Brilio.net - Kecantikan sering kali menjadi momok bagi perempuan dan sering kali membuat hidup mereka dipenuhi dengan standar-standar tak masuk akal. Hal ini kemudian melahirkan perbandingan yang sering berbuah tidak adil. Dengan kecantikan, seolah persoalan hidup bisa selesai begitu saja.

Drama-drama Korea berikut ini mengisahkan kehidupan para perempuan yang diselimuti dengan mitos kecantikan. Kecantikan yang awalnya bisa menolongnya, pada kemudian hari malah menjadi bumerang yang bahkan lebih mempersulit dirinya.

Di tengah kultur masyarakat yang menerapkan mitos standar kecantikan, hal ini menjadi perhatian semua orang, terutama perempuan. Kualitas hidup seorang perempuan tidak ditentukan oleh penampilan fisik, melainkan dari kualitas dalam diri yang terus-menerus dilatih, diperbaiki, dan ditingkatkan untuk menjadi perempuan yang berdaya atas dirinya sendiri.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Minggu (16/1), berikut 11 drama romantis Korea terbaik kisahkan mitos standar kecantikan.

1. True Beauty (2020-2021).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

2. Live On (2020).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Live On mengisahkan Baek Ho-rang (Jung Da-bin), seorang siswa sekolah menengah, sedang populer di media sosial karena cantik dan berkelas. Namun, di sisi lain, sikap angkuh dan dingin secara pribadi membuatnya mendapatkan banyak pembenci. Suatu hari, dia mendengar pesan aneh dari pengirim anonim yang sedang dibacakan di radio sekolah. Pesan itu mengingatkannya pada episode traumatis pada masa lalunya yang dia rahasiakan dari semua orang.

Pesan dari akun anonim tersebut juga mengancam akan memerasnya dan mengungkapkan rahasia masa lalunya kepada publik. Karena itu, Ho-rang memutuskan pada menit terakhir untuk bergabung dengan klub penyiaran, yang dipimpin oleh Go Eun-taek (Hwang Min-hyun) yang perfeksionis dan disiplin waktu untuk melacak orang yang mencoba memfitnah dan mencemarkan nama baiknya.

3. Perfume (2019).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Perfume mengisahkan perubahan hidup yang serba tiba-tiba pada diri Min Jae-hee. Ia seorang wanita paruh baya sekaligus ibu rumah tangga yang mengabdikan hidupnya untuk keluarga. Namun, keluarga yang dibangunnya dengan senang hati tersebut kemudian hancur dan ia sangat marah kepada dunia.

Sampai suatu ketika, ia menemukan parfum. Melalui parfum misterius tersebut, penampilan Min Jae-hee tiba-tiba berubah menjadi seorang wanita muda yang cantik. Dia menjadi model dengan penampilan mudanya yang baru. Min Jae-hee bertemu Seo Yi-do, seorang perancang busana yang sukses, tetapi orang yang kejam. Kelak, Jae-hee menyadari bahwa kecantikan yang dimilikinya tak selalu sebagai sebuah keberuntungan.

4. My ID is Gangnam Beauty (2018).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

My ID is Gangnam Beauty mengisahkan kehidupan Kang Mi-rae yang memutuskan operasi plastik setelah bertahun-tahun diganggu karena penampilan yang tidak sesuai lingkungan sekitarnya. Awalnya, usaha tersebut tampak berhasil dan membuatnya punya kesempatan yang lebih terbuka.

Namun, tekanan untuk menjadi lebih cantik datang dan membuatnya selalu mendapatkan ejekan monster operasi plastik. Ia kemudian mulai memulihkan dirinya dan tidak mau menghiraukan penilaian orang lain lagi.

5. Shopaholic Louis(2016).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Shopaholic Louis atau Shopping King Louie merupakan drama komedi romantis yang mengisahkan Louis, seorang pewaris kaya yang selalu menghabiskan uang untuk membeli segala sesuatu yang memiliki keindahan halus yang seolah berbicara kepada jiwanya. Suatu hari dia kehilangan ingatannya dan bertemu Bok-shil, seorang wanita desa yang energik.

Awalnya Bok-shil terkejut dengan kebiasaan belanja Louis. Bok-shil kemudian mengajari Louis untuk hanya membeli kebutuhan pokok atau barang-barang kecil murah. Selain itu, ia mengajari bahwa kebutuhan pokok setiap orang tidak sama dan punya nilai yang berbeda, termasuk soal kecantikan fisik.

6. The Miracle (2016).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Miracle berkisah tentang Kwon Shi-ah, perempuan yang cantik dalam segala hal dan anggota dari girl grup populer yang dikenal sebagai Miracle Girls. Sejak di prasekolah, ia telah bekerja sebagai model dan kemudian menjadi aktris remaja sebelum menjadi idola.

Sementara itu, saudara kembarnya, Shi-yeon, hampir dua kali lipat ukuran tubuh Shi-ah dan selalu diejek, dicemooh, dan diintimidasi di sekolah karena tubuhnya yang besar. Karena itu, Shi-yeon menjadi seorang pendiam yang lebih suka tinggal di rumah dan memproduksi siaran Internet di kamarnya. Satu-satunya waktu Shi-yeon keluar adalah mengunjungi pembaca kartu tarot misterius yang memberinya kartu tarot ajaib setiap hari. Namun, kehidupan saudara kembar itu terbalik ketika suatu hari mereka bangun dan menyadari bahwa jiwa mereka telah bertukar tubuh.

7. Oh My Venus (2015).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Oh My Venus mengisahkan Kang Joo-eun yang diperankan oleh Shin Min-a yang sedang patah hati. Ia baru saja putus dengan pacarnya Im Woo-shik (Jung Gyu-woon) setelah bertahun-tahun menjalani hubungan mereka. Saat mereka putus, Joo-eun baru saja tahu bahwa Woo-shik berselingkuh dengan Oh Soo-jin (Yoo In-young) yang pernah iri kepada Joo-eun saat mereka SMA.

Joo-eun kini banyak mengalami perubahan dan tidak secantik dahulu dan hal inilah yang membuat Woo-shik tak lagi tertarik dengannya. Drama yang menghadirkan kisah romantis berbalut komedi ini memberi gambaran bagaimana perubahan fisik yang terjadi pada perempuan dan dinamika mereka menjalin sebuah hubungan.

8. She Was Pretty (2015).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

She Was Pretty merupakan sebuah komedi romantis berdasarkan kisah nyata tentang dua kenalan masa lalu yang bertemu lagi setelah mereka mengalami pembalikan nasib dan penampilan. Berlatar belakang kantor penerbitan majalah mode, Kim Hye-jin, gadis cantik dari keluarga kaya, alias "Cha's", mengalami kesulitan hidup setelah bisnis keluarganya bangkrut. Kecantikan yang ia dapatkan dari hasil perawatan mahal pun hilang.

Sementara itu, Ji Sung-joon, seorang laki-laki yang sama sekali tak menarik dan rendah diri hadir secara kebetulan dengan Hye-jin. Sung-joon dikenal sebagai editor handal dan juga sukses. Hubungan yang sama sekali tak ideal ini membuat komunikasi kedua sering kali tersendat dan membuat satu sama lain tak mengerti. Drama ini penuh dengan hal-hal konyol yang dibumbui kisah romantis dua karakter utamanya.

9. Ho-Gu's Love (2015).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Ho-Gu's Love berkisah tentang Kang Ho-gu yang selalu terjebak dalam area friendzone dan hanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang mendekatinya. Hal ini membuatnya selalu diejek oleh teman-temannya.

Ho-gu kemudian naksir kepada Do Do-hee yang cantik dan menjadi primadona di sekolah. Sampai suatu ketika, dalam sebuah reuni sekolah, Ho-gu bertemu dengan Do-hee yang ternyata tanpa seorang pun tahu bahwa dirinya sedang hamil. Hal itu kemudian diketahui oleh Ho-gu dan ia tetap mencintai Do-hee dengan tulus seperti saat ia pertama kali mencintai gadis impiannya tersebut.

10. Birth Of Beauty (2014).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Birth of the Beauty berkisah tentang kehidupan malang yang menimpa Sa Geum-ran. Suaminya bekerja di luar negeri dan berselingkuh dengan seseorang yang lebih cantik dari dirinya. Sementara itu, ibu mertua dan iparnya memperlakukannya dengan buruk dan tak menghargai dirinya sebagai menantu.

Sampai suatu ketika, ia putus asa dan mengalami kecelakaan. Banyak orang, termasuk keluarga suaminya mengira bahwa dirinya sudah meninggal dunia. Namun ternyata, Geum-ran masih hidup dan menjalani kehidupan baru serta menyusun rencana untuk balas dendam. Ia kemudian operasi plastik dan menurunkan berat badannya ke bentuk ideal. Ia pun tampil dengan nama baru sebagai Sara dan mencoba untuk mendekati suaminya kembali. Saat mereka kembali dekat tanpa sepengetahuan siapa sebenarnya Sara, Geum-ran menemukan fakta baru keterlibatan suaminya dalam kecelakaan yang menimpanya.

11. My Lovely Sam Soo (2005).

Drama Korea mitos kecantikan berbagai sumber

foto: imdb.com

My Lovely Sam Soo berkisah tentang Kim Sam-soon, koki pastry terampil berusia 30-an yang selalu diolok-olok karena usia dan berat badannya. Selain itu, ia punya etos kerja yang baik dan sering patah hati. Namun, patah hati sering membuatnya khawatir. Bukan karena ditinggal orang terkasih atau sejenisnya, melainkan saat kondisi tersebut, berat badannya semakin bertambah 7kg dan ia semakin gemuk.

Walaupun begitu, ia tidak mudah putus ada untuk selalu membuat hal terbaik dalam hidupnya. Sampai suatu ketika, ia bertemu dengan Hyun Jin-hun, seorang pengusaha tampan yang punya trauma masa lalu. Mereka kemudian menemukan kecocokan satu sama lain, bukan karena fisik, melainkan kecocokan menjadi teman hidup dan menjadi diri sendiri.