9. Road Number One (2010).

drama Korea konflik Selatan-Utara berbagai sumber

foto: imdb.com

Road Number One merupakan drama Korea yang mengangkat konflik Selatan-Utara tentang cerita pilu Lee Jang-woo, yang tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia di medan perang. Mengetahui kabarkan kekasihnya tersebut, Kim Soo-yeon pun memilih untuk segera move on agar tidak larut dengan kesedihan yang berkepanjangan. Ia kemudian bertemu dengan Shin Tae-ho dan segera melangsungkan pernikahan.

Namun, saat pernikahan dilangsungkan, Jang-woo kemudian muncul secara tiba-tiba dan mengatakan bahwa kabar tentang dirinya adalah sebuah kesalahan. Jang-woo sebenarnya berusaha segera kembali ke Korea Selatan untuk bertemu dengan kekasihnya. Namun, sehari kemudian, Jang-woo dan Tae-ho harus pergi ke Utara dan karena Perang Korea sedang berlangsung dan mereka harus terlibat sebagai sikap sebagai seorang tentara. Kehidupan cinta mereka kacau seiring kekacauan yang ditimbulkan oleh perang saudara tersebut.

10. Legend of the Patriots (2010).

drama Korea konflik Selatan-Utara berbagai sumber

foto: imdb.com

Legend of the Patriots atau juga disebut dengan judul Comrade merupakan drama Korea yang mengangkat konflik Selatan-Utara saat Perang Korea berlangsung pada 1950-1953. Drama ini mengisahkan Lee Hyun-joong, seorang komandan pasukan perang Korea Selatan dan veteran perang yang punya daya juang tinggi untuk tentara. Saat perang berlangsung, ia bertemu dengan Lee Soo-kyung dan kembali teringat kenangan masa lalu mereka sebagai sepasang kekasih.

Namun, saat pertemuan tersebut, Soo-kyung bukan wanita biasa, melainkan seorang letnan dari pasukan Korea Utara. Drama ini menggambarkan bagaimana cinta berkecamuk di antara perang yang dapat menghancurkan segalanya, termasuk cinta yang pernah ada di antara mereka berdua.

11. Iris (2009).

drama Korea konflik Selatan-Utara berbagai sumber

foto: imdb.com

Iris merupakan drama Korea yang mengangkat konflik Selatan-Utara tentang dua orang sahabat Kim Hyun-jun dan Jin Sa-woo yang dilatih oleh tentara Korea Selatan. Keduanya bekerja untuk NSS (National Security Service). Kemudian mereka jatuh cinta pada wanita yang sama, Choi Seung-hee.

Kehidupan mereka pun mulai berubah ketika Hyun-jun dijebak dengan ditugaskan ke Hongaria. Kisah cinta segitiga para tentara ini mewarnai intrik politik antara Korea Selatan dan Korea Utara.