Brilio.net - Drama Korea tak kehabisan cerita untuk disuguhkan pada penggemar. Bukan hanya kisah romantis, cerita tentang hukum pun menjadi salah satu tema drama Korea yang cukup digemari. Drama yang mengambil tema ini, biasanya akan masuk dalam genre thriller dan kriminal. Drama-drama ini menampilkan beragam kisah kriminal dan juga seperti drama thriller detektif yang membuat para penonton semakin menikmati tontonannya.

Beragam kisah ditawarkan dalam drama yang berkisah tentang proses hukum ini. Sebut saja seperti kisah seorang profesor hukum yang kemudian dinyatakan bersalah dalam sebuah kasus pembunuhan, yang kemudian didukung siswanya agar segera bebas. Selain itu, ada pula seorang mafia yang kemudian menjadi seorang hakim.

Kisah-kisah yang ditampilkan dalam drama hukum kali ini akan banyak menampilkan kisah-kisah thriller-kriminal dan sangat minim kisah romantis. Walaupun begitu, drama-drama ini tampil dengan bahasa hukum yang mudah dipahami banyak orang. Wah, bisa jadi wawasan baru buat Sobat Brilio yang gemar nonton drama Korea, nih. 

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (15/1), berikut 11 drama Korea terbaik tentang proses hukum, thriller hingga kriminal.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Vincenzo (2021).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Vincenzo mengisahkan tentang seorang pengacara mafia Italia yang datang ke Korea Selatan setelah pengkhianatan organisasinya. Selain itu, seorang pengacara veteran yang percaya diri menyingkirkan orang jahat dengan cara yang jahat. Vincenzo adalah seorang pengacara sekaligus mafia yang berasal dari Italia.

Ia diadopsi oleh sebuah keluarga Italia pada usia muda. Ia kembali ke tanah kelahirannya, Korea untuk mencari keadilan atas para penjahat yang tidak bisa dilawan oleh hukum. Drama hukum ini menampilkan instansi hukum beserta perangkatnya saat menegakkan hukum yang konon menjadi perangkat tertinggi untuk mencari keadilan. Drama ini berhasil meraih skor 8,5 di IMDb.

2. Law School (2021).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya. Drama ini berhasil meraih skor 8,5/10 di IMDb.

3. Diary Of A Prosecutor (2019).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Diary Of A Prosecutor berfokus pada kehidupan dan pekerjaan sekelompok jaksa di kota fiksi Jinyoung. Setiap karakter utama memiliki kisahnya sendiri untuk diceritakan, dari seorang jaksa dengan pengalaman bertahun-tahun hingga seorang ibu tunggal yang membesarkan anaknya sendiri.

Drama ini memiliki momen-momen yang menyentuh hati dan relatable, serta alur cerita romantis yang kecil. Drama ini tidak terlalu fokus pada momen romantis yang membuat pingsan , tetapi menambahkan tingkat realisme ke kehidupan sehari-hari beberapa karakter. Diary Of A Prosecutor berhasil meraih skor 8,2/10 di IMDb.

4. Innocent Defendant (2017).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Defendant merupakan drama Korea yang bisa membuat para penontonnya menanyakan ulang apa arti sebuah kebenaran. Dalam film ini, Park Jung-Woo (Ji Sung) tidak pernah kalah dalam kasus sebagai kepala divisi kejahatan kekerasan dan jaksa untuk Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

Namun, hidupnya kemudian berubah saat ia ada di sebuah penjara sebagai terpidana mati. Selain itu, ia mengalami amnesia dan lupa dengan semua hal yang menimpa dirinya. Walaupun begitu, Park Jung-Woo berusaha untuk mengungkap kebenaran diri dan membersihkan namanya. Drama ini berhasil meraih skor 8,1/10 di IMDb.

5. Suspicious Partner (2017).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Suspicious Partner merupakan drama Korea yang mengisahkan Noh Ji-Wook (Ji Chang-Wook) yang berganti pekerjaan menjadi seorang pengacara bergengsi di sebuah firma hukum dan bertemu Eun Bong-Hee (Nam Ji-Hyun), seorang jaksa pemula. Mereka mulai menyelidiki kasus pembunuhan dan mulai menyadari betapa terjeratnya masa lalu mereka.

Kasus ini juga terbukti sulit, karena si pembunuh menderita amnesia. Selain menampilkan proses hukum, drama ini juga menampilkan proses para detektif untuk membuktikan bahwa pembunuh yang amnesia sebagai pihak yang bersalah. Suspicious Partner berhasil meraih skor 7,9/10 di IMDb.

6. Hyena (2020).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Hyena merupakan drama Korea yang mengisahkan dua pengacara dari Song & Kim Law Firm, yang melayani 1 persen teratas kelas menengah yang menggunakan jasa hukum. Namun, walaupun bekerja di tempat yang sama, kedua pengacara ini bertolak belakang dan sering kali saling bermusuhan.

Jung Geum-Ja (Kim Hye-Soo) dikenal sebagai hyena yang kejam, yang terombang-ambing antara hukum dan pelanggaran hukum. Jung Geum-Ja mengejar uang dan kekuasaan, tidak peduli apakah tindakannya ilegal atau kriminal. Saingannya adalah Yoon Hee-Jae (Ju Ji-Hoon) yang dikenal keras kepada dan juga keras terhadap prinsip yang dipegangnya. Hyena berhasil meraih skor 7,8/10 di IMDb.

7. Hammurabi (2018).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Hammurabi merupakan drama Korea yang mengisahkan Park Cha O Reum (Go Ara), seorang jaksa pemula, dan pertempurannya dengan sistem hukum bersama dengan rekan-rekannya. Park Cha O Reum bersemangat dengan pekerjaannya dan percaya pada prinsip "mata ganti mata" dan tidak mengizinkan siapa pun menyalahgunakan sistem. Sepanjang jalan, penonton bisa melihat karakternya tumbuh dan bagaimana Park Cha O Reum menghadapi musuh-musuhnya. Drama ini berhasil meraih skor 7,6/10 di IMDb.

8. Lawless Lawyer (2018).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Jangan berharap para pengacara dalam drama Lawless Lawyers menjadi pengacara yang prima dan tepat untuk menegakkan hukum. Drama ini berpusat di sekitar dua karakter yang membentuk Firma Hukum Tanpa Hukum untuk menjatuhkan pejabat korup dan mereka yang menyalahgunakan kekuasaan mereka. Dalam drama ini, diceritakan Bong Sang-Pil (Lee Jong-Gi), mantan gangster yang dibesarkan oleh pamannya setelah pembunuhan ibunya.

Ia kemudian menjadi seorang pengacara dan tidak memiliki masalah menggunakan tinjunya, koneksi geng lamanya, dan celah dalam hukum untuk mencari keadilan. Di samping Sang-Pil, adav Ha Jae-Yi (Seo Yea-Ji) yang diberhentikan setelah menyerang seorang hakim. Namun, karena integritasnya terhadap hukum, penyerangan tersebut tak sampai mencoreng namanya. Drama Lawless Lawyer berhasil meraih skor 7,5/10 di IMDb.

9. Suits (2018).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Suits merupakan drama hukum populer di televisi Amerika yang memulai debutnya pada 2016. Drama ini berpusat di sekitar seorang pria tanpa gelar hukum yang dikira sebagai pengacara dan mulai bekerja di salah satu firma hukum terbesar di New York City.

Drama ini kemudian diremake menjadi drama Korea dengan inti cerita yang sama, tetapi ada sedikit perubahan yang dianggap lebih menarik. Dalam film ini, Go Yeon-Woo (Park Hyung-Sik) memiliki ingatan yang kuat yang terbukti cukup berguna ketika menangani kasus hukum dan membiarkan rahasianya tetap tersembunyi. Drama ini pun berhasil meraih skor 7,4 di IMDb.

10. Your Honor (2018).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Your Honor bukan drama hukum biasa, karena Han Kang-Ho (Yoon Si-Yoon) mengambil identitas saudara kembarnya setelah menghilang secara misterius. Dan ada yang menarik, karena saudara laki-laki Kang-Ho adalah seorang hakim yang dihormati. Kang-Ho adalah kebalikan dari saudaranya, meskipun, dengan catatan kriminal yang panjang dan beberapa penangkapan.

Setelah dilihat sebagai sampah dan tidak layak, Kang-Ho sekarang dihormati dan disegani ketika dia memerankan saudara kembarnya. Drama ini menampilkan bagaimana sebuah paradoks bekerja dalam sebuah instansi hukum. Drama ini berhasil meraih skor 7,6/10 di IMDb.

11. Witch's Court (2017).

Drama Korea terbaik kisahkan proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Witch's Court merupakan drama Korea yang mengisahkan Ma Yi-Deum (Jung Ryeo-Won), seorang jaksa penuntut yang sering bekerja untuk sebuah kasus legal dan ilegal. Ia bahkan bersedia untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuluskan semua rencananya mencari keadilan. Bahkan, jika hal tersebut harus dilakukan dengan memalsukan bukti hingga sumpah palsu.

Dalam drama ini, diceritakan bahwa Yi-Deum dipaksa untuk mengambil bagian dalam unit kejahatan seks anak-anak bersama seorang jaksa pemula yang pernah menjadi psikolog anak. Yi-Deum dan jaksa pemula tersebut tidak benar-benar akur, karena pandangan mereka yang berbeda tentang sistem hukum dan prosedurnya. Namun, Yi-Deum juga memiliki masa lalu yang menyakitkan yang tak pernah diungkapkan selama hidupnya. Witch's Court berhasil meraih skor 7,6/10 di IMDb.

 

(brl/tin)