Brilio.net - Film Korea ternyata tidak hanya menampilkan film-film biasa, melainkan juga pernah membuat berbagai film animasi. Film animasi Korea tersebut pernah mewarnai jagad dunia film dan menampilkan berbagai kisah yang tak kalah seru dengan film Korea biasanya.

Selain itu, film animasi Korea sering kali menjadi ajang pertukaran antara Korea Selatan dan Korea Utara yang menjadi momen harmonis antara kedua negara tersebut. Hal yang amat jarang sekali ditemukan dalam film atau drama Korea yang selalu dipenuhi intrik kedua negara tersebut.

Film animasi Korea ini juga ikut bersaing dalam beberapa ajang internasional dan berhasil membawa pulang piala. Film animasi Korea tersebut menjadi salah satu rekomendasi menarik dikala bosan dengan film atau drama Korea yang umum ditonton.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (9/2), berikut 11 film animasi Korea yang tak kalah seru, menghibur dan banyak cerita.

1. Underdog (2018).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

Underdog merupakan film animasi Korea yang mengisahkan keberadaan anjing terlantar yang tidak dihiraukan lagi oleh manusia. Walaupun begitu, anjing-anjing tersebut malah menemukan kebebasannya sendiri dan mulai menyadari siapa diri mereka.

Selain itu, film ini berhasil menjadi film animasi Korea yang cukup populer dan berhasil meraih beberapa penghargaan. Mulai dari rekor penjualan tiket tercepat hingga rekor sebagai film animasi Korea Selatan yang pertama tampil dalam ajang Tokyo Anime Award. Underdog juga terpilih sebagai bagian dari pertukaran film antara Korea Selatan dan Utara.

2. Seoul Station (2016).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

Seoul Station merupakan film horor animasi yang mengisahkan seorang wanita muda yang harus bertahan hidup. Latar dari cerita tersebut terletak di sekitar Stasiun Seoul. Film ini berkisah tentang tiga karakter utama: Suk-gyu, seorang ayah yang mencari putrinya yang melarikan diri (Hye-sun), yang ditemukan masih hidup dan menjadi pelacur.

Suk-gyu menemukan putrinya saat Ki-woong, pacar putrinya, mencoba untuk menjadi mucikari dan menjual putrinya. Tepat saat pertemuan tersebut, epidemi zombie pecah di Seoul dan kisah menyeramkan pun dimulai. Selain disebut berfungsi sebagai prekuel dari film live action dari Train to Busan, film ini berhasil meraih poin sempurna 100 persen di Rotten Tomatoes.

3. Lost in the Moonlight (2016).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

Lost in the Moonlight berkisah tentang Hyunjuli, gadis 13 tahun yang ikut berpartisipasi dalam latihan permainan anak-anak tradisional Korea di Istana Changdeokgung. dan secara tidak sengaja jatuh ke dunia lain – Istana Cahaya Bulan. The Moonlit Palace adalah dunia fantasi roh dan dewa misterius, di mana naga atau jamur yang bisa berbicara bukanlah hal yang luar biasa.

Bertemu teman baru, Tuan Tupai dan pejuang Won, Hyunjuli menjelajahi dunia yang aneh namun indah ini untuk menemukan jalan pulang. Namun, karena trik dari Blossom Lady, yang mencoba untuk menguasai Dunia Cahaya Bulan ini, Hyunjuli dan teman-temannya jatuh ke dalam masalah.

4. The Fake (2013).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

The Fake merupakan film animasi yang mengisahkan kritik pedas terhadap agama terorganisir di sebuah desa. Film ini mengisahkan Choi Gyeong-seok, seorang pendeta gereja yang dipercaya oleh para penduduk desa terkait masalah relokasi tempat tinggal mereka.

Selain menjanjikan tempat tinggal yang lebih nyaman, dia juga mengatakan bahwa 144.000 orang akan masuk surga jika memberikan persembahan pada gereja. Namun, niat tersebut ternyata merupakan manipulasi yang sudah direncanakan pendeta tersebut.

5. Leafie, A Hen Into the Wild (2011).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

Leafie, A Hen Into the Wild berkisah perjalanan Leafie, seorang ayam betina yang hidup di sebuah peternakan bersama ayam petelur lain. Ia ingin menjadi ibu, tetapi ia tidak bisa mengerami telurnya sendiri.

Putus asa dengan kondisi tersebut, Leafie pun kabur dari peternakan. Namun, rencana tersebut gagal karena ia keburu pingsan dan hampir dibuang oleh pemilik peternakan karena dikira mati.

Saat itu, ia hampir diterkam oleh seekor musang, tapi ia berhasil diselamatkan oleh Wanderer, seekor bebek baik hati. Ayam dan bebek tersebut menjalin persahabatan yang nantinya membantu Leafie untuk bisa mengerami telurnya sendiri.

6. The King of Pig (2011).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

The King of Pig berkisah tentang Hwang Kyung-min, yang secara implusif membunuh istrinya. Ia kemudian mencari Jung Jong-suk, teman masa SMA-nya untuk menyembunyikan amarahnya.

Jong-suk merupakan penulis hantu yang sering menulis autobiografi seseorang. Ia sudah terpisah dengan Kyung-min selama lima belas tahun dan bertemu kembali untuk pertama kalinya. Mereka kemudian saling bercerita tentang masa lalu mereka dan Kyung-min mengajak ke sekolah mereka. Saat mereka tiba, Kyung-min mengisahkan sebuah rahasia yang tak pernah ceritakan kepada siapa pun.

7. Life Is Cool (2008).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Life Is Cool berkisah tentang tiga orang sahabat tricenarian yang terdiri dari seorang yang berlagak menjadi Romeo yang patah hati, romantis yang putus asa, dan playboy konyol. Mereka bertemu kembali setelah sepuluh tahun berpisah.

Namun, pertemuan mereka kembali menjadi hal rumit setelah mereka jatuh cinta kepada wanita yang sama.

8. Mug Travel (2007).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: koreanfilm.or.kr

Mug Travel merupakan sebuah film animasi komputer Korea Selatan yang berkisah tentang Bebe, seorang gadis kecil yang sedang sendirian di malam Natal. Ia kemudian diberi liontin ajaib dari sinterklas dan ikut dalam petualangan fantastis.

Bebe bepergian dalam cangkir dengan kekuatan teleportasi, menjelajahi berbagai lokasi eksotis dari gurun hingga Kutub Utara, ditemani oleh sejumlah karakter termasuk Backkom si beruang kutub dan Konkongee si penguin.

9. Empress Chung (2005).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

Empress Chung Empress Chung menjadi film pertama yang dirilis secara bersamaan di Korea Utara dan Selatan. berdasarkan cerita rakyat Korea yang terkenal, seorang putri mengorbankan dirinya untuk mengembalikan penglihatan ayahnya yang buta.

Empress Chung berkisah ketika Shim Hak-ku yang bekerja di pemerintahan kehilangan penglihatan setelah keluarganya dihancurkan oleh para konspirator. Hak-ku buta dan jatuh miskin. Namun, ia tidak sendiri menghadapi kemalangan hidupnya tersebut. Ia ditemani oleh Shim-chung, putri cantiknya yang tumbuh menjadi perempuan kuat.

Shim-chung dikenal banyak memiliki teman yang terdiri dari berbagai hewan, mulai yang jinak hingga yang buas. Suatu hari, ia rela mengorbankan diri untuk monster laut untuk mendapatkan 300 karung besar yang nantinya akan digunakan untuk mengembalikan penglihatan ayahnya.

10. Oseam (2003).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

Oseam berkisah tentang Gami, seorang gadis buta yang lembut dan pendiam bersama adiknya, Gilson yang dikenal hiperaktif dan dikenal nakal. Mereka adalah anak yatim yang berlindung di kuil Buddha Mahayana.

Mereka terpaksa kehilangan orang tuanya dalam sebuah kebakaran yang menyebabkan Gami juga kehilangan penglihatannya. Sementara itu, Gilson masih terlalu dini untuk mengerti apa yang terjadi dan beranggapan bahwa ibu mereka hilang begitu saja. Gilson percaya bahwa suatu hari nanti, ia bisa bertemu kembali dengan ibunya.

Film ini berjalan dengan sangat lambat, seringkali cukup seperti potongan kehidupan dalam pendekatannya, meskipun dihiasi dengan momen-momen kilas balik dan adegan-adegan yang intens secara singkat. Banyak penekanan ditempatkan pada karakter, terutama anak yatim.

11. My Beautiful Girl, Mari (2000).

Film animasi Korea seru berbagai sumber

foto: imdb.com

My Beautiful Girl, Mari berkisah tentang Kim Nam-woo yang berjuang sepanjang hidup karena orang-orang di sekitarnya terus-menerus meninggalkannya. Sahabatnya, Jun-ho, akan belajar di Seoul dan dalam beberapa hal ibunya yang janda meninggalkannya juga dan lebih perhatian dengan pacar barunya.

Hal ini kemudian membuat Nam-woo ingin melarikan diri. Ia kemudian pergi ke dunia mimpi, dan bertemu dengan seorang gadis bernama Mari. Di dalam dunia mimpi tersebut, Nam-woo menemukan dirinya sudah menjadi seorang dewasa.