1. Dark Hole (2021).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

Dark Hole merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang diangkat dari serial Webtoon tentang sebuah wabah. Drama ini mengisahkan warga kota Muji yang berubah menjadi mutan setelah menghirup asap gelap misterius. Hwa-sun berusaha bertahan hidup dan menyelamatkan warga sambil mengejar pembunuh suami yang ada di lokasi yang sama.

Di tempat tersebut, Hwa-sun ternyata tidak sendiri. Yoo Tae-han yang dulunya juga seorang detektif memilih hidup dan tinggal di Muji. Hwa-sun dan Tae-han pun bekerja sama untuk menyelamatkan para warga agar tidak terinfeksi asap gelap lebih parah lagi.

2. The Penthouse: War In Life (2020-2021).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

The Penthouse merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang mengisahkan cerita kelam orang kaya yang selalu punya dendam masa lalu. Dendam tersebut tak bisa padam dan menuntut para karakter dalam drama ini selalu membalaskan semua kenangan pahit yang pernah mereka lalui.

Selain mengisahkan dendam orang kaya dan perselingkuhan, drama ini juga mengangkat isu perundungan di sekolah. Hal ini terlihat saat Bae Ro-na, seorang murid perempuan biasa yang berusaha masuk ke sekolah seni bergengsi. Namun, kehidupannya di sekolah sering kali diganggu oleh Yoo Je-ni, seorang murid dari keluarga kaya yang suka melakukan hal semena-mena.

3. Extracurricular (2020).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang diangkat dari kisah nyata kasus Nth Room dan sempat menghebohkan publik internasional, karena pelakunya adalah seorang pelajar di sebuah sekolah. Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang tersebut dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut.

Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis tersebut ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai.

4. The Good Detective (2020).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

The Good Detective merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang menceritakan kehidupan polisi dan kasus pembunuhan yang terjadi pada November 2015. Seorang mahasiswi dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai. Polisi kemudian menangkap seorang petugas ekspedisi bernama Lee Dae-chul (Jo Jae-yoon) dan menjatuhkannya dengan hukuman mati atas pembunuhan tersebut.

Namun, lima tahun berselang dari kasus tersebut, kasus serupa terjadi dengan pola yang sama. Oh Ji-hyuk (Jang Seung-jo), seorang polisi muda bersama Kang Do-chang (Son Hyun-joo) bekerja sama untuk mengungkapkan teka-teki pembunuhan berantai yang dilakukan oleh orang yang sama.

5. Sweet Home (2020).

drama Korea bertema psikologis gelap berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet Home merupakan drama Korea bertema psikologis gelap yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul sama karya Kim Carnby dan Hwang Young-chan. Sweet Home merupakan horor-thriller apokaliptik yang menampilkan pengalaman penonton menegangkan sekaligus menampilkan cerita yang unik.

Cerita dimulai saat Cha Hyun-soo memutuskan pindah ke sebuah apartemen. Ia kemudian menyadari bahwa di tempat tersebut dikelilingi monster yang mencoba memusnahkan manusia. Karena itu, ia bersama banyak orang terjebak di dalam apartemen dan berusaha menyelamatkan diri.