1. Snowdrop (2021-2022).

drama Korea konflik Selatan-Utara berbagai sumber

foto: imdb.com

Snowdrop merupakan drama Korea yang mengangkat konflik Selatan-Utara sekaligus mengambil latar peristiwa Gerakan Demokrasi 1987 yang menjadi salah satu sejarah demonstrasi massa terbesar di Korea Selatan.

Demonstrasi ini menuntut pemerintah otoriter saat itu Chun Doo-hwan, jenderal Angkatan Darat Republik Korea untuk segera turun dari kursi kepresidenan dan menggelar pemilihan umum yang adil. Drama ini hampir saja tidak bisa melanjutkan tayang karena dianggap mendistorsi sejarah.

2. Search (2020).

drama Korea konflik Selatan-Utara berbagai sumber

foto: imdb.com

Search merupakan drama Korea yang mengangkat konflik Selatan-Utara tentang kehidupan militer tentang Yong Dong-jinm, seorang sersan yang menjadi pawang anjing militer dengan keahlian khusus mampu melacak jejak musuh. Dong-jinm bertugas untuk mengungkap sebuah kasus misterius yang terjadi di zona demiliterisasi (DMZ) yang langsung berbatasan dengan Korea Utara.

Tanpa disangka di tempat tersebut, ia bertemu dengan Son Ye-rim, letnan senior dan perwira elit dari Korps Sekolah Universitas Wanita, dan saat ini menjadi perwira di Pusat Komando KCST. Selain itu, Ye-rim ternyata merupakan mantan pacar Dong-jinm yang sudah lama berpisah. Di tengah tugas profesional sebagai tentara, cinta mereka perlahan bersemi kembali dan membuat satu sama lain tumbuh perasaan saling jatuh cinta.

3. Crash Landing on You (2019–2020).

drama Korea konflik Selatan-Utara berbagai sumber

foto: imdb.com

Crash Landing On You merupakan drama Korea yang mengangkat konflik Selatan-Utara dan berkisah tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin) seorang pengusaha sukses dan pewaris dari Korea Selatan yang menabrak tanah di Korea Utara saat paralayang karena badai tornado. Ia kemudian terjebak di pohon yang terletak di Zona Demiliterisasi Korea dan ditemukan oleh petugas Korea Utara bernama Ri Jeong-hyeok (Hyun-bin).

Yang terjadi selanjutnya adalah romansa yang menghangatkan hati antara Jeong-hyeok yang berusaha menyembunyikan Se-ri dari tentara Korea Utara dan berusaha mengirimnya kembali ke Korea Selatan.