Brilio.net - Drama Korea tentang hukum menjadi salah satu tema yang sering diangkat dalam sebuah cinema. Drama Korea tentang hukum tampil dalam beragam cerita. Mulai kasus-kasus serius yang melibatkan elite politik, hingga kasus yang terkait kenakalan remaja.

Drama Korea tentang hukum tersebut menampilkan bagaimana sebuah proses hukum berjalan di Korea Selatan. Sebuah proses hukum yang tak pernah mudah dan penuh intrik politik elite yang berkuasa.

Selain itu, dalam drama Korea tentang hukum selalu ditampilkan bagaimana moral para karakternya dinilai di hadapan hukum. Drama Korea tentang hukum tidak hanya cocok ditonton oleh mahasiswa jurusan hukum, tetapi bisa ditonton oleh semua orang yang peduli hukum.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (17/2), berikut 11 drama Korea tentang hukum, ada kisah pengadilan anak di Juvenile Justice.

1. Juvenile Justice (2022).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Juvenile Justice merupakan drama Korea tentang hukum yang mengisahkan tentang kenakalan remaja yang sangat parah hingga dibawa ke jalur hukum. Pemeran utamanya adalah seorang hakim, yang akan diperankan oleh Kim Hye-soo. Dia memiliki trauma akibat kenakalan remaja sebayanya sebelum memutuskan untuk menjadi hakim. Dia diangkat menjadi hakim yang menangani pengadilan anak-anak di Distrik Yeonhwa. Drama ini tayang akhir bulan Januari lalu di Netflix.

Drama Korea tentang hukum ini dibintangi oleh Kim Hye-soo, Kim Mu-yeol, Lee Sung-min, Lee Jung-eun, dan Park Jong-hwan. Selain itu, drama Korea Juvenile Justice ini memiliki genre crime, drama, dan hukum.

2. The Devil Judge (2021).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Juvenile Justice merupakan drama Korea tentang hukum yang berlatar belakang semesta alternatif. Drama Korea The Devil Judge yang ditulis oleh Moon Yoo-seok, seorang mantan hakim ini, dibuka dengan acara peresmian Kang Yo-han sebagai hakim. Dalam acara ini, Heo Joong-se (Baek Hyun-jin), presiden terpilih lewat pemilu menerangkan bahwa Korea sedang berada dalam situasi krisis ekonomi dan politik akibat wabah.

Akibatnya, banyak perusahaan berjatuhan dan gelandangan di mana-mana. Hal ini melahirkan kekacauan di beberapa tempat. Ketimpangan sosial semakin lebar dan membuat orang tidak beruntung secara sosial bertindak nekat kepada mereka yang lebih beruntung secara sosial.

3. Law School (2021).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School merupakan drama Korea tentang hukum yang mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya.

4. Hyena (2020).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Hyena merupakan drama Korea tentang hukum yang mengisahkan dua pengacara dari Song & Kim Law Firm, yang melayani 1 persen teratas kelas menengah yang menggunakan jasa hukum. Namun, walaupun bekerja di tempat yang sama, kedua pengacara ini bertolak belakang dan sering kali saling bermusuhan.

Jung Geum-Ja (Kim Hye-Soo) dikenal sebagai hyena yang kejam, yang terombang-ambing antara hukum dan pelanggaran hukum. Jung Geum-Ja mengejar uang dan kekuasaan, tidak peduli apakah tindakannya ilegal atau kriminal. Saingannya adalah Yoon Hee-Jae (Ju Ji-Hoon) yang dikenal keras kepala dan juga keras terhadap prinsip yang dipegangnya.

5. Class of Lies (2019).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Class of Lies merupakan drama Korea tentang hukum yang mengisahkan seorang pengacara bernama Kim Moon-hyeok (Yoon Kyung-san) yang mendapat tugas untuk mengungkap kasus pembunuhan di sekolah elit. Tugas ini diberikan oleh pimpinan sekolah demi memperbaiki citra mereka di mata publik. Saat bertugas, Moon-hyeok menghadapi berbagai hal sulit yang tak pernah diketahui banyak orang tentang sekolah elit tersebut.

6. Legal High (2019).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Legal High merupakan drama Korea tentang hukum yang di-remake dari serial Jepang dengan judul yang sama. Drama ini berkisah tentang Go Tae-rim, seorang pengacara arogan tetapi memiliki tingkat keberhasilan 100 persen dalam kasusnya. Untuk memperlancar pekerjaannya sebagai seorang pengacara, ia ditemani oleh seorang pengacara nyentrik yang sering kali membuat pengungkapan kasus yang ditanganinya menarik.

Go Tae-rim bekerja sama dengan Seo Jae-in, seorang pemula yang bersemangat dan pengacara yang saleh. Namun, kerja sama tersebut selalu dipenuhi pertengkaran dan perbedaan pendapat. Walaupun begitu, demi memenangkan kasus, mereka harus bekerja sama.

7. Diary of prosecutor (2019).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Diary Of A Prosecutor merupakan drama Korea tentang hukum yang berfokus pada kehidupan dan pekerjaan sekelompok jaksa di kota fiksi Jinyoung. Setiap karakter utama memiliki kisahnya sendiri untuk diceritakan, dari seorang jaksa dengan pengalaman bertahun-tahun hingga seorang ibu tunggal yang membesarkan anaknya sendiri.

Drama ini memiliki momen-momen yang menyentuh hati dan relatable, serta alur cerita romantis yang kecil. Drama ini tidak terlalu fokus pada momen romantis yang membuat pingsan, tetapi menambahkan tingkat realisme ke kehidupan sehari-hari beberapa karakter.

8. Your Honor (2018).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Your Honor merupakan drama Korea tentang hukum yang hadir sebagai bukan drama hukum biasa, karena Han Kang-Ho (Yoon Si-Yoon) mengambil identitas saudara kembarnya setelah menghilang secara misterius. Hal yang membuat drama ini menarik, karena saudara laki-laki Kang-Ho adalah seorang hakim yang dihormati. Kang-Ho adalah kebalikan dari saudaranya, meskipun, dengan catatan kriminal yang panjang dan beberapa penangkapan.

Setelah dilihat sebagai sampah dan tidak layak, Kang-Ho sekarang dihormati dan disegani ketika dia memerankan saudara kembarnya. Drama ini menampilkan bagaimana sebuah paradoks bekerja dalam sebuah instansi hukum.

9. While You Were Sleeping (2017).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

While You Were Sleeping merupakan drama Korea tentang hukum yang mengisahkan tiga orang dewasa muda dengan kemampuan untuk melihat masa depan melalui mimpi mereka: seorang reporter lapangan, seorang jaksa pemula, dan seorang perwira polisi. Reporter lapangan melihat kecelakaan yang akan datang dan jaksa melakukan semua yang dia bisa untuk menghentikannya.

Seorang wanita diperankan Bae Suzy, yang dapat melihat peristiwa malang yang akan menimpa orang lain di dalam mimpinya, dan seorang jaksa (Lee Jong-suk) yang melakukan semua yang ia bisa untuk mencegah mimpi wanita tersebut menjadi kenyataan. Mereka kemudian terhubung satu sama lain dengan Lee Yoo-bum (Lee Sang-yeob) dan menjalin interaksi dengan intens.

10. Witch's Court (2017).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Witch's Court merupakan drama Korea tentang hukum yang mengisahkan Ma Yi-Deum (Jung Ryeo-Won), seorang jaksa penuntut yang sering bekerja untuk sebuah kasus legal dan ilegal. Ia bahkan bersedia untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuluskan semua rencananya mencari keadilan. Bahkan, jika hal tersebut harus dilakukan dengan memalsukan bukti hingga sumpah palsu.

Dalam drama ini, diceritakan bahwa Yi-Deum dipaksa untuk mengambil bagian dalam unit kejahatan seks anak-anak bersama seorang jaksa pemula yang pernah menjadi psikolog anak. Yi-Deum dan jaksa pemula tersebut tidak benar-benar akur, karena pandangan mereka yang berbeda tentang sistem hukum dan prosedurnya. Namun, Yi-Deum juga memiliki masa lalu yang menyakitkan yang tak pernah diungkapkan selama hidupnya.

11. The Good Wife (2016).

Drama Korea tentang hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

The Good Wife merupakan drama Korea tentang hukum yang diremake dari serial televisi Amerika dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan Kim Hye-kyung yang bekerja sebagai seorang pengacara. Sementara itu, Lee Tae-joon, suaminya adalah seorang jaksa.

Namun, kehidupan mereka kemudian berubah. Tae-joon ditangkap karena korupsi dan sebuah skandal politik. Hal ini sempat membuat rumah tangga mereka panas dan sempat berseteru. Walaupun begitu, Hye-kyung kemudian tampil sebagai pengacara yang membela suaminya sendiri di hadapan pengadilan.