Brilio.net - Drama Korea komedi sebenarnya tidak hanya menampilkan kisah lucu yang dilakukan para karakter. Sering kali, dalam setiap hal-hal lucu tersebut, menyimpan beragam pertanyaan hingga komedi gelap yang lebih akrab disebut dark joke.

Drama-drama tersebut terdiri dari berbagai subgenre, mulai dari genre aksi hingga romantis yang berhasil menyisipkan berbagai dark joke yang seru. Drama-drama tersebut tidak hanya membuat penontonnya tertawa, melainkan juga bisa sekaligus membuat berpikir.

Dark joke atau komedi gelap merupakan puncak purna dari humor yang tercipta dari sebuah pikiran cerdas dan brilian. Karena itu, drama-drama berikut tak boleh dilewatkan begitu saja.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (15/1), berikut 11 drama Korea komedi bertema dark joke, lucu sekaligus bikin mikir.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Vincenzo (2021).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Vincenzo merupakan drama yang berkisah tentang Park Joo-hyung (Song Joong-ki) yang diadopsi oleh keluarga Italia saat usianya delapan tahun. Di negara tersebut, saat beranjak dewasa, ia melanglang buana dan bergabung dengan geng mafia sekaligus diadopsi oleh Don Fabio, kepala Keluarga Cassano.

Joo-hyung kemudian berganti nama menjadi Vincenzo Cassano dan membangun reputasinya menjadi pengacara para mafia kelas kakap sekaligus tangan kanan Don Fabio. Setelah Fabio meninggal, Paolo, putra kandung Fabio dan pemimpin baru Keluarga Cassano berusaha membunuh Vincenzo. Ia kemudian melarikan diri ke Seoul, Korea Selatan dan membangun reputasinya di negara asalnya tersebut.

2. Chip In (2020).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Chip In berkisah tentang Yoo In-ho, seorang pelukis terkenal dan kaya yang didiagnosis sakit parah. Pada usianya yang ke-58 tahun, ia berencana untuk membagikan wasiat dan kesaksian terakhirnya. In-ho menginginkan agar kekayaannya yang luar biasa tersebut akan digunakan untuk kepentingan sosial di luar dari anggota keluarganya. Hal itu kemudian membuat sentimen sengit di antara mereka dan ternyata banyak orang yang ingin merebut kekayaan tersebut.

3. The Light In Your Eyes (2019).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

The Light In Your Eyes berkisah saat Kim Hye-ja (Han Ji-min) dapat melakukan perjalanan waktu dengan jam tangan ajaib yang ditemukannya di pantai. Namun, setiap kali dia menggunakannya, dia menua dengan cepat. Ketika Hye-Ja menggunakan arloji untuk menyelamatkan ayahnya dari kematian saat kecelakaan, dia bangun keesokan harinya sebagai seorang wanita berusia 70-an.

Sebelum perubahan yang luar biasa ini terjadi, Hye-ja bertemu dengan Lee Joon-ha (Nam Joo-hyuk), yang juga seorang calon jurnalis seperti Hye-Ja, dan jatuh cinta padanya. Bagaimana nasib hubungan Joon-ha dan Hye-Ja yang terlihat cukup tua? Drama ini menampilkan kisah cinta yang diuji melampaui ketertarikan fisik.

4. Be Melodramatic (2019).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Be Melodramatic mengisahkan tiga sekawan di usia 30-an awal yang sedang berusaha mewujudkan cinta, karier, serta impian mereka. Lim Jin-joo (Chun Woo-hee) berprofesi sebagai penulis naskah drama, Lee Eun-jung (Jeon Yeo-been) seorang sutradara dan Hwang Han-joo (Han Ji-eun) seorang ibu tunggal yang bekerja di rumah produksi.

Kisah ketiganya diceritakan secara bergiliran, lengkap dengan konflik hidup dan kisah cinta masing-masing. Setiap karakter yang diceritakan punya masalah pelik masing-masing dan mereka mencoba menjalani hidup. Trauma masa lalu, beragam kegagalan, hingga pemaafan pada diri sendiri.

5. Pegasus Market (2019).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Pegasus Market berkisah tentang Moon Seok-goo yang bekerja sebagai manajer di Pegasus Market dalam kondisi yang memprihatinkan. Kemudian datang Jeong Bok-dong yang ditunjuk sebagai CEO baru yang dipecat dari Daema Group. Kedatangan Bok-dong tersebut membuat Seok-goo berharap Pegasus Market bisa lebih baik di kemudian hari tanpa tahu apa rencana sebenarnya Bok-dong di perusahaan tersebut.

Drama Pegasus Market mengisahkan bagaimana sebuah iklim perusahaan mengelola konflik antara bos dan pegawai. Selain itu, drama ini mengisahkan bagaimana manajemen keuangan sebuah perusahaan menjadi hal penting untuk membuat Pegasus kemudian memiliki banyak pelanggan.

6. Psychopath Diary (2019).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Psychopath Diary merupakan drama Komedi thriller yang mengisahkan Yook Dong-sik, seorang analis yang bekerja di Daehan Securities yang sangat pemalu dan bahkan tidak bisa marah kepada orang yang memandang rendah dirinya. Suatu hari, setelah upaya bunuh dirinya gagal, ia malah menyaksikan sebuah pembunuhan.

Dong-sik tidak sengaja mengambil buku harian sang pembunuh dan membawanya lari. Namun sial, saat kabur, ia malah tertabrak mobil patroli polisi yang menyebabkan dirinya mengalami amnesia retrograde dan lupa siapa dirinya. Sejak saat itu, ia malah menganggap dirinya sebagai psikopat gara-gara buku harian yang dibawanya. Shim Bo-kyung dari pihak kepolisian kemudian menyelidiki lebih lanjut kasus tersebut.

7. The Fiery Priest (2019).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

The Fiery Priest mengisahkan Kim Hae-il, seorang imam Katolik yang dikenal pendengki dan sering melontarkan kata-kata kasar kepada orang lain. Ia kemudian bertemu dengan Koo Dae-young, seorang detektif terkenal yang banyak bicara, tapi seorang pemalu. Selain itu, ia juga bertemu dengan Park Kyung-sun, seorang jaksa yang pintar dan cantik serta serba ambisius untuk mendedikasikan diri untuk pekerjaannya.

Mereka kemudian bekerja sama untuk memecahkan kasus pembunuhan yang melibatkan seorang pendeta Katolik senior. Drama ini menyuguhkan cerita dengan beragam pesan moral, penuh parodi, komedi konyol, hingga momen persahabatan yang menyentuh hati.

8. Sky Castle (2018).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Sky Castle bermula saat terjadi insiden bunuh diri Lee Myung-joo (Kim Jung-nan), seorang ibu yang dianggap sukses karena berhasil membawa anaknya Park Young-jae diterima di SNU. Namun, capaian tersebut dianggap Young-jae sebagai ambisi dari ayah dan ibunya. Hal ini kemudian membuat ibunya stres dan akhirnya bunuh diri.

9. Lawless Lawyer (2018).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Jangan berharap para pengacara dalam drama Lawless Lawyers menjadi pengacara yang prima dan tepat untuk menegakkan hukum. Drama ini berpusat di sekitar dua karakter yang membentuk Firma Hukum Tanpa Hukum untuk menjatuhkan pejabat korup dan mereka yang menyalahgunakan kekuasaan mereka. Dalam drama ini, diceritakan Bong Sang-Pil (Lee Jong-Gi), mantan gangster yang dibesarkan oleh pamannya setelah pembunuhan ibunya.

Ia kemudian menjadi seorang pengacara dan tidak memiliki masalah menggunakan tinjunya, koneksi geng lamanya, dan celah dalam hukum untuk mencari keadilan. Di samping Sang-Pil, adav Ha Jae-Yi (Seo Yea-Ji) yang diberhentikan setelah menyerang seorang hakim. Namun, karena integritasnya terhadap hukum, penyerangan tersebut tak sampai mencoreng namanya.

10. Prison Playbook (2017).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Prison Playbook mengisahkan saat Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) seorang pelempar superstar di Korea, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena menyerang seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya. Cerita berlanjut saat ia mencoba untuk menetap di kehidupan penjara dan terhubung kembali dengan teman masa kecilnya Lee Joon-ho (Jung Kyung-ho) yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan.

Drama ini menampilkan adegan dialog yang cukup intens dengan dua karakter tersebut dan menghadirkan komedi gelap tentang penjara yang penuh dengan perilaku korupsi para penjaganya.

11. Good Manager (2017).

Drama Korea dark joke berbagai sumber

foto: imdb.com

Good Manager berkisah tentang Kim Sung-ryong yang bekerja sebagai Akuntan Publik Bersertifikat yang biasa mengelola keuangan sebuah kelompok. Ia kemudian bekerja sebagai kepala departemen akuntansi perusahaan TQ. Namun, ternyata, perusahaan barunya tersebut punya segudang masalah, terutama soal penggelapan uang yang menyebabkan gaji karyawan sebagai hak dasar terbengkalai. Ia kemudian membuat transformasi baru untuk perusahaan tersebut dan melawan semua bentuk korupsi dan hal-hal yang tidak rasional di perusahaan.

(brl/tin)