Brilio.net - Drama Korea tak hanya hadir dengan kisah percintaan biasa. Drama Korea mampu beragam tema untuk dihadirkan dan memadukannya dengan kisah romantis para karakter. Salah satu tema yang cukup seru diikuti di drama Korea adalah tema kedokteran.

Drama Korea bertema kedokteran menjadi salah satu yang cukup populer saat Hospital Playlist menjadi salah satu tayang favorit di Netflix. Drama yang mengisahkan kehidupan sekelompok dokter di rumah sakit tersebut berhasil menghadirkan rumah sakit yang lebih ramah dan bahkan nyaman ditonton.

Pada tahun-tahun sebelumnya, tema-tema yang mengisahkan para dokter sudah cukup sering ditayangkan dan berhasil menarik para perhatian penontonnya. Tidak hanya penonton militan drama Korea yang mau menontonnya, melainkan juga para penonton lain yang tertarik dengan isu kedokteran. Hal ini bisa dilihat dari raihan skor drama tersebut di situs IMDb yang cukup tinggi.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber Selasa (7/12), berikut 11 drama Korea kedokteran terbaik versi IMDb, penuh kisah romantis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Hospital Playlist (2020-2021).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea Netflix yang sudah tayang selama dua musim dan berhasil membius para penontonnya dengan kisah-kisah menarik. Drama ini menghadirkan banyak kisah haru dan beragam komedi yang dilakukan para tokohnya. Hospital Playlist berfokus pada lima sahabat yang bertemu di sekolah kedokteran. Selain itu, drama ini juga mengisahkan berbagai tantangan hidup yang dilakukan para tokohnya, termasuk saat mereka semua membesarkan anaknya masing-masing, pernikahan yang gagal, keputusan mengubah karier, hingga masalah keluarga lainnya. Sebab cerita-cerita yang ditampilkan tersebut, Hospital Playlist berhasil meraih skor 8,8/10 di situs IMDb.

2. Dr. Romantic (2016).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Dr.Romantic menjadi salah satu drama Korea kedokteran yang disukai banyak penontonnya. Drama yang dirilis pada 2006 ini menerima ulasan positif dari para pemirsanya dan membuat drama ini dilanjutkan ke musim kedua. Boo Yong-Joo (Han Suk-Kyu) adalah salah satu ahli bedah terkenal Korea dengan sertifikasi triple-board. Setelah kematian juniornya, Young-Joo menyendiri. Young-Joo kemudian mengambil identitas baru sebagai Kim Sa-Bu dan kembali ke kedokteran di sebuah rumah sakit kecil dan menjadi Kepala Ahli Bedah. Young-Joo mengajarkan penghuninya untuk melawan kekuasaan dan kekayaan yang korup serta melakukan apa yang benar untuk pasien. Drama ini berhasil meraih skor yang cukup tinggi 8,3/10 di IMDb.

3. Doctor John (2019).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Doctor John merupakan drama kedokteran yang cukup berbeda. Drama Korea yang biasanya berlangsung selama 16 episode untuk satu musim, drama ini berlangsung selama 32 episode. Drama Doctor John berpusat di sekitar dua dokter dan tema moral yang berulang di balik euthanasia. Cha Yo-Han (Ji Sung) adalah ahli anestesi top yang kasar dan dingin. Ia sempat menjalani hukuman penjara karena menidurkan pasien sekarat yang tidak bisa lagi ia bantu. Yo-Han dan residen tahun kedua, Kang Si-Young (Lee Se-Young) dalam drama ini, bekerja sama untuk mendiagnosis pasien dan menemukan akar penyebab rasa sakit mereka. Doctor John berhasil meraih skor 8,2/10 di IMDb.

4. Good Doctor (2013).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Good Doctor mengisahkan Park Si-On (Joo Won) yang seorang sarjana autis dengan memori rinci dan keterampilan spasial. Ia kemudian segera masuk rumah sakit sebagai residen bedah anak, tetapi mengalami kesulitan untuk membuktikan nilainya kepada dokter lain karena autisme dan kemampuan emosionalnya. Si-On kemudian berhasil dalam waktu yang cukup singkat hanya enam bulan untuk membuktikan dirinya bisa menjadi seorang dokter dan menjadi rival Si-On yang kemudian membuatnya jatuh cinta. Drama ini berhasil meraih skor 8,1/10 di IMDb.

5. Heart Surgeons (2018).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Heart Surgeons hadir sebanyak memiliki 32 episode dan termasuk menjadi salah satu drama yang cukup lama selama satu musim. Drama ini berpusat di sekitar tiga ahli bedah toraks di rumah sakit Taesan. Park Tae-Soo (Go Soo) adalah seorang ahli bedah yang sangat menunggu transplantasi jantung untuk ibunya yang sakit. Di samping itu, Tae-Soo adalah Choi Suk-Han (Um Ki-Joon) yang terkenal karena keahliannya sebagai ahli bedah. Suk-Han tidak memiliki standar yang sama untuk gelarnya dari perguruan tinggi setempat. Terakhir adalah Yoon Soo-Yeon (Se Ji-Hye) yang selamat dari kecelakaan yang hampir fatal dan memutuskan untuk menjadi ahli bedah toraks. Dia juga merupakan putri direktur rumah sakit yang kemudian dianggap anak mas pihak rumah sakit. Drama ini berhasil meraih skor 7,9/10 di IMDb.

6. D-Day (2015).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

D-Day merupakan drama Korea kedokteran yang dimulai dan ditandai dengan bencana alam sebagai alur cerita. Ahli bedah Lee Hae-Sung (Kim Young-Kwang) dan residen ortopedi, Jung Ddol-Mi (Jung So-Min) dihadapkan dengan tantangan yang monumental. Kedua dokter itu terjebak di Seoul setelah sebuah lubang runtuhan muncul di kota itu setelah gempa bumi. Lubang pembuangan menyebabkan kota diblokir karena tidak ada listrik, air, atau kemampuan untuk meminta bantuan. Sebagai dokter, Hae-Sung dan Ddol-Mi bekerja sama untuk merawat pasien dan mereka yang terluka. Waktu terus berjalan saat persediaan medis dan obat-obatan mulai habis. Drama ini berhasil meraih skor 7,8/10 IMDb.

7. Doctor Prisoner (2019).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Doctor Prisoner merupakan drama Korea kedokteran yang akan membawa ke jalan gelap balas dendam seorang dokter yang dituduh bersalah. Na Yi-Je (Namkoong Min) adalah seorang ahli bedah yang sangat baik yang dituduh melakukan malpraktek dalam sebuah kecelakaan yang bukan salahnya. Karena itu, Yi-Je dikeluarkan dari rumah sakit dan reputasinya hancur. Yi-Je memutuskan untuk bekerja sebagai dokter di penjara dengan niat tertentu. Ia kemudian mengumpulkan koneksi yang cukup saat bekerja di penjara untuk membalas dendam kepada orang-orang yang bertanggung jawab atas nasibnya tersebut. Drama ini meraih skor 7,7/10 di IMDb.

8. Life (2018).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Life dibintangi oleh Lee Dong-Wook sebagai Ye Jin-Woo. Jin-Woo adalah spesialis pengobatan darurat yang berdedikasi di salah satu pusat medis top Korea. Ketika direktur rumah sakit tiba-tiba meninggal karena jatuh dari atap gedung, Jin-Woo curiga itu bukan kecelakaan. Jin-Woo kemudian mulai berselisih dengan presiden baru rumah sakit, Koo Seung-Hyo (Cho Seung-Woo) yang percaya menjalankan bisnis sama dengan menjalankan rumah sakit. Tak puas dengan Seung-Hyo menjalankan rumah sakit, Jin-Woo bersama staf rumah sakit mengungkapkan konspirasi besar atas peristiwa besar yang terjadi di rumah sakit tersebut. Drama ini berhasil meraih skor 7,6/10 di IMDb.

9. Yong-Pal (2015).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Yong-Pal awalnya berlangsung selama 16 episode selama satu musim. Namun, saat episode terakhir tayang, banyak permintaan untuk melanjutkan cerita drama kedokteran ini. Drama ini kemudian ditambah dua episode lagi dan berlangsung sampai episode 18 untuk satu musim. Drama kedokteran ini mengisahkan Kim Tae-hyun (Joo Won) yang melanggar moralnya dan bergabung dengan sekelompok dokter korup yang memberikan layanan medis kepada penjahat dan pejabat korup. Hal tersebut lakukan Tae-hyun untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk membayar tagihan medis adiknya. Cerita semakin seru saat Tae-hyun membangunkan seorang pewaris chaebol dalam keadaan koma yang ditandai sebagai, "Sleeping Beauty," dan mendorongnya masuk ke dalam dunia yang penuh masalah. Drama ini berhasil meraih skor 7,5/10 di IMDb.

10. Doctor Stranger (2014).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Doctor Stranger memiliki alur cerita unik tentang cinta yang mungkin tidak diharapkan. Sebagai seorang anak, Park Hoon (Lee Jong-Suk) dan ayahnya ditipu untuk pergi ke Korea Utara dan ditolak aksesnya untuk pergi. Dipaksa untuk tinggal, Park Hoon menjadi ahli bedah kardiotoraks terkenal. Ketika ayahnya meninggal, dia melihatnya sebagai kesempatan untuk melarikan diri ke Selatan dengan kekasihnya. Namun, saat mereka melarikan diri, Park Hoon kehilangan kontak dengan kekasihnya. Ia kemudian melanjutkan hidupnya di Selatan di sebuah rumah sakit top dan bertemu dengan Dokter Han Seung-Hee (Jin Se-Yeon) yang sangat persis dengan kekasih masa lalunya. Drama ini berhasil meraih skor 7,4/10 di IMDb.

11. Hospital Ship (2014).

Drama Korea kedokteran terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Ship mengisahkan tentang sejumlah dokter dari berbagai bidang yang bertugas di sebuah kapal rumah sakit untuk membantu para penduduk di pulau terpencil. Song Eun-jae (Ha Ji-won) adalah dokter bedah dari rumah sakit besar di Seoul. Ia mempunyai kemampuan luar biasa dan dinobatkan sebagai dokter bedah termuda. Drama ini berhasil mendapatkan skor yang lumayan sebesar 6,4/10 di IMDb.

(brl/far)

(brl/far)