Brilio.net - Drama Korea sad ending merupakan salah satu yang tema Korea yang selalu berakhir menyedihkan dan membuat banyak penontonnya ikut bersedih. Ada banyak cerita tentang drama Korea sad ending. Mulai dari cinta yang tak bersambut hingga hal yang lebih rumit terkait soal negara-bangsa.

Drama Korea sad ending menampilkan kisah tersedih yang barangkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kisah tersebut membuat siapa pun yang menontonnya ikut bersimpati, baik kepada karakter utama yang bersedih maupun pada peristiwa yang sudah terjadi.

Selain itu, drama Korea sad ending ini hadir dengan begitu meyakinkan lewat karakter para tokoh-tokohnya. Karena itu, drama ini layak untuk ditonton bagi siapa pun yang ingin ditemani oleh kesedihan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (18/2), berikut 11 drama Korea sad ending dijamin bikin nangis, ada yang berlatar Bali.

1. Youth of May (2021).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Youth of May merupakan drama Korea sad ending yang mengisahkan tentang pertemuan nahas antara mahasiswa kedokteran Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) dan perawat Kim Myung Hee (Go Min Si). Mereka kemudian saling jatuh cinta di tengah peristiwa badai Mei 1980, peristiwa bersejarah yang signifikan di Korea Selatan. Youth of May dijamin bikin siapa pun yang menontonnya nangis hingga drama ini berakhir.

2. Record of Youth (2020).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Record of Youth merupakan drama Korea sad ending yang memiliki hubungan nyata ketika dihadapkan dengan dua karakter yang mulai mencapai tujuan karier seumur hidup mereka. Hye-jun (Park Bo-gum) adalah model yang bercita-cita tinggi dan bermimpi menjadi aktor papan atas seperti teman masa kecilnya. Dia segera bertemu Jeong-ha (Park So-dam), seorang penata rias. Mereka segera memulai hubungan, tetapi tidak memiliki pilihan untuk bersama dan bahagia.

Sepanjang cerita, karier Hye-jun membuat hubungan mereka tegang dan bahkan membuat mereka putus. Kedua karakter tersebut meratapi tidak dapat bertemu satu sama lain karena karier mereka. Drama ini mengisahkan bagaimana sebuah hubungan terkendala dengan bisnis dan karier yang dijalankan masing-masing orang. Hingga akhir cerita, drama ini menampilkan kisah sedih dari para tokoh di dalamnya.

3. Mr. Sunshine (2018).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine merupakan drama Korea sad ending yang berkisah saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon. Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine.

Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan. Hingga akhir cerita, drama ini menampilkan kisah sedih orang Korea yang kemudian berperang melawan leluhurnya sendiri.

4. The Smile Has Left Your Eyes (2018).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

The Smile Has Left Your Eyes merupakan drama Korea sad ending yang diremake dari serial televisi Jepang 2002 Sora Kara Furu Ichioku no Hoshi. Drama ini menceritakan kisah cinta Kim Moo-young dan Yoo Jin-kang yang semakin menegaskan sebuah pepatah: benci jadi cinta. Awal mereka bertemu seperti dua orang yang saling bermusuhan sengit.

Namun, saat mereka sering bersama, mereka pun saling jatuh cinta. Walaupun tampil dengan kisah di awal cerita, drama ini memberikan plot twist yang sama sekali tak terduga saat Yoo Jin-gook, saudara laki-laki Jin-kang mulai menyelidiki hubungan cinta tersebut dan berhasil menemukan hal tak terduga. Drama ini membawa penonton pada roller coaster emosi dengan tikungan, belokan, kebohongan, dan rahasia yang begitu gelap.

5. The Hymn of Death (2018).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

The Hymn of Death merupakan drama Korea sad ending yang menggambarkan romansa tragis antara penyanyi sopran pertama Joseon Yun Sim-deok dan penulis drama jenius, Kim Woo-jin. Drama ini berkisah ketika Sim-deok berhasil merekam lagu "Praise of Death" yang sekaligus menandakan kelahiran lagu pop Korea pertama pada 1926.

Di tengah situasi perang yang mencekam, cinta Sim-deok disambut dengan baik oleh Woo-jin, seorang penulis drama panggung yang cukup dikenal. Cinta mereka kemudian bersemi di tengah dentuman perang dan sayang, nasib cinta mereka berakhir tragis.

6. The Last Empress (2018).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

The Last Empress merupakan drama Korea sad ending dengan kisah fantasi yang berlatar kerajaan monarki Korea pada 2018. Drama ini mengisahkan Oh Sunny adalah aktris musik yang cerdas dan lincah yang menikahi Kaisar Kekaisaran Korea. Ia terlibat dalam perebutan kekuasaan istana dan pembunuhan misterius yang memicu peristiwa mengancam monarki Korea, sambil mencari cinta sejati dan kebahagiaan.

Oh Sunny bekerja sama dengan Na Wang-sik yang bekerja sebagai pengawal keluarga kekaisaran untuk mengungkap kejahatan keluarga Kekaisaran. Na Wang-sik mulai bekerja di istana untuk membalas dendam pada orang yang bertanggung jawab atas kematian ibunya. Drama ini dipungkasi dengan kisah sedih dari rahasia besar kerajaan.

7. Chicago Typewriter (2017).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Chicago Typewriter merupakan drama Korea sad ending yang mengisahkan tiga pejuang perlawanan yang hidup selama pendudukan Jepang pada 1930-an di Korea. Mereka bertiga kemudian berubah ke masa kini sebagai penulis terlaris di masa kemerosotan, penggemar, dan penulis bayangan.

Drama ini menggambarkan kisah epik persahabatan, persahabatan, cinta dan pengkhianatan yang berlangsung 80 tahun. Drama ini penuh dengan alur maju-mundur sehingga membuat penontonnya ikut dalam arus yang bisa bikin mikir keras dan bahkan ikut bersedih hingga akhir cerita.

8. Prison Playbook (2017).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Prison Playbook merupakan drama Korea sad ending yang mengisahkan saat Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) seorang pelempar superstar di Korea, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena menyerang seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya.

Cerita berlanjut saat ia mencoba untuk menetap di kehidupan penjara dan terhubung kembali dengan teman masa kecilnya Lee Joon-ho (Jung Kyung-ho) yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan. Drama ini menampilkan adegan dialog yang cukup intens dengan dua karakter tersebut dan menghadirkan komedi gelap tentang penjara yang penuh dengan perilaku korupsi para penjaganya.

9. Cheese In the Trap (2016).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheese In The Trap merupakan drama Korea sad ending yang memiliki banyak elemen alur cerita yang membuat drama Korea ini berkesan. Mulai dari "sindrom second-lead" hingga kisah cinta para pria yang membosankan.

Namun, ketika sampai pada cerita Hong Seol (Kim Go-eun) mengetahui bahwa Yoo Jung (Park Hae-jin) adalah penguntitnya, Hong Seol merasa dikhianati dan memutuskan ingin berpisah dengan Yoo Jung karena dinilai punya kepribadian ganda atau bermuka dua. Walaupun keputusan tersebut tidak diterima oleh Yoo Jung, tapi ia tak bisa berbuat apa-apa selain rela melepaskan Hong Seol yang sangat dicintainya

10. Uncontrollably Fond (2016).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Uncontrollably Fond berkisah tentang Shin Joon-young dan Noh Eul, teman sekelas yang sudah lama berpisah ketika remaja karena nasib buruk. Saat dewasa, mereka bertemu kembali. Joon-young menjadi aktor sekaligus penyanyi papan atas, sementara Noh Eul menjadi seorang produser film dokumenter.

Mereka kemudian terlibat dalam proyek pembuatan film dokumenter tentang Joon-young dan membuat Noh Eul kembali mengingat masa lalunya yang sangat menyedihkan. Masa lalu yang membuat hal-hal buruk kembali teringat setelah ia berusaha untuk melupakan untuk selamanya.

11. Something Happened in Bali (2004).

Drama Korea sad ending berbagai sumber

foto: imdb.com

Something Happened in Bali merupakan drama Korea sad ending yang mengisahkan Lee Soo-jung, seorang agen perjalanan yang mencari keberuntungan di Bali setelah melewati masa kecil kurang beruntung di Korea Selatan. Di Bali, ia bertemu dengan Jung Jae-min, Kang In-wook, dan Choi Young-joo. Tiga orang tersebut ada dalam posisi terjebak dalam sebuah cinta segitiga.

Sampai suatu ketika, Soo-jung kembali ke Seoul dan mencari pekerjaan baru untuk Jae-min. Mereka semakin dekat dan membuat kisah cinta segitiga yang dahulu melibatkan mereka semakin rumit hingga membuat akhir drama ini menyedihkan sekali.