Brilio.net - Film-film bertema gangster tidak hanya didominasi oleh film keluaran Jepang. Tema-tema tersebut juga sering kali dihadirkan dalam industri hiburan film Korea.

Film gangster Korea tampil dengan begitu meyakinkan dengan adegan-adegan menegangkan dan penuh baku hantam. Selain itu, film-film tersebut hadir dengan cerita yang tidak hanya berkutat dengan satu kelompok, bahkan ada film yang mengisahkan gangster tanpa nama.

Selain itu, film-film tersebut diperankan oleh para aktor laga Korea yang tak diragukan lagi kemampuan aktingnya. Hal ini membuat setiap adegan tampak nyata dan bahkan dilengkapi dengan kamera yang cukup canggih untuk menciptakan efek memukau.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (21/1), berikut 11 film gangster Korea terbaik, Night in Paradise penuh baku hantam.

1. Night in Paradise (2021).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Night in Paradise berkisah saat Park Tae-goo yang dikenal sebagai mafia mendapat tawaran untuk membelot kepada Bukseong, geng saingannya yang dipimpin oleh Ketua Doh. Namun, tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Tae-goo. Hal ini kemudian membuat geng Bukseong membunuh saudara perempuan dan keponakannya.

Marah atas perlakuan tersebut, Tae-goo secara brutal membunuh Ketua Doh dan anak buahnya. Ia kemudian melarikan diri ke Pulau Jeju dan bertemu Kim Jae-yeon yang sedang terluka parah. Sembari menyelamat Jae-yeon, Tae-goo terus berlari menghindari kejaran geng Bukseong.

2. Deliver Us from Evil (2020).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Deliver Us from Evil berkisah tentang Kim In-nam yang sedang melakukan misi pembunuhan terakhirnya di Thailand. Ia berniat untuk menjadikan pembunuhan tersebut untuk terakhir kalinya.

Namun, orang yang dibunuh oleh In-nam adalah saudara kandung Ray. Hal ini membuat In-nam menjadi target penculikan Ray yang akan segera menyusulnya ke Thailand. In-nam tak tahu bahwa orang yang dibunuhnya adalah seorang pimpinan gangster Jepang yang disegani. Bersama Yui, In-nam pun segera menyusun aksi pelariannya dari kejaran mafia berbahaya tersebut.

3. The Gangster, The Cop, The Devil (2019).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Gangster, The Cop, The Devil mengisahkan Jang Dong-soo, seorang ketua gangster di Cheonan yang menjadi target pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Kang Kyung-ho. Reputasi Dong-soo sebagai seorang ketua gangster membuatnya bisa selamat dari target pembunuhan.

Sementara itu, Detektif Jung Tae-suk harus mengusut pelaku pembunuhan berantai tersebut dan memasukkannya ke penjara. Namun, ia tidak punya informasi apa pun terkait itu. Hal ini membuat Tae-suk bekerja sama dengan Dong-soo untuk menangkap Kyung-ho walaupun harus berkompromi dengan seorang ketua penjahat yang terorganisir.

4. Believer (2018).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Believer mengisahkan perjuangan Won-ho, seorang detektif dari Unit Narkotika yang berusaha untuk menangkap Mr. Lee, ketua gangster sekaligus bandar kartel narkoba terbesar di Korea. Namun, tidak seorang pun tahu siapa Mr. Lee sebenarnya dan bagaimana penampilannya, termasuk anak buahnya sendiri.

Menyadari kenyataan tersebut, Won-ho kemudian bekerja sama dengan Seo Young-rak, seorang pengedar narkoba rendahan yang juga satu jaringan dengan Mr. Lee. Walaupun sudah membawa orang dalam, hal itu tak lantas membuat Won-ho segera menemukan siapa sosok sebenarnya Mr. Lee. Keduanya pun mau tak mau harus berhadapan dengan orang-orang yang sering mengaku sebagai Mr. Lee dan juga anak buahnya yang tak pernah tahu siapa bos mereka.

5. The Drug King (2018).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Drug King merupakan kisah nyata dari Lee Doo-sam, seorang penyelundup narkoba yang terkenal di Busan pada era 1970-an. Doo-sam awalnya adalah anggota faksi Chilsung di Busan dari Provinsi Hwanghae.

Namun, pada awal 1970-an, ia menyelundupkan berlian dan produk lainnya, termasuk narkoba pada tahun selanjutnya. Semua barang tersebut didistribusikan di wilayah domestik dan diekspor ke Jepang. Hal ini pun lantas membuat Doo-sam kaya dari bisnis tersebut.

6. The Outlaws (2017).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Outlaws merupakan sekuel pertama dari film The Roundup yang akan tayang pada 2022 ini. Film yang dibintangi Ma Dong-seok atau Don Lee berkisah tentang sebuah peristiwa nyata yang terjadi pada 2004 dan 2007 hingga kemudian dikenal dengan Insiden Heuksapa.

Film ini mengisahkan pertarungan antara geng lokal dan seorang detektif yang sudah lama mengincar gangster tersebut. Film ini direncanakan akan segera rilis pada paruh kedua 2022 ini.

7. Real (2017).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Real mengisahkan kehidupan aneh yang dialami oleh Jang Tae-yeong, seorang bos gangster sukses sekaligus pemilik kasino. Tae-yeong punya kepribadian ganda yang sama sekali berbeda dengan dirinya. Hal ini sering membuatnya kewalahan menghadapi dirinya sendiri.

Tae-yeong pun mencari bantuan dan meminta Dr. Choi Jin-ki membantu untuk menyembuhkannya dengan menyingkirkan kepribadiannya yang lain. Sang dokter pu membuat rencana rumit yang harus diikuti oleh Tae-yeong. Namun, hasil dari rencana tersebut ternyata malah membuat dua kepribadian yang berbeda tersebut bertengkar satu sama lain dalam satu tubuh Tae-yeong.

8. New World (2013).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

New World mengisahkan penyusupan Lee Ja-Sung (Lee Jung-jae), seorang perwira polisi yang menyamar sebagai pegawai yang bekerja di Goldmoon International, sindikat kejahatan korporasi terbesar di Korea Selatan. Penyamaran tersebut ia lakukan selama 8 tahun dengan segala macam risiko yang sudah dialaminya. Chief Kang (Choi Min-sik), atasannya di kepolisian berjanji akan memindahkannya segera dari tempat tersebut. Namun, Kang menunda rencana tersebut dan Ja-Sung marah. Ja-Sung pun mengancam untuk keluar dari kepolisian.

Namun, ancaman tersebut berbalik ancaman lain dari Kang yang mau membocorkan identitas Ja-Sung sebenarnya kepada para sindikat yang dapat membuatnya mati di tempat tersebut. Sebuah peristiwa membawa Ja-Sung akhirnya menjadi penjahat penuh karena persahabatan eratnya dengan Jung Chung dan ia sudah muak dengan Chief Kang yang sudah berencana menghancurkan reputasinya sebagai seorang polisi.

9. Nameless Gangster (2012).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Nameless Gangster berkisah tentang perjalanan hidup menantang yang dialami oleh Choi Ik-hyun, seorang mantan pegawai bea cukai yang terjerat kasus suap bersama rekan-rekannya. Ia kemudian menjadi satu-satu pegawai yang dipecat dari perusahaan bea cukai tersebut karena memiliki tanggungan yang lebih sedikit.

Suatu ketika, ia bersama Tuan Jang yang menjadi rekannya setelah dipecat, menemukan 10 kg hiropon atau sabu-sabu. Barang tersebut kemudian dibawa ke Choi Hyung-bae untuk dijual ke Yakuza Jepang. Sejak saat itu, Ik-hyun menjadi pengusaha yang mendisbusikan narkoba ke beberapa wilayah di Korea dan Jepang.

10. The Man From Nowhere (2010).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Man from Nowhere berkisah tentang Cha Tae-sik, seorang pegawai pegadaian yang dikenal sebagai seorang pendiam dan tinggal bersama seorang putri bernama So-mi yang tak lain adalah anak dari Hyo-jeong. Namun, di balik sikap dinginnya tersebut, Tae-sik punya rahasia besar yang tak banyak orang tahu.

Suatu hari, Tae-sik kembali harus berurusan dengan kelompok jaringan narkoba, sebuah dunia yang sudah ditinggalkannya bertahun-tahun lampau. Hyo-jeong terlibat dalam sebuah kasus pencurian heroin yang membuatnya dikejar-kejar oleh kelompok jaringan narkoba. Namun, heroin yang dibawanya disimpan di tas yang dibawa oleh Tae-sik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kemudian para geng narkoba tersebut meminta agar Tae-sik membawa tas tersebut.

Awalnya, Tae-sik tidak ingin menghiraukan hal tersebut. Namun, So-mi yang selama ini menjadi teman kecilnya, turut menjadi sandera dan membuatnya harus ikut terlibat lebih jauh. Hal ini kemudian membuat sosok Tae-sik yang tersembunyi selama ini muncul dan tampil dalam bentuk yang sebenarnya.

11. A Dirty Carnival (2006).

Film gangster Korea terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

A Dirty Carnival berkisah tentang Kim Byung-doo, seorang gangster rendahan yang tidak bisa menyelamatkan keluarganya dari penggusuran. Selain itu, ia sering kali dianggap remeh oleh Sang-chul, bos sehingga Byung-doo jarang dan bahkan tidak pernah pernah mendapatkan proyek strategis.

Pada suatu kesempatan, Byung-doo menawarkan diri untuk menyelesaikan Presiden Hwang yang sebelumnya ditolak oleh Sang-chul dengan berbagai alasan. Setelah berhasil melaksanakan aksinya, Byung-doo bertarung melawan bosnya dan membunuhnya. Film ini menggambarkan bagaimana kehidupan gangster yang tak selamanya punya loyalitas penuh.