Brilio.net - Drama Korea terbaik bertema bisnis sangat cocok ditonton oleh para pekerja atau yang ingin menjadi seorang wirausahawan. Drama ini mengisahkan bagaimana seorang pebisnis mengurus usahanya. Tidak hanya itu, drama-drama ini juga mengisahkan bagaimana seorang bos menghadapi karyawannya, begitu pula sebaliknya.

Drama Korea terbaik bertema bisnis menampilkan berbagai dinamika usaha, baik yang sifatnya perorangan maupun perusahaan. Selain itu, drama-drama tersebut hadir dengan berbagai kisah romantis maupun komedi.

Drama Korea terbaik bertema bisnis bisa menjadi tontonan awal bagi setiap orang yang ingin terjun ke dunia bisnis secara profesional. Hal ini dapat menjadi bahan edukasi untuk kemampuan memprediksi pasar dan peluang yang bisa diciptakan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (4/2), berikut 11 drama Korea terbaik bertema bisnis, cocok ditonton wirausahawan.

1. Run On (2020-2021).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Run On berkisah tentang Ki Seon-gyeom, seorang atlet lari cepat nasional yang selalu menang di urutan kedua. Ia tumbuh di sebuah keluarga yang sangat sibuk sehingga membuat hidupnya dilewati tanpa interaksi sosial. Ia kemudian bertemu dengan Oh Mi-joo, orang pertama yang dianggapnya sebagai teman sejati.

Sementara itu, Mi-joo adalah seorang yatim piatu yang bekerja sebagai penerjemah film dan berpikir bahwa dunia sangat keras. Mereka kemudian menjalani hari-hari bersama dan saling jatuh cinta. Walaupun begitu, hidup nyatanya lebih keras dari apa yang mereka bayangkan. Mereka berdua harus mengatur pekerjaan mereka, apalagi Mi-joo yang menjadi penerjemah film harus pintar mengatur bisnisnya tersebut.

2. Start-Up (2020).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Start-Up merupakan drama Korea yang mengisahkan Lembah Silikon fiksi di Korea Selatan yang disebut Sandbox. Drama ini fokus menceritakan kisah orang-orang yang bergelut di dunia startup yang saat ini digemari banyak orang untuk menjadi seorang yang tak hanya disebut sebagai wirausahawan.

Drama ini mengisahkan Seo Dal-mi, wanita muda yang cerdas dan penuh ambisi untuk mewujudkan mimpinya menjadi Steve Jobs Korea. Walaupun tak punya latar belakang yang mewah, ia punya semangat dan daya juang yang tinggi. Ia kemudian bertemu dengan Nam Do-san, pendiri Samsan Tech yang terkenal jenius matematika. Mereka kemudian bekerja bersama di Lembah Silikon dan saling jatuh cinta.

3. Record of Youth (2020).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Record of Youth merupakan drama Korea yang memiliki hubungan nyata ketika dihadapkan dengan dua karakter yang mulai mencapai tujuan karier seumur hidup mereka. Hye-jun (Park Bo-gum) adalah model yang bercita-cita tinggi dan bermimpi menjadi aktor papan atas seperti teman masa kecilnya. Dia segera bertemu Jeong-ha (Park So-dam), seorang penata rias. Mereka segera memulai hubungan, tetapi tidak memiliki pilihan untuk bersama dan bahagia.

Sepanjang cerita, karier Hye-jun membuat hubungan mereka tegang dan bahkan membuat mereka putus. Kedua karakter tersebut meratapi tidak dapat bertemu satu sama lain karena karier mereka. Drama ini mengisahkan bagaimana sebuah hubungan terkendala dengan bisnis dan karier yang dijalankan masing-masing orang.

4. Itaewon Class (2020).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Itaewon Class berkisah tentang Park Sae-ro-yi yang berusaha membunuh Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Karena kasus tersebut, Sae-ro-yi kemudian dipenjara selama beberapa tahun. Sementara itu, Oh Soo-ah, pacar Sae-ro-yi ditawari beasiswa universitas oleh Jang Dae-hee hingga kemudian menjadi Kepala Perencanaan Strategis Jangga Group.

Meskipun menjadi narapidana, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group. Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang.

5. Money Game (2020).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Money Game berkisah tentang tiga orang yang bekerja di Komisi Jasa Keuangan dan Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan untuk menyelamatkan Korea Selatan dari krisis keuangan Asia pada 1997. Salah satu hal menarik dari drama ini adalah soal analisis soal keuangan marko dalam lingkup sebuah negara dan bagaimana negara tersebut bisa bebas dari wabah IMF yang menyangkut keuangan negara. Walaupun mencakup soal keuangan negara, drama ini menjadi tontonan penting bagi pelaku usaha agar bisa memprediksi ekonomi negaranya.

6. Pegasus Market (2019).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Pegasus Market berkisah tentang Moon Seok-goo yang bekerja sebagai manajer di Pegasus Market dalam kondisi yang memprihatinkan. Kemudian datang Jeong Bok-dong yang ditunjuk sebagai CEO baru yang dipecat dari Daema Group. Kedatangan Bok-dong tersebut membuat Seok-goo berharap Pegasus Market bisa lebih baik di kemudian hari tanpa tahu apa rencana sebenarnya Bok-dong di perusahaan tersebut.

Drama Pegasus Market mengisahkan bagaimana sebuah iklim perusahaan mengelola konflik antara bos dan pegawai. Selain itu, drama ini mengisahkan bagaimana manajemen keuangan sebuah perusahaan menjadi hal penting untuk membuat Pegasus kemudian memiliki banyak pelanggan.

7. Search: WWW (2019).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Search: WWW berkisah tentang cerita tiga wanita berusia akhir tiga puluhan, Bae Ta-mi, Cha Hyeon, dan Song Ga-kyeong yang bekerja di dua perusahaan portal web kompetitif teratas: Unicon dan Barro. Mereka bertiga dikenal sebagai pekerja yang cemerlang di masing-masing perusahaan.

Namun, kecemerlangan karier tersebut melahirkan beragam intrik dan mulai mengganggu kehidupan pribadinya. Selain itu, kehidupan romantis yang bertemu satu sama lain membuat kehidupan mereka saling terhubung walaupun bekerja di dua perusahaan yang saling bersaing.
Selain mengisahkan tentang persaingan dunia bisnis, drama ini juga mengisahkan bagaimana sebuah perusahaan mengelola uang yang dimilikinya secara efektif. Hal ini penting dilakukan agar bisnis tidak salah pasar dan menyebabkan perusahaan bangkrut.

8. Level Up (2019).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Level Up berkisah tentang An Dan-te, seorang direktur Yuseong CRC yang bertugas untuk merestrukturisasi perusahaan. Ia dikenal sebagai seorang yang punya tangan ajaib dan bisa mengembangkan perusahaan yang dikelolanya. Selain itu, ia dikenal sebagai seorang perfeksionis dan punya sikap dingin yang luar biasa.

Dan-te kemudian dikirim ke perusahaan game Joybuster dari kebangkrutan dan didapuk menjadi COE-nya. Di perusahaan baru tersebut, Dan-te bertemu dengan Shin Yeon-hwa yang hampir selalu ribut dan berselisih paham dengannya.

9. Best Chicken (2019).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Best Chicken berkisah tentang Park Choi-go yang ingin membuka sebuah restoran ayah setelah berhenti dari pekerjaannya di perusahaan besar. Ia kemudian melihat pemandian yang dimiliki oleh kakek Seo Bo-ah. Bahkan, sang kakek menawarkan diskon sewa apalagi Choi-go bisa memperkerjakan Seo Bo-ah.

Sementara itu, Seo Bo-ah merupakan seorang yang pendiam dan tinggal di lantai dua pemandian kakeknya tersebut. Selain itu, ia hanya bergaul dengan tiga orang temannya dan tak punya teman lagi. Pekerjaan bersama Choi-go ini menjadi pengalaman pertamanya berinteraksi dengan orang baru.

10. What’s Wrong With Secretary Kim (2018).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

What's Wrong with Secretary Kim adalah sebuah drama Korea yang menyorot hubungan antara bos dan sekretarisnya. Dikisahkan, Kim Mi-so memutuskan untuk mengundurkan diri secara tiba-tiba dari pekerjaannya sebagai sekretaris.

Namun, Lee Young-joon tidak mau sekretaris terbaiknya tersebut pergi begitu saja. Young-joon pun rela melakukan apa pun hingga hal-hal konyol agar Mi-so mengurungkan niatnya untuk berhenti menjadi sekretaris pribadinya. Drama ini mengisahkan bagaimana hubungan bisnis dan soal asmara yang bercampur baur dan rentan dalam hubungan yang tidak setara.

11. Strongest Deliveryman (2017).

Drama Korea terbaik bertema bisnis berbagai sumber

foto: imdb.com

Strongest Deliveryman berkisah tentang orang-orang pengantar makanan jajangmyeon (sejenis mi hitam asal Korea) yang mencoba bertahan untuk hidup sebagai pekerja paruh waktu. Tak hanya itu saja, serial ini juga akan berfokus pada kisah cinta dan kesuksesan seorang pengantar makanan restoran Cina. Drama ini berpusat pada kehidupan Choi Kang-soo, seorang pengantar makanan yang akhirnya menjadi CEO perusahaan aplikasi pengiriman.