Brilio.net - Selain hadir dengan kisah romantis yang rumit dan manis, film Korea juga menghadirkan beragam tema menarik, termasuk film horor. Horor menjadi salah satu genre yang cukup banyak diminati dan berhasil menarik banyak penonton.

Film horor Korea hadir dengan kisah yang berangkat dari cerita rakyat lokal yang diperkirakan pernah hadir pada zaman dinasti masih eksis di Korea Selatan. Selain itu, film bergenre tersebut juga diangkat dari adaptasi medium lain seperti manga atau novel. Film-film tersebut menyajikan tontonan menarik dan berhasil meyakinkan bahwa film tersebut adalah film horor yang seram.

Sejak era 2000-an, film horor Korea berhasil menghadirkan cerita-cerita menarik dan mengejutkan. Film-film tersebut disebut sebagai film yang berhasil membuat penonton merinding dan bahkan ngeri melihat adegan horor dalam film-film horor Korea. Bahkan, situs Rotten Tomatoes membuat daftar film horor Korea terbaik sepanjang masa ini.

Dirangkum brilio.net dari Rotten Tomatoes dan dari berbagai sumber, Senin (29/11), berikut 9 film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes.

1. Seoul Station (2016).

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Seoul Station merupakan film horor animasi yang mengisahkan seorang wanita muda yang harus bertahan hidup. Latar dari cerita tersebut terletak di sekitar Stasiun Seoul. Film ini berkisah tentang tiga karakter utama: Suk-gyu, seorang ayah yang mencari putrinya yang melarikan diri (Hye-sun), yang ditemukan masih hidup dan menjadi pelacur.

Suk-gyu menemukan putrinya saat Ki-woong, pacar putrinya, mencoba untuk menjadi mucikari dan menjual putrinya. Tepat saat pertemuan tersebut, epidemi zombie pecah di Seoul dan kisah menyeramkan pun dimulai. Selain disebut berfungsi sebagai prekuel dari film live action dari Train to Busan, film ini berhasil meraih poin sempurna 100 persen di Rotten Tomatoes.

2. The Wailing (2016).

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

The Wailing mengisahkan Desa Gokseong yang semula damai, tiba-tiba dihebohkan dengan pembunuhan berantai dua keluarga yang masing-masing dilakukan oleh anggota keluarga itu sendiri. Dari fakta yang ditemukan, anggota keluarga yang membunuh keluarganya sendiri tersebut diduga membunuh karakter kerasukan iblis yang datang ke desa tersebut.

Jong Goo, salah satu polisi di desa tersebut, harus ikut khawatir setelah putri satu-satunya menunjukkan hal aneh. Hal ini kemudian membuat Jong Goo mendatangi seorang pria Jepang yang baru datang ke desa Gokseong dan tinggal di tengah hutan. Film yang penuh kisah misteri ini menjadi film terbaik kedua versi Rotten Tomatoes dengan meraih skor 99 persen.

3. Train to Busan (2016).

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Seok-woo barangkali harus menghadapi kesialan yang mengerikan saat ia mengajak putrinya untuk pergi ke Seoul untuk menemui istrinya. Bukannya menjadi perjalanan indah dan hal-hal ceria, saat Seok-woo sampai di Busan, ia pun sadar bahwa ada hal yang menjanggal telah terjadi kota tersebut.

Film ini mengisahkan bagaimana Seok-woo harus pergi dan selamat dari bencana zombie apocalypse. Film menjadi salah satu film horor Korea yang cukup sukses dan mencatat rekor sebagai film Korea pertama pada 2016 yang memecahkan rekor penonton lebih dari 10 juta penonton. Film ini berhasil menjadi film ketiga terbaik versi Rotten Tomatoes dengan skor 94 persen.

4. The Host (2006).

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

The Host mengisahkan monster yang menculik putri seorang pria, dan upayanya untuk menyelamatkannya. Menurut sutradara, inspirasinya berasal dari artikel lokal tentang ikan cacat dengan tulang belakang berbentuk S yang ditangkap di Sungai Han.

Film ini mengisahkan sosok monster misterius muncul dari Sungai Han di Seoul, membunuh ratusan orang dan menyeret Hyun-seo. Begitu keluarganya sadar bahwa dia tengah ditahan, mereka pun berjuang untuk menyelamatkannya.

Film yang ditayangkan pada 27 Juli 2006 ini berhasil meraih pendapatan kotor tertinggi pada akhir penayangannya hingga berhasil menjual 13 juta tiket. Selain itu, film ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan termasuk Film Terbaik di Asian Film Awards dan di yang Blue Dragon Film Awards. Film ini mendapatkan nilai 93 persen.

5. Gonjiam Haunted Asylum (2018).

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Film horor ini didasarkan pada kisah nyata yang pernah terjadi di sebuah rumah sakit dan menjadi legenda urban di Korea Selatan. Seluruh kru webseries horor tersebut menyusun sebuah misi untuk mengeksplorasi seluruh penjuru rumah sakit dan mengambil gambar dan semua momen yang ada. Film ini berhasil meraih skor 91 persen dan menjadi film kelima terbaik di Rotten Tomatoes.

6. Save the Green Planet! (2003)

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Save the Green Planet! mengisahkan Byeong-gu, seorang yang percaya akan ada alien dari Andromedia yang akan menyerang bumi dan hanya dirinya yang dapat mencegah semua hal tersebut terjadi. Ia kemudian merencanakan penculikan terhadap seorang eksekutif farmasi yang kuat sekaligus yang ia yakini sebagai makhluk luar angkasa.

Misi tersebut ia lakukan bersama pacar pemain sirkusnya yang punya sifat kekanak-kanakan. Beragam peristiwa telah membuat Byeong-gu percaya bahwa seorang eksekutif farmasi tersebut benar-benar seorang alien.

Hadir dengan beragam genre, termasuk kesan genre horor, film ini berhasil menghadirkan peristiwa mencekam dan juga adegan dramatis lain. Film ini berhasil menjadi film keenam terbaik dengan skor 90 persen di Rotten Tomatoes.

7. #Alive (2020).

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

#Alive menceritakan sebuah kota yang menjadi kacau dan mengubah manusia menjadi zombie. Oh Joon-woo (Yoo Ah-in) saat itu menghabiskan waktunya dengan bermain game di apartemen miliknya. Kemudian seorang pemain meminta bantuan Joon-woo untuk menonton TV.

Dari situlah ia menyadari bahwa seluruh kota menjadi kacau dan banyak orang di kota menjadi zombie. Di dalam apartemen tersebut, ia hanya seorang diri dan hampir menjadi zombie saat seorang tetangga menyerangnya di balik pintu.

Joon-woo kemudian mengabarkan kondisinya tersebut di media sosial dan beberapa saat kemudian, jejaring internet di apartemennya perlahan hilang diikuti oleh jaringan telepon dan juga air di apartemen. Saat ini mencoba memilih bunuh diri karena putus asa dengan kondisi di sekitarnya, ia kemudian melihat cahaya laser yang bergerak di sekitar apartemennya.

Film ini mengisahkan bagaimana Joon-woo mau tak mau harus berdiam diri seorang diri dan stress karena tak ada orang lain yang menemaninya. Film ini tayang secara global pada 8 September 2020 dan berhasil meraih respons positif. #Alive berhasil meraih nilai 88 persen di Rotten Tomatoes.

8. A Tale of Two Sisters (2003)

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

A Tale of Two Sisters merupakan film horor-psikologi yang terinspirasi dari cerita rakyat era Dinasti Joseon yang berjudul Janghwa Hongryeon jeon. Film ini fokus pada kisah seorang pasien yang baru saja dibebaskan dari rumah sakit jiwa yang kembali ke rumah bersama saudara perempuannya.

Kembalinya perempuan tersebut hanya untuk menghadapi peristiwa yang mengganggu antara ibu tirinya dan hantu yang menghantui rumah mereka. Semua misteri tersebut kemudian terhubung dengan masa lalu yang kelam dalam sejarah keluarga. Film ini berhasil meraih ulasan positif dari para kritikus film dan menjadi Film Terbaik di Festival Film Fantasporto 2004. Selain itu, film ini berhasil meraih nilai 85 persen di Rotten Tomatoes.

9. Three... Extremes (2004)

Film horor Korea terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Three... Extremes merupakan film horor antologi yang terdiri dari cerita tiga individu dari negara Asia Timur berbeda: Cina, Jepang, dan Korea Selatan. Film ini merupakan kolaborasi dari sutradara handal di dunia hiburan Asia, Park Chan-wook, Fruit Chan, dan Takashi Miike.

Mereka membuat mimpi buruk yang dirangkai menjadi sebuah gambar berjalan dengan sebuah cerita yang memiliki benang merah. Film ini memiliki tiga cerita pendek, Dumpling (The Hong Kong Extreme), Box (The Japan Extreme), dan Cut (Korean Extreme). Film ini berhasil menggabungkan cerita horor dari tiga negara berbeda dan memiliki satu benang merah menarik. Film ini berhasil menjadi film terbaik kesembilan di Rotten Tomatoes dan berhasil meraih skor 84 persen.

(brl/pep)

(brl/pep)