pendeta tersebut merupakan pengusir setan melihat potensi dalam diri Yong-hoo setelah lukanya mengalahkan iblis. Yong-hoo dan Bapa Ahn kemudian menjalin kerja sama untuk memburu dan mengusir hantu yang ada di Korea Selatan.

7. Warning: Do Not Play (2019).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

Warning: Do Not Play berkisah tentang Mi-jung, seorang sutradara film horor pemula yang mulai kehabisan ide ketika ingin menggarap film terbarunya. Hal ini lantas sempat membuatnya bingung apa yang harus dilakukannya.

Sampai suatu ketika, Mi-jung mendengar bahwa ada film horor terlarang yang konon dibuat oleh hantu 8 tahun silam. Mi-jung tak lantas langsung percaya bahwa hal semacam itu benar-benar ada. Berbekal rasa penasaran yang kuat, Mi-jung pun melakukan riset desas-desus tersebut untuk menjadi bahan film terbarunya.

8. Gonjiam: Haunted Asylum (2018).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

Gonjiam: Haunted Asylum berkisah sekelompok anak muda yang penuh hasrat keingintahuan pergi ke Gonjiam, sebuah rumah sakit jiwa angker di Korea Selatan. Hasrat keingintahuan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan untuk konten YouTube mereka dan meningkatkan trafik yang lebih tinggi.

Namun, saat menyusuri ruangan Gonjiam, mereka tiba-tiba terpisah. Mau tidak mau, mereka harus menyusuri rumah sakit tersebut masing-masing tanpa terhubung satu sama lain. Mereka kemudian menghadapi hal-hal yang sebenarnya sudah dikhawatirkan sejak awal.

9. The Mimic (2017).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

The Mimic berkisah tentang arwah yang berwujud macan dan mampu meniru suara manusia yang sudah meninggal dunia untuk menarik perhatian korbannya. Hal itu terjadi ketika Hee-yoon dan Min-ho baru saja pindah ke sebuah rumah yang terletak dekat gua Jangsanbeom, sebuah tempat yang dikenal sebagai rumah bagi arwah berwujud macam tersebut.

Walaupun tidak usil dengan gua tersebut, Hee-yoon dan Min-ho malah sering mendengar suara-suara aneh. kehidupan mereka di rumah baru tersebut tak tenang dan terusik dengan berbagai macam kejadian aneh. Kondisi semakin mencekam saat Min-ho menemukan mayat seorang perempuan di dalam gua saat ia jalan-jalan ke gua tersebut.

10. The Wailing (2016).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

The Wailing mengisahkan sekelompok polisi yang melacak serangkaian kejadian supernatural yang mengganggu di Gokseong, kota nelayan kecil. Kejadian tersebut terjadi saat seorang asing misterius datang ke kota tersebut.

Tak lama kemudian, virus zombie menyebar ke semua dusun yang dianggap sebagai kutukan roh jahat di daerah tersebut. Jong-goo (Kwak Do-won) yang merupakan polisi setempat segera bertindak dan menyelidiki kasus misterius itu. Selain menampilkan kisah yang menyeramkan, film bertema zombie ini juga menampilkan elemen budaya Korea yang membuat film hadir dan berhasil memukau para penontonnya.

11. Train to Busan (2016).

Film horor Korea terbaik merinding berbagai sumber

foto: imdb.com

Train to Busan mengisahkan Seok-woo (Gong Yoo) yang sedang mati-matian berusaha melindungi putrinya yang masih kecil di sebuah kereta yang dikuasai zombi. Zombie tersebut merupakan imbas dari wabah zombie yang terjadi di Busan.

Film ini menampilkan karakter yang berbeda, penampilan emosional, dan aksi berbahaya membuat film ini berhasil menarik perhatian banyak orang dengan adegan menyeramkan.

(brl/guf)

(brl/guf)