6. Kill It (2019).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

Kill It merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang mengisahkan Kim Soo-hyun (Jang Ki-yong) yang menyamar sebagai penyayang binatang, namun sebenarnya ia adalah salah satu pria paling mematikan di dunia. Menggunakan identitas palsu tersebut sebagai pembela hewan untuk menyembunyikan identitas aslinya, Kim Soo-hyun telah menempa reputasi antara yang terburuk dari yang terburuk sebagai lambang presisi, keterampilan, dan di atas segalanya, anonimitas.

Di sisi ekstrim yang berlawanan, adalah Do Hyun-jin (Nana), seorang detektif ulet yang citra dinginnya menyembunyikan jiwa empati. Menggunakan kombinasi keterampilan dan naluri yang efektif, Do Hyun-jin akhirnya mengerjakan sebuah kasus yang membawanya langsung ke Kim Soo-hyun. Mereka awalnya saling tertarik satu sama lain. Namun, ketika Hyun-jin terlibat dalam kasus Soo-hyun, ia pun melihat langsung bagaimana orang yang baru dikenalnya tersebut meninggal dunia setelah tertembak peluru.

7. Sky Castle (2018).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

Sky Castle merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang mengisahkan insiden bunuh diri Lee Myung-joo (Kim Jung-nan), seorang ibu yang dianggap sukses karena berhasil membawa anaknya Park Young-jae diterima di SNU. Namun, capaian tersebut dianggap sebagai ambisi dari ayah dan ibunya.

Hal ini kemudian membuat ibunya menjadi stres dan akhirnya bunuh diri. Sky Castle berhasil menghadirkan cerita yang cukup menarik tentang sebuah keluarga yang serba berkecukupan, tetapi tak sepenuhnya berselimut kebahagiaan.

8. Save Me (2017).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

Save Me merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang mengisahkan Im Sang-mi (Seo Ye-ji) saat memutuskan pindah dari Seoul ke sebuah desa terpencil bernama Muji-gun. Sang-mi dan keluarganya memilih pindah ke desa itu karena alasan ekonomi.

Selain itu, sang adik Im Sang-jin (Jang Yoo-sang) menderita gangguan mental karena bullying. Sejak di tempat baru tersebut, Sang-mi dan adiknya harus menghadapi sebuah sekte bernama Goseonwon dan mengalami berbagai kejadian misterius.

9. Criminal Minds (2017).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

Criminal Minds merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang diremake dari serial Amerika dengan judul sama dan tayang pada 26 Juli 2017. Drama ini mengisahkan sekelompok profiler yang sangat terlatih dalam tim Investigasi Kriminal Nasional (NCI) fiksi yang melacak penjahat untuk menyelesaikan kasus.

Cerita dimulai saat setahun setelah kesalahan penting yang menghasilkan bom, meledak di sebuah rumah sakit. Kejadian tersebut menewaskan beberapa petugas SWAT dan membuat kepercayaan pemimpin tim NCI Kang Ki-hyung terguncang. Ia kembali bekerja setelah istirahat panjang dan langsung terseret ke dalam kasus pembunuhan berantai yang mengharuskan tim NCI untuk bekerja sama dengan Unit Kejahatan Kekerasan dari kepolisian setempat. Mereka bertemu petugas polisi temperamental Kim Hyun-joon, yang tampaknya memiliki dendam pahit terhadap Ki-hyung.

10. God’s Gift: 14 Days (2014).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

God's Gift: 14 Days merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang mengisahkan Kim Soo-hyun, seorang ibu yang putrinya Han Saet-byul diculik dan dibunuh. Soo-hyun kemudian menemukan kemampuan ajaib untuk kembali ke masa lalu tepat dua minggu sebelum acara dan bertekad untuk mengungkap plot penculikan dan menyelamatkan putrinya sebelum dia mati lagi.

Soo-hyun dibantu oleh Ki Dong-chan, seorang mantan polisi yang menjadi penyelidik swasta. Ia juga ingin membuktikan bahwa saudara lelakinya yang cacat mental tidak bersalah karena tuduhan membunuh mantan pacar Dong-chan. Saat Soo-hyun dan Dong-chan berpacu melawan waktu dalam 14 hari yang ditentukan. Mereka mengungkap sebuah rahasia yang jauh lebih berbahaya daripada yang pernah dibayangkan.

11. White Christmas (2011).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

White Christmas merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang mengisahkan sekelompok pelajar SMA yang menerima surat anonim berisi kata-kata kasar dan ancaman. Park Mu-yeol, seorang siswa teladan pertama kali menerima surat tersebut. Selain itu, Jo Young-jae, adalah seorang pembully dan sering menyerang siswa lain untuk menutupi ketidakpercayaan dirinya.

Sementara itu, Yoo Soo adalah seorang siswa yang menjadi bulan-bulanan teman-temannya yang melampiaskan emosinya. Pada saat semua siswa sedang liburan, ancaman yang pernah dapat dari surat anonim tersebut menjadi kenyataan dan membuat salah satu siswa tewas secara misterius.