Brilio.net - Film Korea yang diangkat dari kisah nyata menjadi salah satu film Korea yang sangat direkomendasikan. Sebab, film-film menampilkan berbagai hal yang kadang jauh sekali dari kesan romantis yang kerap ditemukan dalam film Korea.

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata hadir untuk mendokumentasikan berbagai hal yang pernah terjadi di Korea, baik secara politik maupun kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak kejahatan. Selain itu, film-film tersebut tampil dengan begitu meyakinkan dan penuh cerita mencekam.

Selain itu, film Korea yang diangkat dari kisah nyata ini hadir dengan berbagai latar dan plot sehingga semakin membuat kisah-kisah tersebut lebih beragam.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (30/1), berikut 11 film Korea yang diangkat dari kisah nyata, banyak cerita mencekam.

1. Escape from Mogadishu (2021).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Escape from Mogadishu merupakan adaptasi dari peristiwa nyata saat dua wakil kedutaan dari Korea Selatan dan Korea Utara terjebak di Perang Saudara di Somalia pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Film ini mengisahkan upaya dan kerja sama dari dua kedutaan tersebut untuk bisa melarikan diri dari konflik tersebut.

Kerja sama tersebut menjadi hal yang menakjubkan di tengah kondisi negara yang punya hubungan diplomatik kurang akur. Film ini berhasil memenangkan 21 penghargaan di berbagai momen.

2. Dark Figure of Crime (2018).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Dark Figure of Crime merupakan film yang terinspirasi oleh episode ke-869 dari Unanswered, sebuah program televisi investigasi Korea Selatan, yang menceritakan kisah nyata yang terjadi di Busan. Dalam program tersebut diceritakan bahwa pembunuhan tidak pernah dilaporkan, mayat tidak pernah ditemukan, dan investigasi tidak pernah terjadi.

Film ini mengisahkan Kim Hyung-min, seorang detektif Busan yang tidak peduli dengan promosi jabatan di kepolisian, tetapi punya dedikasi tinggi untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya. Suatu waktu, ia bertemu Kang Tae-oh, seorang informan yang ternyata membawa Hyung-min pada sebuah kasus pembunuhan korban tanpa identitas.

3. New Trial (2017).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

New Trial mengisahkan kisah pilu yang dialami oleh Jo Hyun-woo setelah melihat pembunuhan seorang sopir taksi. Alih-alih menjadi saksi dalam kasus tersebut, Hyun-woo malah dituduh melakukan pembunuhan tersebut.

Joon-ho terpaksa mengakui pembunuhan yang tidak pernah ia lakukan karena dianiaya polisi. Ia pun divonis 10 tahun penjara. Setelah menjalani 10 tahun di penjara, Joon-ho pun bertemu Lee Joon-young, seorang pengacara yang banyak utang untuk membersihkan namanya di mata hukum. Film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata kasus pembunuhan Iksan yang membuat seorang remaja laki-laki menjadi tersangka pembunuhan.

4. Northern Limit Line (2015).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Northern Limit Line berkisah ketika Kopral Park Dong-hyuk yang baru saja menjadi anggota Angkatan Laut Republik Korea ditugaskan di kapal patroli PKM 375. Di tengah hingar bingar Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Jepang dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIFA, 2002, Korea Utara mengerahkan kapal pukat ikan dengan mata-mata untuk melintasi Garis Batas Utara yang menjadi garis demarkasi laut. Kapal PKM 357 akhirnya menangkap seluruh penumpang mata-mata tersebut hingga akhirnya dibebaskan atas instruksi pemerintah.

Sebulan kemudian, kejadian pengintaian yang dilakukan oleh Angkatan Laut Rakyat Korea berulang kali masuk dalam perairan Korea Selatan. Situasi semakin memanas hingga 29 Juni 2002, Pertempuran Yeonpyeong kedua dimulai dengan serangan mendadak terhadap PKM 357 oleh kapal patroli Korea Utara. Film ini mengisahkan kisah heroik para prajurit laut yang turut menjadi korban dalam pertempuran tersebut.

5. The Classified File (2015).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

The Classified File merupakan cerita yang diadaptasi berdasarkan kasus penculikan 33 hari di Busan pada 1978. Film ini mengisahkan Eun-joo, seorang gadis yang tiba-tiba hilang. Sampai dua minggu kemudian, polisi berasumsi bahwa Eun-joo sudah meninggal dunia.

Namun, ibu Eun-joo tidak percaya begitu saja. Hingga akhirnya ia pergi ke Kim Joong-san, seorang peramal terkenal dan menyatakan bahwa putrinya masih hidup. Peramal Joong-san kemudian membawanya kepada Gong Gil-yong, seorang detektif veteran dan segera menemukan Eun-joo. Dengan segala upaya memecahkan teka-teki, dua orang tersebut harus berhadapan dengan hal yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

6. Han Gong Ju (2013).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Han Gong-ju diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi di Miryang, Korea Selatan tahun 2004 silam. Film Han Gong-ju menceritakan kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh geng anak-anak SMU di Miryang yang berlangsung selama 11 bulan yang menimpa korban sebanyak 41 orang. Gong-ju adalah salah satu korbannya yang saat itu masih berusia 14 tahun.

Gong-ju adalah potret ketidakberdayaan korban pemerkosaan terutama bagi mereka yang masih anak-anak. Ia mendapat ancaman dari pelaku yang merekam kejadian dan mengancam akan menyebarluaskan rekaman tersebut jika Gong-ju buka suara. Alih-alih mendapatkan bantuan dari keluarganya, Gong-ju berusaha sendiri untuk mencari bantuan.

7. The Attorney (2013).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

The Attorney merupakan film yang terinspirasi kisah nyata kasus Burim pada 1981 yang menyebabkan 22 orang yang terdiri dari siswa, guru, dan para pekerja kantoran dipenjara tanpa surat perintah atas tuduhan palsu. Saat itu, Korea Selatan ada di bawah rezim Chun Doo-hwan yang dikenal otoriter.

Film The Attorney mengisahkan Song Woo-suk, seorang pengacara yang awalnya hanya bekerja untuk mencari uang, tiba-tiba berubah pandangan setelah melihat Park Jin-woo disiksa secara brutal. Woo-suk kemudian menjadi pengacara yang membela para korban kebrutalan aparat kepolisian Korea. Pertemuan Woo-suk dengan Jin-woo menjadi titik balik bahwa kemanusiaan berada di atas segalanya.

8. Children (2011).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Children mengisahkan lima orang anak yang pergi ke Gunung Waryong pada 26 Maret 1991 untuk menangkap katak. Namun, mereka tak pernah kembali dan dinyatakan hilang tanpa jejak. Sebelas tahun kemudian, pada 2002, tulang-tulang yang diidentifikasi sebagai anak-anak yang hilang dahulu, ditemukan di gunung yang sama.

Sejak penemuan tersebut, pihak kepolisian memutuskan untuk menyelidikinya. Pihak detektif kepolisian menyatakan bahwa pada malam anak-anak tersebut menghilang, ada seorang pemuda misterius yang juga naik ke gunung tersebut. Pemuda tersebut kemudian ditangkap dan hampir melarikan diri. Film thriller detektif ini berhasil memotret sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi di Korea Selatan.

9. Silenced (2011).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Silenced diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di Gwangju Inhwa School, sebuah sekolah berkebutuhan khusus di Korea Selatan. Film ini mengisahkan Kang In-ho, seorang guru seni di Benevolence Academy di kota fiksi Mujin, Provinsi Jeolla Utara yang baru saja masuk. Ia sangat bersemangat dengan pekerjaan barunya ini, tetapi anak-anak di sekolah tersebut malah menjauhinya. Namun, In-ho tidak begitu saja menyerah dan terus mengambil simpati murid-muridnya. Sampai kemudian para murid bersedia bercerita, In-ho kemudian tahu bahwa para muridnya telah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan para guru dan staf administrasi.

Gambaran dalam film ini kemudian membuat publik marah dan membuat kasus yang benar-benar terjadi ini dibuka kembali dan dilakukan penyelidikan. Selain itu, pada Oktober 2011, Majelis Nasional Korea Selatan menghapus undang-undang pembatasan kejahatan seks terhadap anak di bawah umur dan orang berkebutuhan khusus.

10. Voice of The Murderer (2007).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Voice of The Murderer merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata yang pernah terjadi di Korea Selatan pada 1991. Film ini mengisahkan putra Han Kyung-bae, seorang pembawa berita terkenal yang diculik oleh seseorang tanpa jejak. Penculik tersebut segera menghubungi Oh Ji-sun dan meminta 100 ribu dollar sebagai tebusan. Kyung-bae dan Ji-sun bersama polisi segera menyusun rencana untuk menyelamatkan anaknya yang diculik.

Namun, sang penculik selalu berhasil mengecoh jebakan polisi dan meminta Kyung-bae dan istrinya untuk segera meletakkan uangnya. Suara penculik yang terasa bikin merinding membuat para polisi seperti kehilangan akal. Pada suatu waktu, sang penculik pun meminta bertemu dan berkonfrontasi langsung.

11. Memories Of Murder (2003).

Film Korea yang diangkat dari kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Memories Of Murder berkisah tentang tiga detektif yang sedang memecahkan serangkaian pembunuhan brutal dan misterius di sebuah desa kecil. Mereka hanya memiliki sedikit petunjuk untuk dilanjutkan: mereka tahu si pembunuh hanya membunuh saat hujan, saat korban mengenakan pakaian merah, dan saat lagu tertentu diputar di radio.

Film yang juga menjadi film terbaik Bong Joon-ho setelah Parasite ini hadir dengan sangat baik dari komedi ke misteri dan kadang-kadang ke horor. Dalam beberapa adegan sering sulit sekali ditebak dan dapat menampilkan hal-hal yang tak terduga sama sekali.