Brilio.net - Drama komedi romantis Korea selalu berhasil menampilkan kisah yang penuh cinta sekaligus bisa bikin ketawa. Walaupun begitu, beberapa drama Korea yang masuk dalam subgenre tersebut menampilkan hal berbeda.

Drama-drama tersebut awalnya mengalir dengan baik, tetapi saat menjelang cerita berakhir, cerita cinta yang lucu tersebut menjadi sebuah kisah sedih yang dapat membuat siapa pun menontonnya tampak sendu.

Drama komedi romantis Korea tersebut berakhir dengan membuat cerita yang sungguh anomali, tetapi sekaligus berkesan. Berkesan entah karena alur cerita dari awal hingga akhir, atau berkesan karena berhasil menampilkan kisah yang berakhir haru.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (18/1), berikut 11 drama komedi romantis Korea, lucu tapi endingnya bikin sedih.

1. Flower Of Evil (2020).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika mencari adegan yang sangat emosional satu demi satu, maka drama Korea Flower of Evil adalah pilihan terbaik. Pernikahan yang tampaknya sempurna mulai berantakan saat kehidupan masa lalu Baek Hee-sung (Lee Joon-gi) sebagai suami terungkap. Di episode 10, Cha Ji-won (Moon Chae-won) melampiaskan emosinya. Dia mengungkapkan dia tidak tahan lagi. Ji-won benci saat melihat dirinya sendiri berusaha keras untuk menyenangkan suaminya.

Pada suatu waktu, Ji-won pun mengatakan apa yang sebenarnya ia rasakan bahwa ia tak lagi mencintai Hee-sung, suaminya. Ji-won benci bahwa berkata jujur kepada suaminya tersebut adalah satu-satunya cara untuk memberitahu suaminya. Di akhir drama, Flower of Evil berhasil menampilkan sebuah klimaks dari deretan cerita yang akhirnya pada perpisahan paling menyedihkan.

2. The Last Empress (2018).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

The Last Empress merupakan drama fantasi yang berlatar kerajaan monarki Korea pada 2018. Drama ini mengisahkan Oh Sunny adalah aktris musik yang cerdas dan lincah yang menikahi Kaisar Kekaisaran Korea. Ia terlibat dalam perebutan kekuasaan istana dan pembunuhan misterius yang memicu peristiwa mengancam monarki Korea, sambil mencari cinta sejati dan kebahagiaan.

Oh Sunny bekerja sama dengan Na Wang-sik yang bekerja sebagai pengawal keluarga kekaisaran untuk mengungkap kejahatan keluarga Kekaisaran. Na Wang-sik mulai bekerja di istana untuk membalas dendam pada orang yang bertanggung jawab atas kematian ibunya. Drama ini dipungkasi dengan kisah sedih dari rahasia besar kerajaan.

3. The Time (2018).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

The Time berkisah tentang Cheon Soo-Ho, seorang pria yang menjadi CEO sebuah restoran dan putra dari sebuah keluarga kaya raya. Namun, karena suatu hal, kehidupan Seol Ji-hyun hancur karenanya. Namun, di sisi lain, Soo-Ho tidak punya waktu lama lagi untuk masih hidup karena kesehatannya terus menurun.

Hal ini kemudian membuat Soo-Ho memberikan semua yang dimilikinya untuk Ji-hyun. Bahkan, ia memberikan waktu terpentingnya untuk Ji-hyun agar bisa kembali lagi dengan kepribadiannya yang cerah dan mudah bersosialisasi dengan orang lain. Drama ini hadir dengan kisah sedih yang dijamin bisa membuat siapa pun menangis karenanya.

4. The Korean Odyssey (2017).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

A Korean Odyssey berkisah saat Song Ogong (Lee Seung-gi) melarikan diri dari gunung marmer, tempat ia terjebak hukuman dari surga, Jin Seon-mi (Oh Yeon-so) mendapat takdir dari Sam-Jang (seseorang yang diinginkan oleh arwah). Satu-satunya hal yang membuat Seon-mi aman dan menghentikan Ogong yang mau memakannya adalah membuat kontrak dengan makhluk tersebut. Seon-mi kemudian membuat Ogong memakai gelang ajaib yang disebut Geumganggo yang kemudian membuatnya semakin jatuh cinta pada Seon-mi.

Walaupun awalnya hubungan mereka adalah hubungan yang berbahaya, akhirnya Seon-mi pun jatuh cinta kepada Ogong dan menjalin hubungan romantis. Namun, bahaya kemudian mengancam jika gelang yang dipakai Ogong lepas atau bahkan hilang.

5. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo mengisahkan saat Go Hae-jin terlempar ke masa lalu saat gerhana matahari total. Ia terbangun dalam tubuh seorang Hae Soo yang hidup saat Dinasti Goryeo masih berdiri pada 941 M. Hae Soo merupakan salah satu pangeran dari keluarga Wang yang berkuasa dan selama pemerintahan Raja Taejo.

Moon Lovers merupakan drama Korea yang menggabungkan perjalanan waktu dan reinkarnasi sehingga Hae Soo mengetahui takdir para pangeran dan ia mencoba mengubah jalannya sejarah. Drama ini ditutup dengan plot twist yang sama sekali tak terduga dan membuat para penonton ikut merasakan hal pilu yang dialami Hae Soo

6. Please Come Back, Mister (2016).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Please Come Back, Mister berkisah tentang Kim Young-soo, seorang pekerja keras yang tidak akur dengan istrinya. Young-soo kemudian meninggal dunia karena tidak sengaja terjatuh saat lembur. Takut dituduh mengeksploitasi pekerjanya, perusahaan tersebut menyatakan bahwa Young-soo meninggal karena bunuh diri.

Pada saat bersamaan, ada pula Han Gi-tak yang terbunuh dalam dalam sebuah kecelakaan dan dinyatakan sebagai kasus bunuh diri. Saat Young-soo dan Gi-tak ada di alam baka, mereka merasa bahwa kematiannya bukan bunuh diri dan harus menjelaskan hal tersebut kepada istri mereka masing-masing.

7. Uncontrollably Fond (2016).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Uncontrollably Fond berkisah tentang Shin Joon-young dan Noh Eul, teman sekelas yang sudah lama berpisah ketika remaja karena nasib buruk. Saat dewasa, mereka bertemu kembali. Joon-young menjadi aktor sekaligus penyanyi papan atas, sementara Noh Eul menjadi seorang produser film dokumenter.

Mereka kemudian terlibat dalam proyek pembuatan film dokumenter tentang Joon-young dan membuat Noh Eul kembali mengingat masa lalunya yang sangat menyedihkan. Masa lalu yang membuat hal-hal buruk kembali teringat setelah ia berusaha untuk melupakan untuk selamanya.

8. Cheese In the Trap (2016).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheese In The Trap memiliki banyak elemen alur cerita yang membuat drama Korea ini berkesan. Mulai dari "sindrom second-lead" hingga kisah cinta para pria yang membosankan.

Namun, ketika sampai pada cerita Hong Seol (Kim Go-eun) mengetahui bahwa Yoo Jung (Park Hae-jin) adalah penguntitnya, Hong Seol merasa dikhianati dan memutuskan ingin berpisah dengan Yoo Jung karena dinilai punya kepribadian ganda atau bermuka dua. Walaupun keputusan tersebut tidak diterima oleh Yoo Jung, tapi ia tak bisa berbuat apa-apa selain rela melepaskan Hong Seol yang sangat dicintainya.

9. W: The Two Worlds (2016).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Two Worlds Apart atau W merupakan drama Korea yang menceritakan kisah cinta antara dua dimensi yang diangkat dari webtoon fiksi eponymous berjudul W karya Oh Seong-moo (Kim Eui-sung) yang mulai berfungsi dengan sendirinya, seperti kenyataan yang berbeda. W menjadi sangat terkenal di Korea Selatan bahkan versi cetaknya menjadi terlaris di sana. Cerita dimulai dengan Kang Chul (Lee Jong-suk), yang menemukan seluruh keluarganya tewas dan ditetapkan sebagai tersangka utama pembunuhan. Saat ia mencoba untuk menemukan pembunuh yang sebenarnya, drama tersebut memperkenalkan Oh Yeon-joo, seorang ahli bedah dalam pelatihan dan putri seorang pencipta webtoon yang karakter utamanya adalah Kang Chul.

Banyak adegan-adegan menegangkan sampai suatu ketika, Yeon-joo mengetahui rencana ayahnya untuk membunuh Kang Chul di webtoon dan membuat kisah tersebut berakhir. Namun, hal tak terduga membuat akhir drama ini begitu memilukan yang akhirnya benar-benar memisahkan cinta dua dimensi yang dijalin para karakternya.

10. Guardian: The Lonely and Great God (2016).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin menjadi salah satu drama romantis yang penuh dengan kejutan. Goblin dimulai dengan eksekusi dari seorang jenderal militer. Sebagai hukuman bagi tentara yang dia bunuh, Kim Shin dikutuk dengan kehidupan abadi. Satu-satunya yang dapat mematahkan kutukan tersebut adalah seorang wanita muda yang muncul 900 tahun kemudian yang ditakdirkan untuk menjadi "pengantin" goblin.

Drama ini sejak awal episode sudah memberikan gambaran teka-teki yang kemudian terhubung secara mengejutkan. Selain itu, malaikat maut yang akan mencabut nyawa Kim Shin atau Goblin membuat semakin yakin dengan akhir drama ini dengan memilukan.

11. Remember: War of the Son (2015).

Drama Korea lucu sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Seo Jin-woo memiliki kondisi khusus yang disebut hyperthymesia yang memungkinkan dia untuk mengingat hampir setiap hari dengan detail yang sempurna. Ayahnya Seo Jae-hyuk, di sisi lain, telah mengembangkan penyakit Alzheimer , membuatnya kehilangan ingatannya. Ketika Seo Jae-hyuk secara salah dihukum karena pembunuhan, Jin-woo bersumpah untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.

Empat tahun kemudian, Jin-woo menjadi pengacara untuk menempatkan penjahat sejati di balik jeruji besi, tetapi penyuapan, korupsi, dan pengkhianatan tidak akan memberinya jalan yang mudah menuju keadilan. Bersama Nam Gyu-man, seorang antagonis yang menjadi lawan Jin-woo saat melangsungkan sidang.